5 Cara Balancing Ban Mobil dengan Menggunakan Wheel Balancer | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

5 Cara Balancing Ban Mobil dengan Menggunakan Wheel Balancer

Ban mobil merupakan salah satu hal paling penting yang sangat berpengaruh dalam mengendarai sebuah mobil. Untuk itu, spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil. Maka dari itu, bagi pengendara mobil cara balancing ban mobil harus dikuasai dan menjadi salah satu hal penting. Berikut beberapa cara, mari simak.

1. Kendorkan Mur Roda

Sebelum melakukan balancing ban mobil hal pertama yang terlebih dahulu perlu kita perhatikan adalah roda ban. Hal pertama yang harus kita lakukan yaitu mengendorkan mur roda pada ban yang akan di balance menggunakan kunci roda.

cara melepas mur ban sendiri

Setelah mur dikendorkan kemudian dongkrak kendaraan menggunakan jack stand. Selanjutnya melepas roda yang akan di balance dari kendaraan.

2. Pastikan Tekanan Ban dengan Wheel Balancer

Setelah itu, pastikan tekanan ban dalam keadaan standar. Selanjutnya membersihkan permukaan pelek roda dari bobot balancer sisa yang menempel seta juga jangan lupa membersihkan segala kotoran pada permukaan pelek. Cara balancing ban mobil dengan wheel balancer ini kemudian pasang pada wheel balancer.

cek tekanan ban mobil

Jangan lupa nyalakan wheel balancer. Setelah itu aturlah angka yang terdapat pada papan wheel balancer. Diwajibkan untuk mengetahui seberapa besar tekanan ban yang diperlukan dan sesuai dengan standar. Sehingga tidak terjadi tekanan ban yang terlalu besar.

Karena jika tekanan ban terlalu besar dapat menyebabkan ban yang malah tidak balance, malah akan berakibat hal yang fatal.

3. Aturlah Angka pada Wheel Balancer

Cara balancing ban mobil dengan wheel balancer ini selanjutnya yaitu atur angka yang ada di sebelah kiri dengan menarik tuas wheel balancer ke roda.

Jika angka tidak sesuai dengan pengukuran, dapat mengubah angka dengan menekan tombol a+ atau a-.

Atur Angka pada Wheel Balancer

Atur angka yang letaknya di tengah, terdapat kode-kode yang menunjukkan lebar dan diameter peleg. Setelah itu atur angka dengan menekan tombol b+ atau b-. Setelah itu atur angkanya menggunakan width measuring gauge.  Setelah itu jangan lupa untuk mengatur angkanya ke tombol c+ atau c-.

4. Tutuplah Penutup Ban

Selanjutnya cara balancing ban mobil yaitu tutup penutup ban dan tekan tombol start. Setelah itu tinggal menunggu mesin bekerja. Saat mesin berhenti, buka penutup ban dan baca hasilnya dengan seksama. Ambil bobot balancer dan pasang pada roda sesuai dengan angka yang tertunjuk di mesin.

Sebelum masang roda, putar roda terlebih dahulu sampai angka menunjukkan satu garis lurus…

tutup penutup roda saat balancing

Angka yang menunjukkan satu garis lurus itu merupakan penanda bahwa tekanan pada ban telah tepat dan pas dengan standar balancing ban.

Tidak hanya itu saja, ketika menutup penutup ban juga perlu memperhitungkan dengan baik dan tidak melakukan kesalahan.

5. Lihat Hasil Pemeriksaan dan Selesai

Lihat hasil pemeriksaan hasilnya ‘Gud’ sebelah dan sebelahnya hingga menunjukkan angka yang balancing. Setelah itu, tutuplah penutup ban dan tekan tombol start untuk melihat hasil.

Tunggu dahulu mesin berhenti dan lihat hasil pemeriksaan jika roda telah balance atau belum.

lihat hasil ukuran balancing

Jangan lupa untuk mengecek dengan benar. Karena akan menimbulkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan bila tidak mengecek secara benar.

Demikianlah cara balancing ban mobil manual yang dapat diterapkan oleh para pengemudi. Sobat GAET OTOMOTIF bisa langsung praktek … Cukup mudah dan sederhana, bukan? Balancing ban mobil tidaklah sulit asal mengetahui caranya. Alangkah baiknya ketika melakukan balancing ban bersama dengan ahlinya. Agar bisa meminimalisir kesalahan dan risiko.

 

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.