Suzuki Ignis Spesifikasi Serta Review Kelebihan dan Kekurangannya

Spesifikasi Suzuki Ignis – Mobl Suzuki Ignis adalah mobil crosover terbaru dari Suzuki yang pertama kali di pamerkan di ajang IIMS 2017, yaitu ajang pameran otomotif bergengsi yang mendapatkan perhatian yang cukup banyak dari pengunjung. Suzuki Ignis diluncurkan untuk menggantikan Suzuki Splash.

Dengan bodi yang mungil, Suzuki Ignis ditunjukan sebagai sebuah mini crossover, meskipun sebagian orang menganggapnya sebagai hatchback/city car. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan ground clearance yang tinggi yang mejadi salah satu kelebihannya.

Sebagai mini crossover bermesin kecil, tak banyak pesaing yang dimiliki mobil Suzuki Ignis ini, jika dikelompokkan sebagai city car/hatcback di kelas 1.2L, Di pasar otomatif dalam negri, Suzuki Ignis akan bersaing dengan Mitsubishi Mirage, Daihatsu Sirion,

Toyota Etios Valco, Honda Brio, Toyota Agya 1.2, Daihatsu Ayla 1.2, KIA Picanto, Hyundai Grand i10, Chevrolet Spark 1.2, dan Nissan March 1.2. Lalu, bagaimana sih spesifikasi yang dimiliki mobil Suzuki Ignis ini sehingga bisa bersaing dengan pesaing-peasingnya nya tersebut. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Eksterior Suzuki Ignis

Spesifikasi Eksterior Suzuki Ignis

Pada bagian eksteriornya, Suzuki Ignis tampak tidak bermain aman dan terkesan mengsung desain out the box yang benar-benar berbeda di kelasnya. Di bagian depan, ciri khas Suzuki Ignis tampak pada bingkai grille dengan motif hexagonal yang mencakup area headlamp dan adanya garis depan berkelir krom mengapit logo Suzuki.

Tipe GX sudah menggunakan lampu projector dan DRL di area shape bawah lampu utama serta aksen krom di sekeliling foglamp. Sedangkan tipe GL masih berupa reflector biasa dan tanpa foglamp.

Berpindah ke area samping yang merupakan bagian paling menarik dari Suzuki Ignis. Desainnya memiliki potongan apik pada pilar C dengan sudut kemiringan 45o dan garis garis 3 buah. Bagi anda yang suka mencari informasi mengenai mobil klasik di luar negeri, mungkin akan setuju jika eksterior Suzuki Ignis bagian samping ini diadopsi dari Suzuki Cervo SS20 karena desainnya memang benar-benar mirip.

Artikel Terkait :  Fitur MG ZS, Wuling Confero dan DFSK Glory 560, Anti Kejahatan

Adanya potongan frame kaca jendela dengan sudut tajam juga menimbulkan kesan retro yang begitu kuat. Selain itu, bagian ini juga menyimpulkan bahwa Ignis memiliki persilangan desain dari sebuah crossover yang tampak pada ground clearance dengan tinggi mencapai 180 mm dan juga sumbu roda dengan jarak 2.435 mm.

kelebihan dan kekurangan suzuki ignis

Dimensi total keseluruhan dari Suzuki Ignis antara lain panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm serta tinggi 1.595 mm. Untuk bagian roda, mobil ini menggunakan velg berukuran 15 inci yang dibalut profil ban 175/65. Bagian depan dan sampingnya mungkin menarik bagi seluruh kalangan usia.

Tapi sayangnya, desain spektakuler tersebut seakan rusak oleh desain pada bagian buntut. Dimana bodi belakang bagian atas tidak proporsioanal sebab area fendernya terlalu lebar. Hal ini diperparah oleh lekukan stoplamp yang bentuknya terkesan aneh.

Spesifikasi Interior Suzuki Ignis

blank

Interior Suzuki Ignis dibalut dengan skema warna dual-tone hitam dan putih. Kualitas bagian interiornya mengalami peningkatan dari generasi sebelum nya dan kini terlihat lebih baik. Head unitnya juga unik, tidak tertanam di dalam dashboar, melainkan terlihat seakan terpisah dari panel dashboard.

Untuk varian tertinggi, head unit sudah menggunakan layar sentuh berukuran 7 inch dengan 6 speaker. Steering wheel audio control switch juga turut dibenamkan untuk mempermudah pengendalian audio. Tak sampai disitu, fitur-fitur standar seperti MID di tengah instrumen speedometer, keyless entry, dan dual SRS airbags juga sudah tersedia. Sayangnya, pada varian terendah terlalu banyak mengalami pemangkasan fitur.

Bicara soal ruang kabin, anda mungkin terkesan dengan keleluasaan ruang dari crossover mungil ini. Kecilnya dimensi tidak serta merta membuat ruang kabin menyempit. Ruang kepala dan ruang kaki terasa luas dari baris depan hingga baris belakang. Jok baris kedua juga memiliki fitur sliding ke depan dan ke belakang.

Artikel Terkait :  Toyota Agya Facelift 2020 Cuman 143 Jutaan

Selain itu, kapasitas bagasi juga terbilang cukup, yaitu sekitar 270 liter. Jika dirasa masih kurang, jok baris kedua masih bisa dilipat ke depan 50:50 untuk mengoptimalkan kapasitas bagasi.

Performa Mesin dan Handling Suzuki Ignis

Performa Mesin dan Handling Suzuki Ignis

Suzuki Ignis dibekali dengan mesin tunggal K12M DOHC berkapasitas 1200 cc. Mesin kecil ini mampu memompa tenaga maksimal sebesar 83 HP pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi puncak sebesar 113 Nm pada putaran mesin 4200 rpm.

Tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan dan AGS 5-percepatan. Transmisi AGS (Auto Gear Shift) ini merupakan transmisi buatan Suzuki yang memungkinkan anda untuk berkendara dengan mode otomatis ataupun manual.

Konsumsi BBM dari mobil ini sangat irit, bahkan mampu menempuh lebih dari 20 km untuk satu liter BBM. Suspensi Suzuki Ignis terasa sedikit keras, sehingga sisi kenyamanan sedikit berkurang. Namun, hal ini menyebabkan pengendaliannya menjadi lebih baik dan lincah, meskipun ground clearancenya tinggi.

Mobil ini cukup cocok digunakan untuk bermanuver di dalam perkotaan dengan lalu lintas yang padat berkat body mungil dan kelincahannya. Setelah mengetahui berbagai detail terhadap spesifikasinya, pastinya para penyuka mobil Suzuki Ignis ini penasaran ingin mengetahui kelebihan dan kekurannya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak kembali detail kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Kelebihan Suzuki Ignis

  • Tampilan sangat memukau
  • Kabin luas
  • Jok belakang bisa sliding
  • Visibilitas pengemudi luas
  • Fitur interior cukup lengkap
  • Ground clearance tinggi
  • Konsumsi BBM sangat irit

Kekurangan Suzuki Ignis

  • Tenaga mesin kecil
  • Desain bodi belakang jelek
  • Bobot body terlampaui ringan
  • Bantingan keras
  • Feedback setir
  • Akselerasi transmisi matic AGS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami