Cari Tau Penyebab Kenapa AC Mobil Bau

Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara dalam mobil yang mengeluarkan bau tidak sedap sangat mengganggu selama perjalanan. Kondisi AC yang seperti ini tentunya harus segera diperbaiki, tetapi sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu kenapa AC mobil bau dan apa saja penyebabnya.

Seperti diketahui, AC adalah komponen penting dalam mobil karena fungsinya untuk menyejukan udara. Namun, seiring dengan pemakaiannya semakin lama performa AC akan semakin menurun sehingga sangat berpotensi mengeluarkan bau tak sedap. Berikut ini adalah faktor – faktor yang dapat menyebabkan AC mobil bau:

1. Evaporator dalam Kondisi Kotor

Evaporator adalah salah satu komponen dalam AC mobil yang berfungsi menyerap udara panas lalu mengubah dan meniupkannya kembali menjadi udara yang lebih dingin. Ketika evaporator dalam kondisi kotor, maka kinerjanya akan semakin memburuk dan tidak bisa lagi menghembuskan angin segar. Kondisi seperti ini juga pada akhirnya memicu munculnya bau tidak sedap pada udara yang keluar dari AC mobil.

Pada umumnya, evaporator wajib dibersihkan setiap satu tahun sekali atau setiap 20 ribu kilometer sekali. Sebab, ketika evaporator kotor maka udara yang dihirup pengendara serta penumpang mobil adalah udara kotor.

2. Kandungan Alkohol dalam Parfum Mobil Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab kenapa AC mobil bau yang jarang sekali disadari pemilik mobil adalah salah dalam memilih parfum. Hampir setiap parfum mobil mengandung alkohol, tetapi alkohol dengan kadar yang terlalu tinggi justru akan menimbulkan udara yang diambil dan dikeluarkan oleh AC mobil menjadi udara yang bau.

Alkohol dengan kadar tinggi memiliki kadar asam yang cukup tinggi juga. Jadi, ketika AC mobil dipakaikan parfum beralkohol tinggi sangat berpotensi mengeluarkan udara dengan bau asam.

3. Kebocoran Sistem Sirkulasi

AC mobil yang bau bisa juga disebabkan oleh bocornya sistem sirkulasi. Biasanya, bau yang dikeluarkan oleh AC mobil mirip seperti bau gosong atau aroma freon.

Untuk mencegah terjadinya kebocoran, maka sistem sirkulasi harus dirawat dan dibersihkan secara berkala. Sistem sirkulasi yang bekerja baik dapat menukar udara dari dalam mobil dengan udara luar yang telah disaring dan disalurkan melalui AC mobil. Dengan begitu, udara yang keluar dari AC mobil akan terasa lebih segar.

4. AC Mobil Kekurangan Freon

Penyebab lainnya dari AC mobil yang bau adalah kurangnya freon. Sama seperti sistem pada AC rumah, AC mobil juga akan menghembuskan udara dengan bau tidak sedap ketika kekurangan freon. Untuk diketahui, freon merupakan gas yang sangat mudah menguap sekalipun dalam temperatur dingin.

salah satunya adanya kebocoran pada freon
salah satunya adanya kebocoran atau kurangnya freon

 

Baca Juga :  Ternyata Ini Penyebab Kopling Mobil Tidak Berfungsi

Gas ini sangat berperan menyegarkan udara yang melewati ventilasi AC mobil sehingga ketika freon habis, udara yang keluar tidak lagi terasa segar bahkan bisa menjadi bau. Freon yang habis dapat diisi kembali di bengkel khusus AC mobil. Saat mengisinya, pastikan tidak ada kebocoran dalam saluran AC sehingga freon tidak cepat habis.

5. Filter AC Mobil Lama Tak Dibersihkan

Filter AC adalah pembersih udara yang berperan menyaring udara kotor agar tidak terhirup oleh pengendara dan penumpang mobil selama di perjalanan. Namun, ketika filter AC kotor maka udara yang disaring menjadi tidak maksimal dan udara yang dikeluarkan sangat berpotensi menjadi bau karena terkontaminasi oleh kotoran dan bakteri.

Filter AC mobil yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran semakin menumpuk dan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau. Oleh karena itu, filter AC mobil sebaiknya sering dibersihkan secara berkala paling tidak setiap bulan.

Demikian SObat GAET Otomotif 5 faktor yang dapat menjawa bau ac mobil. AC yang menghembuskan udara tidak segar tentunya sangat mengganggu. Maka, selalu perhatikan kondisi AC mobil supaya tetap nyaman selama perjalanan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.