5 Tips Menghilangkan Bau AC Mobil Ampuh dan Anti Gagal

Kendaraan nyaman dikendarai merupakan impian semua pengendara mobil. Faktor paling penting untuk mendukung kenyamanan ketika berkendara adalah AC mobil. Kalo AC pada mobil rusak atau menimbulkan bau tak sedap, tentu sangat mengganggu. Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau AC mobil tersebut? Tentu saja ada trik khusus untuk masalah ini.

AC pada mobil memberikan kenyamanan berupa udara sejuk bagi pengendara, bila mengeluarkan bau tak sedap seperti bau apek, segeralah mengambil tindakan. Banyak hal bisa dilakukan menghilangkan bau tak sedap pada AC mobil, 5 cara berikut mungkin akan membantu. Inilah ulasannya:

1. Ganti Parfum Mobil

Cara pertama mengganti parfum pada mobil. Kualitas parfum/pewangi mobil yang rendah dapat menjadi salah satu penyebab bau apek pada AC mobil. Ganti parfum mobil secara berkala agar AC tidak mengeluarkan bau apek.

ganti parfum mobil yang tepat
segera ganti parfum mobil yang tepat

usahakan ganti dengan parfum dengan kualitas yang baik. Hindari parfum dengan kandungan alkohol yang tinggi atau parfum dengan komposisi bahan yang tidak jelas. Pilih parfum bahan serta asal-usulnya, hal ini agar wangi pada mobil tetap terjaga dengan baik.

2. Bersihkan Saluran AC

Apabila bau tetap tercium setelah mengganti parfum, selanjutnya bisa dengan membersihkan saluran AC. Hal ini perlu diperhatikan karena bakteri dan jamur seringkali menempel pada saluran-saluran AC tersebut.

Membersihkan saluran AC tidak perlu tergesa-gesa. Lakukan dengan cermat dan perlahan, usahakan menjangkau hingga ke bagian paling ujung. Lakukan hal ini secara rutin untuk memperlambat proses pertumbuhan bakteri dan jamur.

3. Bersihkan Evaporator

Evaporator kotor dapat menjadi salah satu faktor yang membuat AC mengeluarkan bau tak sedap. Apabila dibiarkan terus-menerus dalam kondisi basah atau lembab, bakteri dan jamur akan berkembang biak lebih cepat. Hal ini tentu akan membuat AC mobil mengeluarkan aroma tak sedap.

Untuk mengatasi hal tersebut, bersihkan evaporator mobil secara berkala. Khusus evaporator, cara membersihkannya akan terasa menyulitkan untuk orang awam. Untuk meminimalisir kesalahan, bawa mobil ke bengkel AC mobil terdekat.

4. Bersihkan Atau Ganti Filter Kabin

Filter kabin yang berada di dalam AC mobil berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran atau debu, sehingga membuat udara lebih bersih. Jika filter kabin ini dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan sama sekali, tentu saja akan menghasilkan bau tak sedap.

Terutama jika ditemukan bangkai hewan seperti serangga atau cicak yang menempel pada filter, tentu akan membuat tidak nyaman para pengendara. Jika sudah dalam tahap seperti ini, sebaiknya langsung ganti filter kabin tersebut.

5. Cek Refrigerant

Cek refrigerant adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau AC mobil yang membandel. Jika terjadi kebocoran pada refrigerant atau komponen AC lain pada mobil, akan menimbulkan bau yang jauh lebih tak sedap.

Cara mengatasi gantilah refrigerant yang telah mengalami kebocoran tersebut. Refrigerant memang butuh perhatian khusus dalam perawatannya, jika tidak dicek secara rutin hal tersebut hanya akan menambah masalah dan tentunya harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya penggantiannya.

Sobat GAET OTOMOTIF Jangan tunggu lama-lama jika telah mencium bau aneh dari AC mobil. Segera lakukan tips-tips di atas agar kenyamanan ketika berkendara dapat terjaga dengan baik. Setelah itu, cek dan rawat AC mobil secara berkala supaya bau apek tidak muncul Kembali.

Baca Juga :  Cari Tau Penyebab Kenapa AC Mobil Bau

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.