Mobil Toyota Ternyata Bukan Hanya di Indonesia, Negara Mana Saja ?

GAET Berita Otomotif –  MPV Avanza berjuluk mobil sejuta umat itu juga diminati banyak negara di dunia, bukan hanya di indonesia saja yang laris penjualan Toyota Avanza.

Di Indonesia, Toyota Avanza diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama Daihatsu Xenia. Dari pabrik itu, Toyota Avanza buatan Indonesia kemudian dikirim ke berbagai negara di dunia.

dikutip dari situs resmi Toyota Indonesia, Toyota Avanza hasil produksi PT Astra Daihatsu Motor dikirim ke 25 negara. Itu terdiri dari negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Pasifik serta Timur Tengah. Negara mana saja yang menikmati Avanza buatan Indonesia?

Berdasarkan data ekspor mobil yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza diekspor secara utuh (completely build up/CBU) ke negara-negara seperti:

1. Brunei Darussalam
2. Thailand
3. Malaysia
4. Filipina
5. Vietnam
6. Myanmar
7. Kamboja
8. Afrika Selatan
9. Nepal
10. Meksiko
11. Afrika Barat
12. Lebanon
13. Bangladesh
14. Tahiti
15. Pakistan
16. Madagaskar
17. Peru
18. Mauritius
19. Qatar
20. Oman
21. Bahrain
22. Uni Emirat Arab
23. Guatemala
24. Honduras
25. Vanuatu.

Baca Juga :  Daftar Harga Mobil Kijang Kapsul Toyota Bekas Murah Terbaru

Untuk awal 2021 ini (periode Januari 2021), Toyota Avanza sudah dikirim ke Thailand, Afrika Selatan, Malaysia, Nepal, Meksiko, Filipina, Peru, Arab Saudi dan Myanmar.

Maka, jangan heran jika Anda berkesempatan mengunjungi negara-negara tersebut dan melihat Toyota Avanza beredar di jalan raya. Itu adalah Toyota Avanza hasil pabrikan Indonesia.

selain itu, Toyota Malaysia baru-baru ini mengumumkan recall Toyota Avanza karena masalah fuel pump. Sebanyak 3.923 unit Toyota Avanza yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019 berpotensi mengalami kerusakan pompa bahan bakar di Malaysia.

Recall kali ini disebut merupakan kelanjutan dari penarikan kembali fuel pump yang digelar Toyota Motor Corporation (TMC) secara global sejak tahun lalu. Tercatat lebih 5,84 juta kendaraan di seluruh dunia mengalami masalah yang sama.

Baca Juga :  Motorcars dan IMI Berikan Tesla Model 3 ke Polri

Toyota Avanza di Indonesia kemungkinan terdampak. PT Toyota-Astra Motor (TAM) sudah mendapat kabar dari Toyota global terkait recall Avanza ini.

“Ya kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall (Avanza) ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari,” tanggap Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi kepada detikcom, Senin (8/3/2021).

“Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufacturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan principal untuk tahu model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata ada di mana, kesiapan partnya dan lain-lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program,” tutur Anton.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.