5 Bagian Komponen Motor Yang Harus Dirawat Dengan Berkala

Perawatan Rutin Komponen Pada Motor – Banyak komponen vital pada motor yang harus dirawat serta dicek secara berkala, agar kinerjanya tetap maksimal dan performa motor tetap awet serta tahan lama, karena fungsi komponen pada motor sangat penting melakukan servis dengan berkala sangat dianjurkan.

Perawatan komponen seperti aki, rem, oli dan ban jangan sampai lalai serta lambat dalam pengecekannya, misal telat ganti oli motor maka kemungkinan terburuk yang akan terjadi kerusakan pada komponen mesin yang akan merambat pada kerusakan kerusakan bagian motor lainnya. Lalu apa saja komponen atau bagian motor yang harus dirawat secara berkala? Yuk cek dibawah ini.

5 Bagian Motor Yang Perlu Diservis Secara Berkala

merawat motor matic injeksi honda beat

1. Rem

Rem merupakan salah satu bagian sangat berarti dari motor. Umumnya motor memakai salah satu tipe sistem rem, ialah tromol ataupun cakram.

Sistem rem cakram merupakan metode pengereman yang menggunakan energi jepit antara bagian yang berkeliling serta bagian bungkam. Sedangkan sistem rem tromol merupakan metode pengereman dengan menggunakan tekanan satu arah buat memunculkan gesekan.

Suatu motor umumnya memiliki 2 penampung larutan rem, satu di bagian roda depan serta satu di bagian roda belakang. Semacam mobil, kedua tempat penampung itu wajib diperiksa dengan cara teratur.

Tidak hanya itu, berarti buat lihat kanvas rem supaya tidak sangat pipih. Kanvas rem yang sangat pipih dapat mematikan kala terjadi pengereman tiba- tiba.

2. Rantai motor

Rantai motor tidak bisa sangat cepat. Senantiasa kasih jarak celah dekat 1 inci antara 2 bagian rantai supaya putaran roda tidak berat. Pemeliharaan rantai amat berarti untuk tiap motor, kuncinya merupakan kebersihan rantai. Senantiasa lumasi rantai dengan cara teratur supaya gear serta rantai sendiri tidak cepat terkikis.

3. Ban

Tekanan ban yang tidak cocok merupakan pemicu biasa motor kerap bermasalah. Ban yang tekanannya di dasar normal hendak cepat meresap panas, bila dalam situasi semacam itu serta motor kerap dipakai hingga ban dapat gampang pecah.

Pantas dicermati pula merupakan ketebalan ban. Kala ketebalan ban sudah menurun 1- 2 milimeter, hingga telah dikala ban ditukar.

4. Oli mesin

Pemakaian oli mesin yang baik melindungi motor senantiasa berperan dengan bagus. Penukaran oli serta filter dengan cara tertib dapat membuat abadi mesin motor. Melindungi kebersihan serta tingkat oli dalam mesin menghindari kehancuran mesin. Fungsi penting oli merupakan selaku pelumas supaya gesekan antara bagian mesin tidak membatasi mesin menciptakan tenaga yang menggerakkan motor.

Lakukan cek oli dengan cara teratur walaupun motor tidak dipakai buat menghindari pemejalan oli. Tidak hanya itu, senantiasa ganti filter tiap kali oli diganti.

5. Aki

Aki tidak wajib diperiksa sesering spare part yang lain, bisa jadi cuma sebulan sekali, membenarkan posisi serta situasi aki sedang berperan dengan pantas. Tingkat larutan pada ruang aki pula wajib senantiasa dicermati serta diisi bila jumlahnya menurun.

Cuma air destilasi ataupun air leluasa ion yang dapat dipakai buat memuat aki. Air keran ataupun air sumber memiliki mineral yang dapat membuat aki karatan, tidak berfungsi, serta rusak.

Nah, idealnya servis motor berapa bulan sekali sih sob? Lakukan minimal sebulan sekali disertai dengan pergantian oli secara rutin, pengecekan kamvas rem motor dan cek bagian ban apakah perlu diganti atau tidak demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.