5 Manfaat Coating Mobil yang Wajib Diketahui | GAET.co.id

5 Manfaat Coating Mobil yang Wajib Diketahui

GAET OTOMOTIF –  Tips Merawat mobil kesayangan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah lewat melakukan coating. Coating body mobil merupakan sebuah proses pelapisan body dengan menggunakan teknologi nano. Proses coating ini bisa memberikan banyak manfaat bagi penampilan mobil. Berikut adalah 5 manfaat coating mobil yang penting untuk diketahui.

1. Memberikan Tampilan Mobil Baru

Mobil lama bisa berubah menjadi baru setelah melalui proses coating. Teknologi ini bisa dengan mudah mengubah penampilan dari mobil yang mungkin sudah usang dan warnanya pudar.

mobil mengkilat

Warna mobil yang sudah lama dipakai biasanya akan memudar dan proses coating ini bisa membantu mengembalikan warna tersebut seperti semula. Menariknya lagi, hasil coating ini bisa membuat tampilan baru tersebut bertahan lebih lama.

2. Membuat Kilap Bertahan Lama

Salah satu efek yang akan didapatkan mobil setelah melalui proses coating adalah warna yang mengkilap. Kilap ini akan bertahan lebih lama dan membuat mobil terlihat lebih bersih berkilau. Teknologi nano yang digunakan pada proses coating ini membuat perlindungan warna dan kilap masuk sempurna ke permukaan badan mobil. Efek kilap tersebut bahkan bisa bertahan dengan baik minimal selama 3 tahun.

cairan coating mobil

Warna kusam pada mobil menjadi salah satu masalah yang sering ditemukan. Kekusaman tersebut tidak akan terjadi lagi setelah melakukan coating. Bahkan untuk jenis coating ceramic disebut-sebut memiliki garansi mengkilap untuk selamanya.

3. Efek Water Repellent

Setelah melalui proses coating, permukaan badan mobil akan memiliki lapisan yang bisa menghasilkan efek water repellent. Efek ini sering disebut juga dengan efek daun talas. Saat ada air yang menetes di badan mobil maka tampilan air ini akan seperti air yang menetes di daun talas.

proses coating mobil

Efek ini akan melindungi cat atau warna mobil dari jamur dan noda kerak akibat tetesan air.

Efek water repellent ini juga akan melindungi permukaan mobil dari kotoran. Kotoran yang menempel akan jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Bahkan efek daun talas ini bisa mempermudah kotoran untuk tergelincir dengan sendirinya dan tidak menimbulkan bekas maupun memicu munculnya jamur.

4. Melindungi dari Sinar UV

Paparan sinar UV di siang hari ternyata juga tidak begitu bagus bagi ketahanan warna mobil. Salah satu manfaat coating mobil adalah melindungi mobil dari paparan sinar UV.

efek sinar uv cat mobil

Permukaan cat mobil jadi tidak cepat kusam dan lebih terlindungi. Efek mengkilap juga akan terus bertahan lama walaupun mobil sering digunakan untuk beraktivitas di siang hari.

5. Memberi Ketahanan Terhadap Goresan

Proses coating juga akan membuat badan mobil lebih tahan terhadap goresan. Goresan pada badan mobil seringkali tidak bisa dihindari dan merusak estetika atau penampilan mobil tersebut. Teknologi coating akan memberikan lapisan pelindung pada permukaan badan mobil sehingga dapat tahan terhadap beragam jenis goresan.

goresan coating mobil

Namun, perlu diketahui bahwa tingkat daya tahan mobil terhadap goresan ini dipengaruhi oleh ketebalan coating. Semakin tebal lapisan coating maka akan semakin besar kemampuan badan mobil untuk menahan bekas goresan. Hanya saja memang lapisan coating ini hanya mampu meminimalkan risiko goresan bukan secara total menghindarkan badan mobil dari goresan. Oleh karena itu, pengguna harus tetap berhati-hati meskipun sudah melalui proses coating.

Itulah Tips Mobil 5 manfaat coating mobil yang perlu Sobat GAET ketahui. Teknologi coating ini sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh para pecinta mobil. Perlindungan yang optimal pada badan mobil akan memberikan usia pakai yang lebih lama dan membuat pengguna merasa lebih nyaman untuk berkendara.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.