Hati-Hati! Inilah Penyebab Mobil Terbakar Perlu diwaspadai | GAET.co.id

Hati-Hati! Inilah Penyebab Mobil Terbakar Perlu diwaspadai

Apapun merek mobilnya, entah karena keteledoran maupun kendala teknis, selalu memiliki peluang terjadinya kecelakaan. Baik disebabkan oleh pengemudi mengantuk, jalanan licin, cuaca ekstrem, dan tak jarang juga terdapat insiden mobil terbakar. Tetapi, kira-kira apakah menjadi penyebab utama mobil bisa terbakar? Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil terbakar harus diketahui:

1. Tidak Terawat

Banyak sekali para pemilik kendaraan bermotor abai atau serampangan pada kendaraannya sendiri. Atau bahkan, mungkin si pemilik sendiri tidak menyadari bahwa dirinya seceroboh itu sehingga terjadilah beberapa kejadian fatalnya bisa terjadi pada mobil kepemilikannya. Mulai dari paling sederhana; mencuci mobil.

Memang ada banyak orang rutin mencuci mobilnya, tetapi tidak pun juga bukannya kalah banyak. Harus disadari bahwa sebenarnya kegiatan cuci-mencuci mobil ini sangat penting guna mencegah debu, kotoran, dan benda-benda kecil lainnya masuk kedalam mobil, apalagi kebagian dalam mesin.

Jika debu-debu sudah menumpuk dan berlebihan, hal tersebut bisa mengganggu efisiensi mesin bahkan celakanya bisa sampai tahap terbakar.

2. Benda Berbahaya

Sama halnya dengan debu, bahkan benda-benda dianggap tak penting dan sangat tidak berbahaya juga bisa memiliki kemungkinan menjadi penyebab mobil terbakar. Apalagi jika objek-objek tersebut adalah objek mudah terbakar.

Contoh paling mudah, yaitu kain diletakan didalam pada keadaan mobil panas. Hal tersebut bisa saja memicu kain terbakar mana juga mengundang mobil ikut terbakar.

benda berbahaya bisa menyebabkan mobil terbakar
benda berbahaya bisa menyebabkan mobil terbakar

Contoh lain juga menyebabkan beberapa kasus kebakaran; balon. Seperti sudah diketahui bersama, balon lazimnya diisi dengan gas hidrogen—gas lebih ringan dari udara maupun helium. Gas terbilang pun ternyata memang memiliki sifat mudah terbakar, sehingga dikategorisasikan sebagai salah satu gas diatomik.

Gas hidrogen akan terpengaruh jika berada pada suhu atau tekanan diatas normal—suhu tinggi—sehingga bisa menjadi penyebab mobil terbakar.

3. Kerusakan atau Kebocoran

Tidak jarang kerusakan dan kebocoran menjadi penyebab mobil terbakar. Misalnya saja kerusakan pada mesin atau aki, bahkan kelistrikan.

Jika terjadi kerusakan semacam itu, boleh jadi tercipta hubungan arus pendek, kemudian menumpuknya gas hidrogen mana berdasarkan penjelasan tadi merupakan gas mudah terbakar, dan hal seperti itu tentu berbahaya jika terdapat percikan-percikan api pada mesin.

Kemudian, lagi-lagi hal lazim namun bisa membawa bala; kebocoran bahan bakar. Jika saja hal ini terjadi, dan sedikit saja terdapat percikan api di sekitar maupun pada komponen-komponen mobil, akibatnya tentu sangat mematikan.

4. Overheat

Pada mobil atau spesifiknya mesin mobil panasnya melebihi batas wajar (overheat), hal itu sangat bisa mengundang terjadinya kebakaran pada kendaraan bermotor terbilang.

Pasalnya, mesin bekerja non-stop atau bisa dibilang terlalu keras, kemudian menyebabkan suhu pada mobil menjadi semakin tinggi tiap waktunya.

Bayangkan saja, jika suhu pada mesin terus meningkat, bukan hal mustahil jika suatu waktu akan muncul percikan api bukan?

Untuk mencegah permasalahan overheat ini, harus dilakukan adalah rutin memeriksa pendingin atau radiator—alat penyalur panas dari objek satu ke objek lainnya dengan tujuan untuk mendinginkan—pada mobil.

5. Kecelakaan

Hal terakhir bisa menyulut kebakaran pada mobil adalah kecelakaan. Bukan sedikit mobil ataupun kendaraan-kendaraan lain ujungnya terbakar dikarenakan saling bertabrakan atau kecelakaan.

Insiden-insiden seperti itu bisa membuat mesin atau komponen-komponen pada mobil menjadi rusak sehingga tersulutlah api kian dibiarkan kian membesar.

terpenting adalah menghindari seluruh kemungkinan-kemungkinan sehingga tidak terjadi kecelakaan. Pastikan tidak mengantuk saat berkendara, dalam kondisi fit atau sehat, tidak membawa terlalu banyak beban, dan selalu fokus.

Itulah Sobat GAET  5 penyebab mobil terbakar paling sering terjadi. Pastikan sebisa mungkin untuk selalu mengecek keadaan kendaraan bermotor untuk menghindari terjadinya kebakaran tersebut, sehingga pengemudi pun penumpang selalu berada dalam keadaan baik-baik saja.

 

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.