Mudah ! Cara Mengganti Filter Oli Mobil Bisa Anda Lakukan Sendiri

Mengganti filter oli merupakan salah satu prosedur   perlu dilakukan secara rutin agar kendaraan senantiasa lebih terawat dan tahan lama.Cara ganti filter oli mobil pada dasarnya sama. Perbedaannya terletak pada posisi filter oli serta penggunaan alatnya karena filter oli ada  berukuran besar dan kecil.

Dikarenakan filter oli merupakan komponen penting untuk menyaring kotoran pada oli mesin, maka filter oli harus diganti secara rutin. Biasanya filter oli diganti setiap 10.000 km.

Inilah beberapa prosedur dilakukan untuk mengganti filter oli sendiri tanpa perlu ke bengkel :

1. Siapkan Alat   diperlukan

Cara ganti filter oli mobil   pertama adalah dengan melakukan persiapan. Mengganti filter oli sendiri dapat dilakukan jika ingin menghemat biaya dari penggantian filter oli mobil di bengkel.

Sebelum mengganti filter oli, sebaiknya siapkan alat-alat dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa alat   diperlukan antara lain filter oli baru, wadah untuk menampung oli bekas, kain perca, dongkrak mobil, dan kunci khusus filter oli.

Jangan lupa sobat gaet siapkan juga jackstand dan mechanic creeper atau kardus bekas untuk alas masuk ke kolong mobil.

2. Dongkrak Bagian Depan Mobil

Angkat bagian depan mobil menggunakan dongkrak dan pastikan posisinya dekat dengan letak filter oli. Cara mendongkrak mobil   benar adalah dengan meletakkan dongkrak hingga menyentuh titik tumpu. kemudian pompa tuasnya hingga mobil terangkat.

Tujuannya supaya proses mengganti filter oli menjadi lebih mudah. Gunakan mechanic creeper atau kardus bekas untuk alas pada saat ngolong di mobil. 

3. Bersihkan Kotoran  Menempel

Beberapa orang biasanya luput akan kebersihan filter oli dan hanya sekedar menggantinya saja. Alangkah baiknya bersihkan dulu kotoran-kotoran menempel di sekitar filter oli  lama sebelum membukanya.

Tujuannya untuk mencegah kotoran masuk ke saluran oli mesin dan menyebabkan kebocoran pada filter oli   baru. Membersihkan kotoran di sekeliling filter oli hendaknya dilakukan minimal sebulan sekali.

4. Buka Filter Oli  Lama

Langkah berikutnya yakni membuka filter oli lama menggunakan kunci khusus. Filter oli ini umumnya terletak di bagian depan, samping, atau belakang blok mesin mobil, tergantung jenis dan merk mobilnya.

bukalah filter oil mobil anda terlebih dahulu
bukalah filter oil mobil anda terlebih dahulu

Caranya memutar filter oli berlawanan arah jarum jam atau ke kiri. Jangan lupa untuk menampung oli   menetes atau mengalir dengan wadah  sudah disiapkan sebelumnya. Sesudah itu, bersihkan kembali sampai benar-benar bersih.

5. Siapkan Filter Oli  Baru

Harga filter oli baru cukup terjangkau yakni berkisar 20 ribu hingga 50 ribu rupiah. Sebelum filter oli baru dipasang, sebaiknya lakukan persamaan terlebih dahulu dengan filter oli  lama.

Untuk memastikan filter oli   baru siap dipasang, maka pastikan juga bentuk, lubang oli, dan part number-nya sama.

Lumasi juga area karet seal atau gasket filter oli baru agar tidak melintir sehingga dapat mempermudah proses pemasangan.

6. Pasang Filter Oli

Gunakan kunci khusus filter oli untuk memasang filter oli baru. Caranya cukup dengan memutar kunci menggunakan tangan searah jarum jam atau ke kanan.

Putar hingga karet seal terasa menyentuh permukaan filter oli. Karet seal ini penting karena berfungsi sebagai perapat antara mesin dengan filter oli.

Pastikan kekencangan pemasangan filter oli baru dengan memutar kembali ke arah kanan.

7. Hidupkan Mesin Mobil

Sebelum menghidupkan mesin mobil, pastikan terlebih dahulu sudah terpasang dengan kencang.

menghidupkan mesin mobil beberapa saat dapat membuat oli mesin bersirkulasi. Biarkan mesin mobil menyala sebentar kurang lebih 3-5 menit. Pastikan tidak ada oli  rembes atau kebocoran karena akibatnya bisa jadi sangat fatal terhadap mesin mobil. 

8. Turunkan Dongkrak Mobil

Jika sudah memastikan tak ada kebocoran oli, matikan mesin mobil, kemudian turunkan dongkrak mobil. Caranya dengan memutar tuas dongkrak ke arah sebaliknya.

Lakukan perlahan hingga dongkrak turun ke bawah. Jangan lupa untuk melepaskan jackstand-nya juga. Periksa ketinggian level oli mesin lewat dipstick oli nya.

Kalau dirasa kurang, maka tambahkan hingga ketinggian oli mencapai level maksimal. 

Itu dia Sobat GAET otomotif untuk ganti filter oli mobil dengan prosedur benar dan mudah. Jika sudah selesai mengganti filter oli, jangan lupa untuk merapikan peralatan digunakan dan membersihkan kotoran-kotoran tersisa.

Lakukan penggantian filter oli secara berkala setiap 2 kali ganti oli mesin agar performa mobil lebih maksimal. Dengan demikian, berkendara pun akan terasa aman dan nyaman.

Baca Juga :  Tanpa Bantuan Bengkel, Begini Cara Membersihkan AC Mobil Avanza

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.