Tips Supaya Mobil Tidak Rusak Setelah Terjang Banjir

Pantauan Dari Kami, tak sedikit kendaraan roda dua maupun empat yang nekat menerobos banjir. Bukannya tanpa sebab, tinggi genangan tersebut masih dianggap aman menerjang air.

Tips Supaya Mobil Tidak Rusak Setelah Terjang Banjir

Kendati begitu, sebaiknya pastikan dulu banjir benar-benar bisa dilewati. Salah-salah sistem kelistrikan kendaraan bisa rusak, juga timbul masalah akibat water hammer. 
Biar menyegarkan ingatan lagi soal trik aman melintasi banjir, juga biar performa mobil tetap optimal, ada baiknya simak ulasannya berikut ini.

Service Departement Head Asta Isuzu Anjar Kisworo menjelaskan, saat menerjang banjir utamanya jaga kecepatan kendaraan tidak terlalu cepat. 
“Karena akan mempermudah air untuk masuk ke komponen vital, selain itu juga putaran mesin dijaga lebih tinggi sedikit dibanding putaran langsam,” jelasnya saat dihubungi kumparan belum lama ini. 

Artikel Terkait :  Sebelum Terjang Banjir. Ingat Lagi Risiko Water Hammer

Baru selanjutnya tepikan kendaraan untuk mengecek pelumas mesin maupun sistem penggerak. Sebab bukan tidak mungkin ada air yang akhirnya berhasil masuk ke ruang bakar lewat filter udara. 

“Justru yang gampang tercampur air sebenarnya bukan mesin, tetapi transmisi dan gardan, jadi cek kedua oli ini, ciri-cirinya oli berubah warna seperti susu, jika tidak segera diganti akan mempercepat keausan komponen transmisi,” tambahnya. 

Artikel Terkait :  Di Rumah Aja, Bisa Beli Mobil Secara Online

Apabila tidak ada perubahan warna, bisa lanjutkan perjalanan. Namun tetap pertahankan kecepatan rendah sambil memompa pedal rem. 

Gunanya untuk membuat gesekan supaya kampas rem cepat kering karena panas. “Jangan langsung tancap gas dan rem mendadak, soalnya rem mobil enggak pakem setelah terendam air,” tuntasnya.

Credit : Kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami