Ketahui Lima Penyebab Radiator Bocor

Penyebab Radiator Bocor — Kerusakan radiator jika tidak diketahui penyebabnya akan membuat mesin overheat dan bisa membuat kendaraan mati ditengah jalan. Hal itu bisa membuat mesin kendaraan rusak dan juga bisa membahayakan keselamatan pengendara terutama ketika berada di jalan.

Oleh karena itu kenali lima penyebab radiator bocor.

1. Radiator terbentur benda keras

Hal yang lumrah terjadi adalah radiator rusak karena terkena pukulan sebuah benda keras sehingga ketika benda keras itu membentur radiator maka radiator akan rusak.

penyebab kebocoran radiator
penyebab kebocoran radiator

Penyebab radiator bocor ini terjadi saat mengalami tabrakan sehingga posisi radiator yang ada di bumper mengalami masalah yang disebut radiator bocor.

Jika sudah seperti ini maka yang harus dilakukan pengendara adalah mengganti radiator yang rusak dengan yang baru atau melakukan service radiator.

2. Adanya Sumbatan pada Radiator

Penyebab radiator bocor yang sering terjadi adalah terjadinya sumbatan yang menghalangi jalannya aliran air pada radiator. Sementara air yang digunakan untuk menjadi pendingin di dalam radiator malah menjadi panas.

Jika ini terjadi air panas tersebut bisa menyumbat dan malah merusak radiator.

Radiator berdampingan dengan bagian lain seperti selang penyambung dan bagian mesin lainnya. Namun ketika radiator rusak secara otomatis bagian mesin yang lain akan terkena dampaknya.

Maka pastikan ketika menemukan sumbatan pada radiator hendaknya pengendara segera mengecek bagian tersebut dengan teliti. Saat dicek sambungan tengah mengalami kendala sehingga radiator sudah pasti akan mengalami kebocoran.

Jika sudah terjadi pastikan pengendara langsung mengambil alih kerusakan.

3. Tempat Pembuangan air tidak ditutup rapat

Baca Juga :  5 Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa

Tempat pembuangan air berada tepat dibawah radiator. Fungsinya pun untuk menguras pendingin dalam radiator, hal ini juga bisa memicu masalah pada radiator karena sistem pendingin yang terlalu sering dikuras.

Pada akhirnya terjadilah bongkar pasang karena tempat pembuangan yang belum tertutup rapat. Jika terjadi hal ini bisa diatasi dengan menggunakan lapisan pada baut penguras sistem pendingin radiator sehingga lebih rapat dan kencang.

Hal ini dilakukan guna memastikan bahwa ke depannya radiator tidak akan mengalami kebocoran atau kerusakan yang bisa memperparah keadaan mesin.

4. Material lain masuk ke dalam radiator

Material asing bisa menjadi penyebab radiator bocor dan membuat radiator rusak. Contohnya zat-zat lain seperti kapur, garam atau merkuri sangat tidak cocok dengan material yang ada dalam radiator. Bagi pemilik kendaraan jangan mencoba mencampur material atau cairan lain ke dalam radiator.

Hal yang sering disalahartikan adalah penambahan cairan lain bisa berbeda dengan yang ada dalam radiator sehingga sistem pendingin pun radiator terganggu. Oleh karena itu jika hendak menambahkan cairan lain untuk kegunaan material lain sebaiknya mengikuti produk air khusus radiator untuk radiator kendaraan.

5. Bagian Komponen yang sudah rusak

Baca Juga :  Terapkan 5 Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Jika kendaraan yang dimiliki sudah lama maka yang terjadi pemilik kendaraan harus mengecek ulang komponen lainnya yang mungkin saja sudah rusak atau harus diganti. Biasanya untuk kendaraan diatas lima tahun alangkah lebih baiknya pengendara mengganti radiator supaya kendaraan kembali berfungsi.

Posisi radiator yang berdekatan dengan mesin membuat banyak selang atau sambungan yang saling berhubungan sehingga lama kelamaan akan rusak karena bergesekan. Jika ditambal pun nantinya akan terbuka lagi karena material di dalam radiator mulai melemah kemudian jika dibiarkan akan rusak.

Kelima penyebab radiator bocor diatas bisa Sobat GAET OTOMOTIF dijadikan referensi untuk mengatasi kendala yang mungkin akan menimpa kendaraan beroda. Tentunya dengan menjaga, melakukan service secara rutin pada kendaraan, rawat kendaraan dan perhatikan setiap komponen dengan baik sehingga terhindar dari rusaknya radiator kendaraan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.