Simak Beberapa Penyebab Aki Mobil Tekor Agar Tidak Boros Biaya Kendaraan

Penyebab Aki Mobil Tekor – Kendaraan bermotor seperti  mobil sangat bergantung pada keberadaan aki sebagai penyedia sumber listrik yang berperan vital untuk menghidupkan lampu, klakson dan fungsi penting lainnya.

Sayangnya, seringkali aki ini mengalami tekor secara tiba-tiba. Sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab aki mobil tekor dan membuat kenyamanan saat mengendarai mobil berkurang?

Sekian banyak kasus yang terjadi, biasanya tidak jarang dipicu oleh ketidaktahuan pemilik kendaraan mengenai karakteristik dari aki yang dimiliki.

Hal ini terutama sangat berkaitan dengan jenis perawatan yang bisa digunakan untuk memperpanjang usia pakai aki agar tetap stabil. Berdasarkan hal itulah, maka di sini akan dijelaskan

berbagai penyebab tekornya aki mobil, sebagai berikut

 

1. Jarang Melakukan Pemanasan Mobil 

Pemilik mobil pribadi yang jarang melakukan aktivitas bepergian menggunakan mobil barangkali sering mengalami hal ini. Mengesalkan memang, jika saat hendak bepergian menggunakan mobil yang lama tidak dipakai ternyata mengalami tekor aki.

Padahal, jika dicermati dengan seksama maka penyebab aki mobil tekor tersebut adalah karena pemanasan tidak dilakukan dalam waktu lama.

Penyebab aki mobil tekor terus
Penyebab aki mobil tekor terus

Tips untuk mengatasi hal ini adalah melakukan pemanasan mobil sesekali meski tidak dipakai.  Rutinitas yang sederhana ini jika diterapkan maka akan berdampak besar bagi kesehatan aki mobil. Terutama menghindarkan aki mobil yang dimiliki dari resiko tekor aki yang mungkin terjadi.

2. Tidak Melakukan Pengecekan Air Aki 

Baca Juga :  Simak Ulasan Cara Merawat Mobil Tua - Motuba

Kecerobohan manusia barangkali yang menjadi salah satu penyebab aki mobil tekor yang paling banyak dijumpai. Salah satu dari sikap pemilik mobil yang mengakibatkan aki tekor tersebut adalah lalai mengecek tingkat air aki.

Akibatnya, saat kendaraan menempuh jarak yang lumayan jauh dan mesin panas, aki akan mengalami tekor.

3. Hobi Aksesoris Mobil Terlewat Batas

Sumber listrik adalah fungsi utama yang didapatkan pada aki yang digunakan pada sebuah kendaraan bermotor layaknya mobil. Umumnya, aki ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti lampu dan klakson.

Namun, pada kasusnya tidak jarang pemilik kendaraan menggunakan aksesoris tambahan seperti audio, yang jika melebihi kapasitas aki menjadikan aki cepat tekor.

Memiliki hobi untuk melengkapi mobil yang digunakan dengan aksesoris tambahan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Akan tetapi, sebaiknya hal ini dilakukan dengan pertimbangan yang bijak.

Jangan sampai, alih-alih menambah aksesoris untuk membuat perjalanan nyaman, jika salah perhitungan maka aki tekor dan biaya perawatan pun tidak dapat dihindari.

4. Kapasitas Aki Lebih Kecil  daripada Kebutuhan 

Baca Juga :  Ketahui Lima Penyebab Radiator Bocor

Secara umum, aki yang digunakan pada kendaraan mobil memiliki kapasitas tertentu. Saat kapasitas aki ini lebih kecil dari yang seharusnya digunakan, maka hal tersebut akan mengakibatkan aki menjadi bekerja ekstra keras.

Bisa dibayangkan jika hal ini terjadi dalam waktu yang cukup lama dan perjalanan yang jauh, maka yang terjadi aki menjadi tekor.

5. Usia Pakai Aki Telah Melebihi Batas 

Setiap perangkat yang terdapat di dalam kendaraan bermotor, tidak terkecuali aki mobil tentu memiliki usia pakai dalam jangka waktu tertentu. Pengguna kendaraan bermotor layaknya mobil penting untuk memahami masa pakai aki yang terdapat di mobil yang dimiliki.

Jika usia aki mobil sudah mencapai 2 hingga 3 tahun, maka sebaiknya dilakukan penggantian.

Kelalaian dan kecerobohan memang seringkali menjadi alasan utama kesialan seperti aki mobil menjadi tekor dialami oleh banyak orang.

Nah, karena itu maka setelah Sobat GAET Otomotif memahami betul apa penyebab aki mobil tekor maka ada baiknya jika mulai membenahi perilaku. Memiliki hobi aksesoris memang baik tetapi akan lebih baik lagi jika dilakukan secara bijak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.