Cepat Praktekkan Ini! 6 Cara Menghilangkan Baret Kasar pada Kaca Mobil yang Ampuh

Baret kasar pada kaca mobil adalah hal menyebalkan sekaligus membahayakan dan cukup sering terjadi. Baret kasar pada kaca depan mobil dapat mengganggu visibilitas pengemudi dan itu tentu juga berbahaya bagi keselamatan penumpang. Jangan meremehkan baret sekecil apapun. Segera identifikasi penyebabnya dan cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil tersebut. 

Langkah pertama dalam menghilangkan baret adalah menentukan seberapa parah baret tersebut. Jika baretnya terlalu parah, maka dibutuhkan penggantian kaca mobil  baru. Lalu bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dengan sabun dan air hangat, kecuali jika ada resiko baret akan meluas.

Setelah itu, coba praktekkan 6 cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil berikut :

 

1. Amonia

Cairan amonia untuk kaca mobil juga dapat digunakan untuk menghilangkan baret. Akan tetapi amonia adalah zat kimia  cukup berbahaya, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam menggunakannya. Campurkan setengah liter air dengan setengah ons ammonia.

amonia zat kimia
amonia zat kimia

Aduk sampai rata, celupkan kain lembut ke dalamnya lalu gosokkan kain tersebut pada baret di kaca mobil. Ulangi sampai baret di kaca mobil benar-benar hilang.

2. Glass Repair Kit

Glass repair kit dapat dibeli secara online atau di toko suku cadang otomotif terdekat. Ini adalah cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil  relatif dalam tetapi tidak sampai membuat kaca mobil mudah rusak.

gambar Glass Repair Kit
gambar Glass Repair Kit

Caranya, pertama, oleskan glass repair kit pada baret kasar  ada di kaca mobil. Biarkan mengering selama 30 menit. Kemudian bersihkan area tersebut dengan kain lembut.

Glass repair kit mengandung cerium oksida  secara kimiawi bereaksi dengan kaca untuk menutup goresan dan menghentikannya agar tidak semakin dalam. Ia bekerja dengan membentuk senyawa serium-oksigen-kaca  lebih lembut dari kaca dan dapat menyatukan baret.

3. Cat Kuku Akrilik Bening

Cat kuku akrilik bening mudah ditemukan di toko-toko, tetapi hanya dapat digunakan untuk baret  dangkal.

Cat Kuku Akrilik Bening
gambar Cat Kuku Akrilik Bening

Karena sifatnya  mengeras saat mengering, ini berfungsi dengan baik untuk perbaikan baret kecil. Oleskan lapisan cat kuku pada goresan dan bersihkan kelebihannya. Biarkan cat kuku mengering.

4. Pasta Gigi Non Gel

Pasta gigi non-gel hanya akan berfungsi untuk baret kecil dan tidak boleh digunakan untuk baret  cukup dalam. Pasta gigi berfungsi seperti pasta penggiling  menghilangkan sebagian kecil kaca di sekitar baret dan meratakan keseluruhan area  rusak.

gambar Pasta Gigi Non Gel

Pertama,  harus dilakukan adalah mengeringkan kaca menggunakan kain tidak berbulu. Lalu oleskan pasta gigi ke kain lembut. Gosokkan kain pada baret dengan gerakan melingkar selama 30-40 detik. Seka pasta gigi dengan kain lembab dan gunakan kain bebas serat untuk mengeringkan lagi area tersebut.

5. Acrylic Scratch Remover

Acrylic Scratch Remover adalah solusi mudah untuk baret kecil dan tersedia di toko suku cadang otomotif mana pun. Produk ini mengisi baret dan bereaksi secara kimiawi dengan kaca untuk memperbaikinya.

gambar acrylic Scratch Remover
gambar acrylic Scratch Remover

Oleskan sedikit remover pada kain katun. Gosokkan kain pada baret selama sekitar satu menit. Biarkan remover selama 20-30 menit. Bersihkan kaca dengan kain lembut. Lalu gosok semua kerusakan  tersisa dengan lembut.

6. Bantuan Profesional

Jika kerusakan terlalu dalam untuk diperbaiki di rumah atau jika tidak yakin bisa memperbaikinya sendiri, cara  terbaik adalah mencari bantuan profesional.

Menghubungi bantuan professional dapat membuat baret kasar pada kaca mobil hilang dengan maksimal dan tentunya tidak merepotkan. Jika terjadi baret  dalam, maka kaca mobil pun dapat segera diganti sepenuhnya.

Demikian Sobat GAET Otomotif 6 cara menghilangkan baret kasar pada kaca mobil. Namun walau bagaimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, jagalah kaca mobil tetap aman dari bahaya. Salah satu caranya adalah menjaga jarak dengan kendaraan lain saat sedang parkir atau saat sedang di jalan.

Baca Juga :  Tips Beli Mobil Baru Dengan DP 0%, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.