Kenali Tanda Helm Motor Harus Diganti

Helm Motor Perlu Diganti – Fungsi helm motor adalah sebagai pelindung kepala dari benda benda yang bisa mengenai kepala, dan fungsi utamanya adalah menjaga kepala agar tetap aman jika terjadi kecelakaan dan benturan.

Oleh karena itu helm motor harus dirawat dan dijaga dengan baik agar kualitas ketahananya terjaga, namun banyak pengendara yang tidak memperhatikan tanda helm sudah usang dan perlu diganti dengan yang baru, normalnya penggunaan helm yang bisa dipakai hanya sampe 5 tahun, namun apa saja tanda tanda yang harus sobat kenali agar kepala sobat saat berkendara lebih aman.

Seiring berjalannya waktu maka kekuatan helm akan berkurang, dan perlu diperhatikan bahwa helm harus berdasarkan standar SNI ya sob, boleh saja memakai helm motor custom agar terlihat lebih keren kan sob, apalagi yang memiliki komunitas dan sering touring, tapi utamakan standar keselamatan bukan gaya.

Baik helm motor half face ataupun full face sama-sama baik kok, keduanya tergantu selera ya sob, helm apapun boleh yang penting sudah dapart sertifikat SNI sebagai standar keamanan helm di Indonesia, helm motor matic ataupun manual sama saja tidak ada bedanya, yuk kenali tanda helm yang sudah tidak layak pakai dan harus diganti dengan yang baru.

5 Tanda Dan Ciri Ciri Helm Yang Harus Diganti Dengan Yang Baru

tanda helm motor sni harus diganti dengan yang baru

1. Telah melampaui 5 tahun pemakaian

Janganlah salah, helm pula memiliki era kadaluarsa loh. Standarnya, helm dapat dipakai sepanjang 3- 5 tahun konsumsi. Melainkan helm amat tidak sering digunakan serta cuma dipakai sesekali saja. Coba telah berapa lama umur serta seberapa kerap helm mu dipakai. Bila telah melampaui 5 tahun serta senantiasa dipakai, berarti telah waktunya helm wajib diganti baru.

2. Banyak goresan ataupun retakan yang tidak dapat hilang

Salah satu helm wajib lekas ditukar merupakan cat yang telah bopeng, mengelupas serta pula terdapat banyak catatan yang telah tidak dapat dihilangkan. Bila keadaannya semacam ini umumnya helm amat kerap dipakai, alhasil kerap terpapar cahaya matahari serta hujan. Tidak hanya itu kaca helm umumnya pula telah buram, tetapi sedang dapat disiasati dengan mengganti kaca helmnya saja.

3. Susunan busa bagian dalam helm telah mengeras

Fungsi dari busa di dalam helm merupakan buat mencegah kepala dari hantaman. Bila bagian busanya telah keras, hingga fungsi dari helm selaku penjaga kepala pula hendak menurun. Susunan busa yang telah membeku serta menciut, pastinya justru hendak membuat kepala jadi tidak aman apalagi sakit dikala mengenakan helm.

4. Karet bingkai di sekitar helm mulai lepas

Karakteristik yang lain merupakan lepasnya karet bingkai di sekitar helm dengan sendirinya, yang terdapat di bagian belakang bawah serta depan helm. Karet bingkai dapat bebas sebab umur helm yang telah berumur serta kerap terpapar cuaca, alhasil energi kuat perekat telah lenyap serta menimbulkan karet bingkai mengendor.

5. Ikatan pengait helm telah lepas dengan sendirinya

Bila helm telah berumur berumur umumnya besi- besi yang melekat hendak mulai karatan, salah satunya di bagian pengait helm. Besi pengait yang karatan bisa menyebabkan ikatan pengikat helm bebas sendiri. Tidak kehilangan ide, bila telah semacam itu umumnya orang hendak mengakalinya dengan mengikat ikatan dengan cara manual. Astaga!

Beli helm motor bagus yang agar ketahanan kekuatannya lama ya sob, jangan beli yang tidak memiliki standar SNI atau bajakan, karena kekuatannya tidak bisa dijamin dengan akurat, jangan hanya tergiur harga yang murah tapi bisa membahayakan aset tubuh paling vital, sayangi diri anda dengan memakai helm untuk motor matic ataupun manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.