Kebiasaan Pengemudi yang menyebabkan AC mobil Tidak Dingin

Dunia semakin maju tak luput menjadi alasan bertambahnya pengguna mobil. Begitupun kelengkapan fasilitas tersedia didalam sebuah mobil, tak terkecuali fasilitas ac. Tak sedikit pengguna mengeluh Kenapa ac mobil tidak dingin. Hal ini bisa diatasi dengan service secara rutin. Selain service pengguna mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri secara rutin agar ac mobil tetap dingin.

Berikut ini 5 solusi mengatasi ac mobil yang tidak dingin :

 

1. Jangan Menyalakan AC Mobil Bersamaan dengan Mesin

Menyalakan ac bersamaan dengan mesin hal ini merupakan kebiasaan pengguna mobil ini paling sering terjadi. Padahal menyalakan ac mobil bersamaan dengan mesin mobil memiliki dampak buruk. Selain merusak mesin, mesin ac sendiri juga dapat mengeluarkan gas beracun berbahaya bagi tubuh. Jadi pastikan menyalakan ac setelah mesin menyala secara stabil.

Buka jendela mobil sesaat ketika mesin menyala dan sebelum ac dinyalakan. Hal ini  dimaksudkan agar udara dari dalam mobil berganti dengan udara segar dari luar. Untuk saran pilih tempat parkir teduh sehingga kabin mobil tidak panas.

2. Tutup Jendela saat Berkendara dan Jangan Merokok di dalam Mobil

Asap rokok mengandung nikotin jika masuk ke ac akan mengotori evaporator. Hal ini menyebabkan evaporator berlendir dan mengeluarkan bau tak sedap. Evaporator kotor ini dapat menghambat aliran udara dari blower.

supaya ac tetap dingin jangan merokok di dalam mobil
supaya ac tetap dingin jangan merokok di dalam mobil

Di dalam evaporator ada elemen thermistor atau thermostat berfungsi membaca suhu dan temperatur kemudian dikirim ke amplifier untuk mengatur waktu cut off.

Jendela dibuka membuat debu dan kotoran masuk ke mobil mengotori mesin ac. Ini salah satu penyebab kenapa ac mobil tidak dingin. Bersihkan juga karpet dipakai terutama berada di jok depan agar debu tidak masuk ke mesin ac. Seringlah membersihkan mobil apalagi setelah digunakan untuk berpergian.

3. Bersihkan Kondensor dan Kipas Kondensor Saat Mencuci Mobil

Jangan lupa bersihkan kondensor dari debu dan kotoran menempel. Kondensor tidak dibersihkan membuat komponen mudah korosi dan mengalami kebocoran. Periksa juga pada motor extrafan, jika mati akan mempengaruhi kondensasi pada kondensor. Kondensor juga tidak bekerja secara maksimal untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi dari kompresor.

Periksa secara rutin kipas kondensor, kipas ini biasanya terletak di depan kondensor. Pastikan kipas menyala saat ac dinyalakan. Jika kipas mati saat ac menyala lama kelamaan mengakibatkan selang kompresor rusak bahkan meledak.

4. Pasang Filter Kabin

Filter kabin ini berfungsi sebagai penyaring debu dan kotoran masuk ke mobil. Sehingga debu tidak akan masuk ke mesin ac. Periksa rutin filter saat melakukan service mobil. Agar lebih bersih minta mekanik menyemprot pada bagian ini. Dan jika perlu, ganti filter sudah tidak layak pakai dengan baru.

5. Cek Freon Apakah Kurang atau Habis

Lakukan pengecekan ini setiap kali melakukan service mobile. Freon kurang atau habis merupakan penyebab utama kenapa ac mobil tidak dingin. Pastikan pula oli kompresor tidak berlebih agar ruang untuk freon tidak berkurang. Kompresor terdapat pada fan belt atau drive belt tidak bekerja juga mengakibatkan freon tidak bisa bersirkulasi.

Sobat GAET Otomotif Lakukan perawatan mobil secara rutin agar nyaman dan awet digunakan. Sehingga kenapa ac mobil tidak dingin  tidak akan menjadi alasan bagi pengguna mobil. Jika perlu buka jendela sesaat sebelum ac dinyalakan agar udara segar masuk ke mobil. Semoga solusi ini membantu.

 

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Kopling Mobil Loss, Dijamin Ampuh

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.