7 Cara Mengatasi Masalah AC Mobil Tidak Dingin Paling Efektif

Masalah AC mobil yang tidak dingin tentunya sangat mengganggu, semua itu karena kenyamanan berkendara menjadi tidak optimal karena suasana panas di dalam mobil. Belum lagi mobil digunakan berpergian jarak jauh. Masalah ini tentu segera diatasi agar kenyamanan berkendara kembali didapatkan. Yaa Sobat GAET simak cara mengatasi AC mobil tidak dingin paling efektif yang bisa dicoba:

1. Hindari Langsung Menyalakan AC

Sesaat setelah masuk mobil dan menyalakan mesin, jangan langsung menyalakan AC. Kebiasaan seperti ini dihindari karena bisa menyebabkan AC tidak bekerja secara optimal. Jauh lebih baik mesin mobil dibiarkan hidup terlebih dahulu selama beberapa saat. Jika mesin mobil sudah bekerja stabil maka AC bisa langsung dinyalakan. Langkah ini membantu membuat AC bekerja dengan baik.

2. Jangan Parkir di Tempat Panas

Masalah AC yang tidak dingin ini bisa saja terjadi karena posisi parkir mobil yang salah. Biasakan untuk parkir di tempat sejuk agar kondisi mobil tidak begitu panas.

ac mobil tidak dingin terlalu sering kena sinar matahari
ac mobil tidak dingin terlalu sering kena sinar matahari

Cara ini sangat efektif untuk membantu AC bekerja optimal dan menghasilkan udara dingin di dalam mobil. Apabila mobil parkir di tempat panas, maka udara di dalam mobil juga akan panas. Percuma saja jika menyalakan AC karena kinerja AC akan terlalu berat dan tidak bisa optimal.

3. Jaga Kebersihan Kondensor

Jika AC mobil tidak bekerja optimal, maka periksalah kondensor AC. Sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kondensor sebaik mungkin. Kotoran dan debu yang menumpuk pada kondensor bisa menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Sebaiknya kondensor dibersihkan secara rutin setiap kali mobil dicuci. Selain bisa menyebabkan AC jadi tidak dingin, tumpukan debu ini juga bisa menyebabkan kondensor berkarat dan bocor.

4. Periksa Sistem Pendingin

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah rusaknya sistem pendingin. Biasanya terjadi kebocoran pada selang atau pipa. Cara mengatasi AC mobil tidak dingin yang disebabkan oleh rusaknya sistem pendingin tentu adalah melakukan perbaikan. Biasanya kebocoran pipa sistem pendingin disebabkan oleh faktor usia dan kualitas dari pipa yang dipakai.

5. Memeriksa Kondisi Kompresor

Rusaknya kompresor juga bisa menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan udara dalam mobil. Pastikan untuk selalu memeriksa kondisi kompresor secara rutin. Apalagi jika muncul tanda-tanda kerusakan salah satunya adalah muncul bunyi dari kompresor. Jika kondisi ini terjadi maka segera lakukan perbaikan agar AC bisa kembali berfungsi normal.

6. Memasang Filter Kabin

Penggunaan filter kabin ternyata juga bisa membantu membuat AC bekerja optimal. Filter ini dipasang untuk menyaring debu agar tidak masuk ke mobil dan terhisap oleh AC.

Jika ada banyak debu yang terhisap oleh AC maka evaporator bisa jadi kotor dan menghambat proses pendinginan udara. Setelah memakai filter kabin, jangan lupa untuk diperiksa dan dibersihkan secara teratur yaa ….

7. Bersihkan Kabin

Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk membuat AC bekerja optimal adalah dengan membersihkan kabin. Lingkungan kabin bersih membantu AC untuk bekerja optimal mendinginkan udara. Jika kabin kotor dan berdebu, AC juga harus bekerja lebih berat, akhirnya tidak bisa mendinginkan udara dengan baik.

Itulah Sobat GAET OTOMOTIF tips dapat dijadikan referensi. Langkah-langkah ini bisa dilakukan sesuai dengan masalah yang menghambat AC mendinginkan udara. Pemeriksaan rutin kondisi mobil secara keseluruhan juga sangat penting untuk dilakukan demi kenyamanan berkendara.

 

Baca Juga :  Tips Membeli Mobil Baru, Buat Yang Belum Berpengalaman

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.