Ketahuilah Kenapa Motor Matic Tiba Tiba Mati, Berikut Ini Penyebabnya! | GAET.co.id

Ketahuilah Kenapa Motor Matic Tiba Tiba Mati, Berikut Ini Penyebabnya!

Salah satu hal paling menyebalkan adalah ketika secara tiba tiba motor yang ditunggangi mati mendadak. Ada banyak penyebab umum yang membuat hal tersebut terjadi. Tidak terkecuali pada motor matic.

Nah Sobat GAET, buat yang belum tahu inilah beberapa penyebab kenapa motor matic tiba tiba mati :

1. Karburator Terkena Air

Penyebab pertama yang mungkin terjadi adalah karena karburator motor terkena air. Terlebih saat musim hujan seperti saat ini, sering sekali karburator kemasukan air.

Air bisa masuk melalui celah tali gas yang karetnya sudah mulai getas. Sehingga air masuk dalam area karburator. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah mengeluarkan air yang masuk terlebih dahulu.

Caranya yakni dengan menutup kran bensin yang mengarah ke karburator. Lalu kendorkan baut yang ada pada pembuangan bensin. Maka secara otomatis air akan keluar dengan sisa bensin yang ada di tangki. Jika apabila dirasa air yang masuk telah keluar semua, kencangkan kembali baut seperti semula.

2. Kompresi Bocor

Penyebab lain kenapa motor matic tiba tiba mati adalah karena kompresi bocor. Masalah ini bisa saja terjadi tidak hanya pada motor jenis matic. Namun juga pada sepeda motor lainnya.

akibat dari kompresi bocor motor matic
akibat dari kompresi bocor motor matic

 

Kebocoran kompresi terjadi akibat adanya rongga antara piston dan dinding silinder, atau bisa juga karena melemahnya ring piston pada motor.

Indikasi lain yang mengakibatkan kebocoran kompresi adalah karena adanya kotoran pada bahan bakar.

Nah, terkadang banyak orang acuh dengan hal ini dan meremehkan jenis bahan bakar yang dipakai. Ternyata kualitas bahan bakar yang buruk sangat berbahaya bagi kesehatan mesin motor.

3. Adanya Overheat Pada Mesin

Mesin yang mengalami overheat juga bisa menjadi salah satu penyebab motor mati mendadak. Overheat pada mesin bisa diakibatkan oleh sirkulasi oli di dalam mesin tidak lancar atau tersumbat.

Mesin motor overheat juga bisa disebabkan karena radiator tidak berfungsi dengan baik. Hal ini sering terjadi pada motor matic berkapasitas 125 cc ke atas.

4. Tersumbatnya Tutup Tangki

Hal ini sering kali dianggap sepele, namun nyatanya karena hal kecil inilah bisa bisa motor kesayangan mati di jalan. Jadi mulai sekarang, cobalah untuk memperhatikan lubang kecil yang  ada pada tutup tangki. Adapun fungsi dari lubang lubang tersebut adalah sebagai ventilator.

Jika terdapat lubangnya kesumbat, maka dapat menyebabkan sirkulasi udara hilang.

Akibatnya aliran bahan bakar tidak dapat sempurna. Sehingga bisa menyebabkan motor mati mendadak. Oleh sebab itu, seringlah untuk memeriksa bagian kecil ini setiap kali membuka tangki, dan segera bersihkan jika terdapat lubang yang tersumbat.

5. Tidak Berfungsinya Komponen Pengapian

Penyebab terakhir yang bisa menjadi penyebab motor mogok adalah sistem pengapian yang tidak berfungsi. Komponen ini memiliki fungsi membakar uap bahan bakar yang masuk dalam area pembakaran.

Area inilah motor memperoleh energi untuk bergerak.

Namun jika sistem pengapian tidak berfungsi, tentu bisa dibayangkan motor tidak memperoleh proses pembakaran dan berakibat motor tidak mampu menyala.

Adapun sistem ini sendiri terdiri dari beberapa komponen. Mulai dari CDI, busi, sepul hingga koil. Masing masing komponen tersebut harus diperiksa seksama untuk mengetahui kerusakan yang ada.

Setelah Sobat GAET OTOMOTIF mengetahui sebabnya motor matic tiba tiba mati, tentu pengguna akan lebih teliti dalam melakukan perawatan motor. Hal ini bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

Namun pencegahan perlu dilakukan agar hal buruk tidak sampai terjadi. Satu tips lagi adalah melakukan servis motor setiap 6bln sekali.

 

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.