Tergiur Harga Murah. Lihat dulu 5 Cara Cek Mobil Bekas Terkena Banjir | GAET.co.id

Tergiur Harga Murah. Lihat dulu 5 Cara Cek Mobil Bekas Terkena Banjir

Banjir  melanda beberapa daerah, biasanya berimbas pada banyak kendaraan seperti motor dan mobil  dijual. Oleh karenanya, calon pembeli mobil sebaiknya berhati-hati ketika akan membeli mobil bekas apalagi mobil kena banjir . Jangan asal murah, tapi pastikan mengetahui sejarah dari pengguna sebelumnya agar mendapatkan kualitas  tetap baik dan layak dikendara

5 cara cek mobil bekas banjir, seperti di bawah ini:

1. Cek Lokasi di STNK

Cara cek mobil bekas banjir  pertama adalah dengan melihat lokasi di STNK. Meskipun mobil bekas dijual melalui showroom, namun pembeli bisa waspada dengan melihat lokasi awal mobil.

Pada lokasi  tertera, pembeli bisa menggali informasi, apakah daerah tersebut pernah terendam banjir, atau bahkan menjadi langganan banjir setiap musim penghujan.

2. Perhatikan di Setiap Bagian Bawah

Rendaman air biasanya menimbulkan bekas  khas berbentuk guratan berwarna coklat dan bau lembab. Sebelum memutuskan membeli mobil bekas, ada baiknya pembeli lebih teliti dengan memperhatikan setiap bagian bawah mobil.

cek bagian kolong mobil lihat karat dengan teliti
cek bagian kolong mobil lihat karat dengan teliti

Mulai dari bawah jok mobil, bawah karpet mobil atau bagian lantai mobil, hingga kolong mobil.

Bagian-bagian tersebut adalah tempat  sulit dijangkau untuk dibersihkan. Selain itu, pada beberapa kasus, penjual terburu-buru ingin melepas mobilnya sebelum benar-benar mogok, sehingga belum sempat dibersihkan dengan sempurna.

Hal itu tentunya akan memberi arahan apakah mobil tersebut bekas terendam banjir atau tidak.

3. Lihat Karet Pintu

Selain melakukan pengecekan di bagian bawah mobil, bagian pintu mobil juga tak kalah penting untuk diteliti kebersihannya. Karet-karet peredam pintu adalah bagian  sangat sulit untuk dijangkau kuas pembersih.

cek pada karet pintu mobil yang bekas terkena banjir
cek pada karet pintu mobil yang bekas terkena banjir

Alhasil, jika mobil pernah terendam banjir, maka bekas-bekas noda lumpur atau sisa pasir biasanya masih sedikit tersisa di bagian tersebut.

4. Cek Mesin dan Bagasi

Bagian selanjutnya  harus diperhatikan dengan teliti adalah mesin dan bagasi. Bagian ruang  cukup luas, tak jarang luput dari perhatian pembersihan mobil setelah banjir.

Sehingga, jika diperhatikan dengan seksama, mobil bekas terendam banjir biasanya memunculkan garis batas  membedakan warna bersih dan kusam.

Dibutuhkan krim pembersih khusus untuk bisa menghilangkan noda tersebut, sehingga terkadang selalu diacuhkan oleh pemiliknya. Di samping itu, bagian dalam bagasi dan mesin cukup merepotkan jika harus dibersihkan dengan sempurna. Alhasil, guratan bekas rendaman air pasti masih akan terlihat di sana.

5. Bandingkan Harga Pasaran

Cara cek mobil bekas banjir  tak kalah penting adalah membandingkan harga pasaran. Harga murah memang selalu menjadi incaran para pemburu mobil bekas. Namun, jika harga  ditawarkan berada di bawah harga pasaran, sebaiknya calon pembeli menaruh curiga pada latar belakang mobil tersebut.

ilustrasi perbandingan harga mobil
ilustrasi perbandingan harga mobil

Bisa saja mobil tersebut dijual karena pernah terendam banjir, sehingga harga  ditawarkan pun terbilang rendah.

Membeli mobil memang sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi sekadar gaya hidup. Itulah sebabnya mobil bekas terkadang menjadi incaran untuk memenuhi kebutuhan transportasi ini, alih-alih mengeluarkan biaya  lebih besar untuk membeli mobil baru.

Meski begitu, harga mobil bekas pun memiliki pasaran  bisa diperbandingkan di setiap kota atau wilayah tertentu.

Cara cek mobil bekas banjir sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Calon pembeli hanya dituntut untuk lebih teliti ketika mendapati mobil bekas  dijual, terutama pasca musim penghujan. Para penjual biasanya juga tak habis akal dengan menjual mobil tersebut melalui showroom, lelang mobil, atau bahkan dijual di luar daerah.

Meski demikian, Sobat GAET Otomotif Mesti  bijak dan teliti pasti akan sangat berhati-hati dalam menentukan pilihannya. Jangan sampai uangnya sia-sia dengan mendapat barang tidak berkualitas, karena kurang teliti dengan cara cek mobil bekas banjir. Alih-alih mendapatkan mobil murah, kedepan justru akan direpotkan dengan biaya perawatan  lebih menguras kantong.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.