7 Penyebab Motor Mogok Tiba-tiba

Penyebab Motor Mogok – Suatu hal yang menjengkelkan jika motor kita tiba-tiba mogok saat perjalanan, melelahkan karena harus mendorong ke bengkel motor terdekat dan harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan, untuk menghindari terjadinya motor mogok tiba-tiba, baiknya sobat perlu memahami penyebab nya agar tidak terjadi pada motor kesayangan ya.

Jangan sampai motor mogok saat hujan menimpa anda, beberapa penyebab umun yang terjadi adalah karena mesin motor yang terlalu panas atau overheat, apabila karena itu maka cukup mudah untuk diatasi yaitu dengan meminggirkan motor dan mendinginkan dengan cara mematikan mesin motor, tunggu sampai benar-benar dingin lalu coba dikendarai lagi, kebanyakan motor panas langsung mati karena beberapa penyebab juga mulai dari oli dll.

Kejadian yang menjengkelkan jika terjadi motor mogok di jalan malam hari, bengkel motor terdekat pasti sudah tutup kan, namun jika difikir – fikir motor mogok mendadak itu karena salahnya kebiasaan pengemudi yang tidak merawat dengan baik, dan membiarkan komponen yang rusak menjadi lebih parah, makanya yuk cek penyebab motor injeksi mati mandadak dan berlaku untuk motor karbu juga.

7 Penyebab Motor Mogok Kehujanan Yang Tidak Bisa Distarter

penyebab motor injeksi mogok terendam banjir

1. Setelan klep tidak tepat

Motor mogok dapat disebabkan oleh sehabis klep yang tak pas. Dapat saja seperangkat klep itu sangat rapat. Jika tak terdapat antara, mesin akan cepat panas serta akselerasinya jadi kurang. Nah, seperangkat yang cocok merupakan klep yang celah jadi mesin hendak mempunyai suhu yang cocok.

2. Saringan udara kotor

Butuh kalian ketahui jika fungsi filter hawa pada motor merupakan selaku filter udara yang masuk dalam ruang bakar tidak berbaur dengan kotoran serta abu. Kombinasi hawa yang disaring wajib bisa berpadu dengan bagus bersama bahan bakar.

Tetapi, jika filter kotor, malah hendak membuat hawa tidak bersih serta memiliki abu. Perihal itu malah membuat mesin tidak bertugas dengan bagus. Tarikan gas motor hendak berat serta berakhir mogok.

3. Permasalahan pada pilihan bahan bakar

Bahan bakar minyak( BBM) di Indonesia telah dipecah ke dalam sebagian tipe terkait isi oktan. Nah, tiap mesin memiliki kemauan buat konsumsi yang bisa buatnya tampak lebih bagus.

Nah, penentuan bahan bakar yang pas semacam oktan besar di atas 92. Dengan adanya tingkat oktan yang tinggi maka prosesi pada sistem pemabakaran menjadi lebih sempurna dan meningkatkan tingkat polutan menjadi lebih kecil.

4. Mesin overheat

Mesin motor kehangatan dapat jadi alibi penting motormu mogok. karena adanya gesekan yang berlebih pada piston dan liner boring maka menyebakan sistem pembakaran motor menjadi overheat yang menjadikannya overheat, lalu berakibat pada panas yang berlebih dan tidak bisa diredam oleh peluas karena suhu yang terlalu cepat naik, lalu fatalnya adanya kemacetan pada liner boring dan piston mulai memuai.

5. Perputaran oli tersumbat

Ini merupakan salah satu pemicu lain motor dapat kehangatan. Tetapi, ini yang sangat ancaman serta bisa akibatkan kehancuran. Mogok merupakan langkah dini dari perputaran oli yang di dalam mesinnya tersendat. Walhasil banyak bagian dari mesin yang kekeringan serta kepanasan.

6. Lenyapnya pengapian pada bagian motor

Pengapian yang lenyap malah membuat mesin tidak dapat menyala. fungsi dari pengapian ini untuk menciptakan pembakaran uap pada ruang bahan bakar . Bila cara pembakaran tidak berjalan dengan bagus, hingga mesin juga tidak hendak hidup. Nah, pemicu lenyapnya api buat cara pengapian tiba dari bagian motor semacam busi, koil, CDI serta sepul.

7. Tutup tong tersumbat

Terakhir pada tutup tong ada lobang kecil yang berperan selaku jendela. Bila lobang kecil itu tersumbat, akhirnya merupakan perputaran hawa tidak terdapat serupa sekali. Tidak hanya itu, bahan bakar tidak turun ataupun mengalir. Mesin juga kesimpulannya mogok.

Jika motor mogok saat musim hujan dan sobat melalui jalanan yang kebanjiran, maka komponen pertama yang harus dicek adalah busi, bisa saja busi terkena air dan basah sehingga tidak bisa memberikan percikan pembakaran uap bahan bakar dengan maksimal, keringkan busi setelah itu coba distarter ya sob.

Untuk menghindari motor tiba tiba mati dan tidak bisa distarter lakukan perawatan dan servis secara berkala di bengkel terdekat ya, oiyaa mau motor aman? Pasang gps motor agar terhindar dari kasus curanmor yang belakangan ini kerap terjadi. Dijamin akurat dan bisa dipantau secara realtime ya sob.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.