Tips Aman Melewati Banjir Dengan Mobil

Tips Melewati Banjir –  Saat ini musim hujan telah melanda hampir di seluruh daerah Indonesia, salah satu yang membuat pemilik mobil khawatir adalah adanya banjir karena hujan atau jalanan yang tergenang air, jika nekat menerobos banjir dengan mobil bisa saja menyebabkan mobil mogok karena mesin terkena banjir, nah untuk menghindari hal tersebut terjadi yuk coba tips aman agar mobil tidak mati ketika melewati banjir.

Banyak akibat mobil melewati banjir yang akan terjadi, air bisa masuk kedalam komponen mesin, lumpur yang menempel pada kaki kaki mobil sampai mesin menjadi overheat, baik dengan motor ataupun mobil banjir di jalan tidak disarankan untuk di terobos ya sob, namun jika kondisi memaksa harus menerjang banjir, maka sobat perlu memahami bagaimana tips aman nya nih.

Salah satu cara yang paling aman untuk kendaraan baik motor matic ataupun mobil, adalah dengan tetap menginjak gas secara perlahan tanpa harus di gas terlalu dalam, hal ini mencegah terjadinya air yang masuk kedalam komponen mobil, ada batas aman mobil melewati banjir yakni jangan melebihi dari setengah ban mobil, jika ban mobil sudah terendam penuh dengan air, maka celah air untuk masuk keruang mesin dan pembakaran sangat banyak.

5 Tips Cara Aman Melewati Banjir Dengan Motor Dan Mobil Setelah Hujan

tips aman melewati terobos banjir hujan deras

1. Jauhi genangan air

Dengan cara biasa, jauhi mengemudi lewat wilayah banjir bila memungkinkan. Cek Google Maps, berdialog dengan banyak orang di jalur, simak pembaharuan kemudian rute di alat sosial ataupun radio, serta cermas dikala mengemudi, buat menghindar dari jalur banjir dan menciptakan arah pengganti. Cermati pengguna jalur lain( mobil, sepeda motor, truk serta pejalan kaki) buat mengukur seberapa dalam air saat sebelum berupaya mengarungi jalan.

2. Tetap bergerak

Bila suasana banjir memang muncul, jalani yang terbaik buat lalu beranjak lewat air serta janganlah berhenti. Janganlah berakselerasi tiba- tiba ataupun mengerem sangat keras, lumayan piket momentum senantiasa. Bila mobil berhenti di genangan air, terdapat mungkin air bisa merambat ke bagian- bagian vital semacam intake mesin serta knalpot.

Dikala beranjak lewat air, maanfaatkan gigi yang lebih kecil( awal, kedua ataupun ketiga, terkait pada kecekatan) serta melindungi putaran mesin di bagian yang lebih besar. Mengarungi air bawa ketegangan bonus pada mesin serta memakai gigi ketiga, bisa mengakibatkan mobil berhenti.

3. Janganlah menghidupkan kembali mesin bila terhenti dalam air

Bila mobil macet di area yang terhenti air, janganlah coba serta nyalakan kembali dulu. Terdapat sebagian alibi, semacam air bisa membagikan tekanan lebih pada batang calo mesin, yang bisa menyebabkannya patah. Tidak hanya itu, bila air sudah merambah mesin lewat intake ataupun knalpot, itu bisa menimbulkan kerusakan mesin yang sungguh- sungguh serta menghabiskan biaya yang mahal kala wajib diperbaiki.

Bila kalian berprasangka terdapat air yang masuk ke mesin, lekas matikan mobil buat menjauhi kerusakan lebih lanjut. Sorong mobil ke zona yang tidak banjir serta mendatangi layanan gawat buat memohon dorongan.

4. Janganlah panik bila kalian terjebak di dalam

Kala suatu mobil terperangkap dalam air, daya yang ditimbulkan oleh kubangan air di pintu jauh lebih besar dari yang kalian duga. Ini dapat menghindari pintu buat dibuka. Dalam skrip semacam itu, perihal awal yang wajib dicoba merupakan senantiasa tenang serta tidak panik. Setelah itu, cobalah buat membuka pintu dengan mendorongnya memakai kedua kaki.

Bila ini tidak sukses, maanfaatkan barang berat apapun yang tumpul buat membongkar salah satu jendela. Tetapi, janganlah coba- coba membongkar kaca depan sebab umumnya jauh lebih susah pecah dari kaca pintu. Ketahuilah kalau selalu lebih nyaman buat meninggalkan mobil yang sudah tergenang serta berjalan kaki buat menggapai tanah kering dari berupaya memindahkan mobil yang karam.

5. Pompa rem sedemikian itu bersih dari air

Sehabis kalian sukses memindahkan mobil dari genangan banjir, memompa rem hendak menolong mendesak keluar air yang bisa jadi menumpuk di zona itu. Air di rem dengan cara natural membatasi pemakaian rem yang pas. Permasalahan ini lebih biasa pada mobil dengan rem tromol, serta mengenang sebagian bentuk mobil mempunyai tromol belakang, aksi ini layak disarankan.

Pada sebagian kendaraan seperti mobil, akibat setelah menerobos banjir biasanya mobil bunyi setelah kena banjir, ini menandakan adanya komponen pada mobil yang harus sobat periksa, segera bawa ke bengkel setelah mobil kebanjiran untuk diperiksa oleh mekanik yang handal, jangan dibiarkan karena akan menjadi lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.