Inilah Penyebab Kenapa Motor Brebet

Motor merupakan kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang tuk aktivitas karena dianggap mudah dan efisien. Selain itu, cara merawat motor juga tidak ribet jika dibandingkan dengan kendaraan lain. Tetapi, ada sebagian orang yang lupa merawat motor dengan baik, sehingga saat menggunakannya terburu-buru motor menjadi brebet dan tidak tau alasan kenapa motor brebet

Untuk itu, Motor juga perlu perawatan yang rutin agar saat digunakan, tidak ada masalah yang serius. Penggunanya pun akan aman selama kesehatan dan perawatan motor dijaga dengan baik dan benar. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi agar motor tidak brebet? Sobat GAET simak ulasannya:

1. Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai

Alasan pertama kenapa Motor brebet adalah bahan bakar yang tidak sesuai dengan standar dari pabrikan. Bahan bakar merupakan salah satu item untuk menghidupkan motor.

Bila tidak ada bahan bakar, bagaimana motor bisa berjalan? Tetapi, bahan bakar juga harus digunakan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh pabrik.

Ini merupakan masalah yang serius tapi selalu dianggap remeh oleh para pengguna motor. Sebagian memilih untuk menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan berbagai alasan yang beragam.

Ada yang beralasan murah, hemat, buru-buru sehingga memakai bahan bakar apa saja yang ada dengan mengakibatkan kerusakan fungsi motor itu sendiri. 

2. Filter Udara Sudah Kotor

cek dan bersihkan filter motor
cek dan bersihkan filter motor

Saat filter udara pada motor sudah kotor, motor akan menjadi brebet bahkan bisa saja mati. Itu karena filter udara yang kotor tersebut tersumbat oleh debu dan kotoran-kotoran yang menghambat sirkulasi udara sehingga karburator tidak bisa menjangkau udara dengan optimal.

Alhasil, motor akan sering brebet dan terganggu saat digunakan.

3. Klep Pada Mesin Motor Bergeser

Pergeseran klep dari tempat seharusnya juga menjadi salah satu penyebab kenapa motor brebet. Ini merupakan hal yang wajar karena motor yang dipakai sudah cukup lama dan perlu perbaikan.

Jika sudah seperti ini, sebaiknya motor langsung saja di bawa ke bengkel untuk diperbaiki posisi klep nya lagi seperti semula sehingga motor tidak brebet saat berjalan.

4. Busi Motor Soak

Busi mulai soak karena aliran setrum yang terjadi di busi tidak bekerja secara optimal dalam pembakaran sehingga menyebabkan motor brebet.

Untuk itu, motor harus sering dicek kestabilannya. Jika busi motor sudah mulai bermasalah, sebaiknya harus segera diganti.

5. Ada Air di Dalam Tangki

Jika di dalam tangki terdapat air dan sudah bercampur dengan bensin, maka tangki harus di kuras hingga bersih dan diganti dengan bensin yang baru.

jika bensin sudah bercampur dengan air, bensin yang masuk ke ruang pembakaran hanya sedikit dan mengganggu sistem kerja motor sehingga motor berjalan dengan brebet.

Jadi sobat gaet… kalau motor sudah mulai brebet, cobalah untuk mengecek tangkinya.

6. Sensor Injeksi

Sensor injeksi berfungsi untuk mengatur keluar masuknya bahan bakar ke tangki. Jika sensor injeksi ini kotor, maka motor akan berjalan secara brebet.

bagian pada injeksi tertutup oleh kotoran atau debu yang menghambat sensor untuk membaca berapa banyak bahan bakar yang masuk ke tangki. Sehingga saat di pakai, motor menjadi brebet dan tidak stabil.

Itulah Sobat GAET Otomotif kenapa motor brebet dan terganggu saat digunakan. Semua penyebabnya bisa diatasi hanya jika motor sering dirawat dan di cek kestabilannya. Jika semua komponen-komponen yang ada pada motor baik, maka saat digunakan pun akan bekerja dengan baik.

Baca Juga :  Berkat Pasang GPS Motor, Pelaku Curanmnor Dibekuk Polsek Tigaraksa Hitungan Jam

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.