Jangan Panik! Berikut Solusi Mobil Matic Tidak Bisa Mundur | GAET.co.id

Jangan Panik! Berikut Solusi Mobil Matic Tidak Bisa Mundur

GAET OTOMOTIF – Pengoprasian yang lebih mudah bila dibandingkan dengan mobil manual, menjadi alasan mobil matic banyak digemari sekarang ini. Namun meskipun mobil jenis ini terdengar lebih mudah dikendarai bukan berarti tanpa masalah yang menyertai. Salah satunya mobil yang tidak bisa mundur. Nah Sobat GAET simak ya solusi mobil matic tidak bisa mundur :

1. Mengenali Kerusakan Transmisi Mobil Matic

Solusi pertama yang bisa dilakukan saat mobil matic tidak bisa mundur adalah mengenal kerusakan transmisi pada mobil matic. gak jauh beda dengan mobil manual, mau pake mobil matic pun kalo tidak mengetahui cara perawatannya bisa bikin pusing

kenali transmisi matic rusak

Karena itulah mengenal apa saja komponen transmisi pada mobil matic bisa menjadi solusi untuk menghindari mobil yang tidak bisa mundur. Selain itu dengan mengenali transmisi pada mobil maka akan mempermudah dalam mengetahui kerusakan yang mungkin saja terjadi pada mobil.

2. Memeriksa Keadaan Kabel Selenoid

Salah satu masalah yang terjadinya penyebab mobil matic tidak bisa mundur adalah adanya kendala pada kabel selenoid. Kabel selenoid berfungsi untuk menghubungkan perintah pengemudi dengan perangkat yang pada mobil.

soket kabel selenoid mobil matic

Solusi yang bisa dilakukan bila kabel selenoid bermasalah adalah mencabut beberapa kabel yang bermasalah. Hal ini dilakuakan dengan tujuan untuk mengetahui sensor yang bermasalah pada mobil.

3. Cek Keadaan Tuas Gigi

Setelah memeriksa keadaan kabel selenoid dan tidak ada masalah, maka coba cek keadaan tuas gigi pada mobil. Tanda tuas gigi yang tidak berfungsi dengan benar adalah mobil yang terdeteksi dalam keadaan parking sedangkan mobil dalam keadaan berjalan.

tuas mobil matic posisi R

Bila mobil ada pada keadaan seperti ini, ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu bagian switch rem. Namun bila keadaan memang sudah tidak memungkinkan maka solusi yang terbaik adalah membawanya ke bengkel. Jangan tergesa-gesa dalam memeriksa keadaan tuas gigi ini.

4. Mengganti Reverse Gear Ratio

Solusi mobil matic tidak bisa mundur selanjutnya adalah mengganti reverse gear ratio. Masalah rusaknya reverse gear ratio sering kali dialami oleh mobil matic bertipe konvensional. Solusi yang dapat dilakukan bila hal ini terjadi pada mobil matic adalah mengganti reverse gear ratio lama dengan yang baru. hal ini sering terjadi pada mobil avanza yang tiba2 tidak bisa mundur

Mengganti komponen reverse gear ratio dengan yang baru sangat disarankan bila komponen yang terpasang pada mobil sudah terdeteksi rusak. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi supaya hal serupa tidak kembali terjadi. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat menggantinya.

5. Memeriksa Oli Transmisi

Kendala yang seringkali menjadi tidak berfungsinya transmisi pada mobil matic adalah tidak adanya pengecekan secara rutin oli transmisi. Hal inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya mobil tidak bisa mundur atau bahkan kerusakan pada mobil.

cek oli transmisi mobil matic

Untuk pengecekan oli transmisi sendiri bisa dilakukan pada saat pagi hari sebelum mobil dipergunakan. Hal ini bisa dilakukan secara berkala setiap hatinya sebagai antisipasi kerusakan pada mesin mobil. Oli yang berwana kecoklatan disertai serbuk besi adalah tanda dimana sistem transmisi pada mobil matic tengah bermasalah.

6. Lakukan Test Drive

Apabila keempat solusi di atas sudah dilakukan, maka yang terakhir adalah melakukan test drive. Jika saat memindahkan posisi gigi masih terasa berat atau bahkan menhentak bisa dipastikan bahwa ada masalah pada sistem transmisi mobil. Bila hal ini terjadi maka solusi paling tepat adalah memanggil tenaga profesional untuk memperbaiki mobil.

Itulah tadi 6 hal solusi tepat bila mobil matic tidak bisa mundur. Pada dasarnya semua jenis mobil baik manual maupun matic tetap memerlukan perawatan yang tepat. Karena itu Sobat GAET banyak dianjurkan untuk tau tips mobil dan merawat keadaan mesin mobil secara berkala agar terhindar dari masalah saat berkendara

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.