Ketahui 6 Penyebab Mobil Tidak Bisa di Starter | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

Ketahui 6 Penyebab Mobil Tidak Bisa di Starter

GAET OTOMOTIF – Mobil mogok memang seringkali menjadi masalah banyak orang. Mungkin Anda termasuk langsung memilih untuk membawa mobil yang bermasalah ke bengkel. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengerti tentang otomotif. Banyak kendala yang menjadi penyebab mobil tidak berfungsi dengan baik. Cari tahu apa yang menjadi kendala dan mulai lakukan perbaikan. Yuk Sobat GAET simak Apa aja penyebab mobil gak bisa di starter.

1. Ada Masalah pada Dinamo Starter

Penyebab pertama yang mungkin menjadi kendala pada mogoknya mobil adalah terlalu sering memaksakan kinerja pada dinamo starter. Dinamo starter yang terlalu sering dipaksa bisa menyebabkan starter pada mobil macet atau bahkan mati.

dinamo stater mobil
dinamo stater mobil

Salah satu solusi yang bisa dilakukan saat hal ini terjadi adalah mendiamkan sejenak dinamo starter sampai mesin dingin. Baru kemudian mesin dapat kembali dinyalakan. Selain itu kerusakan pada dinamo starter bisa disebabkan karena penerus tegangan habis. Bila hal ini terjadi maka akan lebih baik dinamo starter diganti dengan yang baru. Baca : Tips Memperbaiki dinamo stater yang rusak

2. Ada Masalah pada Aki

Salah satu penyebab mesin mobil tidak bisa di starter yang sering kali menjadi kendala adalah aki bermasalah atau sudah terlalu tua. Aki merupakan bagian penting yang berfungsi sebagai penyuplai tenaga ke dinamo starter. Apabila aki mobil bermasalah sudah bisa dipastikan hal ini akan merembet pada kinerja mesin starter.

Baca Juga : Cara Pengecekan Berkala Aki Mobil Anda

cek kondisi aki

Solusi yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah secara rutin mengecek keadaan aki mobil. Namun bila kerusakan aki sudah terlalu parah atau aki yang sudah terlalu tua. Maka solusi utama yang bisa dilakukan adalah mengganti  aki dengan yang baru.

3. Ada Masalah pada Karburator

Selain mesin aki, karburator juga menjadi salah satu komponen yang sangat berpengaruh pada starter mobil. Hal ini disebabkan karena karburator berfungsi untuk mengatur jalannya bahan bakar dan sirkulasi udara pada mesin mobil.

cek karburator mobil

Sama dengan aki, mengecek secara berkala keadaan karburator adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan. Keadaan karburator yang kotor bisa menjadi kendala macetnya mesin starter pada mobil.

4. Cek Keadaan Sekring

Kendala lain yg bikin mobil tidak bisa di starter adalah sekring di mobil. Hal ini bisa terjadi karena adanya kabel yang putus entah pada kutub positif maupun negative.

cek sekering mobil

Bila keadaan aki dan karburator  dalam keadaan baik, ada kemungkinan masalah ada pada sekring.

5. Cek Keadaan Fuel Pump

Aliran bahan bakar pada fuel pump  yang tidak lancar juga bisa menjadi penyebab bermasalahnya mesin mobil. Keadaan mesin mobil yang terlalu dingin bisa menjadi salah satu penyebab tidak lancarnya aliran bahan bakar di fuel pump. Namun mesin mobil yang terlalu panas juga akan memperburuk aliran bahan bakar pada fuel pump.

cek fuel pump mampet

Salah satu cara untuk mengetahui keadaan fuel pump adalah melihat layar multi information display pada dashboard. Apabila yang menjadi kendala fuel pump tidak berfungsi dengan baik adalah suhu pada mobil maka menghentak. Namun apabila fuel pump memerlukan kalibrasi ulang maka sebaiknya panggil tenaga profesional.

6. Periksa keadaan busi

Selain 5 poin di atas, busi juga bisa menjadi salah satu kendala dalam tidak berfungsinya mesin starter mobil. Busi yang kotor seringkali menjadi masalah yang terjadi pada macetnya mesin mobil. Bila hal ini terjadi maka cukup dengan menggosok busi dengan kain dan pembersih khusus.

pengecekan busi mobil

Selain itu keadaan busi yang sudah terlalu lama juga bisa menjadi kendala. Bila busi mobil memang sudah terlalu lama dan tidak berfungsi dengan baik maka busi diganti dengan yang baru.

Itulah Sobat GAET Tips Mobil cara mengetahui penyebab mobil tidak bisa di starter. Melakukan perawatan dan pengecekan adalah salah satu solusi yang bisa lakukan untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil. Mesin mobil yang selalu mendapatkan perawatan dengan baik tentunya akan membuat mobil jarang bermasalah serta tetap nyaman digunakan

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.