Berikut Ini adalah Kelebihan Lampu LED Motor dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor Dewasa ini sudah banyak kendaraan bermotor yang menggunakan lampu LED untuk sistem,

penerangannya. Lampu LED merukan jenis lampu yang digunakan sebagai alternatif pengganti lampu bawaan pada penerangan dimotor.

Selain dari desain yang tipis membuat kendaraan lebih modis, lampu Lampu LED dikenal dengan penggunaanya yang irit dan tahan lama.

Dengan demikian kinerja kelistrikan menjadi ringan yang nantinya akan berimbas pada kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar jauh lebih baik.

Namun dibalik itu penggunaan lampu LED pada kendaraan juga memiliki kelebihan dan kekurannya yang akan dibahas pada artikel ini.

kelebihan lampu led motor

Sinar Lebih Terang

LED memiliki keunggulan pancaran sinarnya yang sudah dikenal sangat terang lebih terang dari lampu bohlam biasa yang dipasangkan pada kendaraan.

Jarak sorotannya juga lebih lebar dan lebih jauh daripada lampu biasa.

Hal ini karena lampu LED sendiri sudah menggunkaan sistem arus direct curent yang mengakibatkan pancaran sinar lebih terang dan lebih stabil.

Namun ada juga kekurangannya dari sinar lebih terang ini, apabila kendaraan melintasi jalan yang intensitas penerangannya kurang hal ini bisa,

menimbulkan efek silau pada kendaraan yang berlawanan arah. Tentunya ini akan menimbulkan bahaya bahkan kecelakaan lalulintas.

Artikel Terkait :  Jadi Kapan Waktu Ganti Oli Gardan Motor Matic ?

Penggunaan sistem penerangan sendiri sudah ada hukum yang mengatur bahwa penegndara tidak diperbolehkan menggunakan penerangan yang menyilaukan.

Sanksi dari pelanggaran aturan tersebut adalah denda minimal sebesar Rp.500.000 atau kurungan penjara selama 2 bulan.

kekurangan lampu led motor

Umur Lampu Lebih Awet

Pemakaian daya yang tergolong kecil, menjadikan lampu ini pemakaiannya lebih tahan lama dan lebih awet.

Berbeda dengan lampu biasa yang semakin terang sinar semakin besar pula daya wattnya.

Dengan watt yang lebih kecil crankhaft pada mesin juga tidak terbebani. Tapi harus diperhatikan juga arus yang dimiliki motor tersebut.

Lampu LED akan awet umurnya apabila digunakan di motor yang memiliki arus DC.

Lampu LED apabila terpasnag di kendaraan yang berarus AC pancaran sinar yang dikeluarkan tidak stabil hal ini karena lampu tersebut mengikuti putaran mesin.

Perawatan Lebih Mudah

Perawatan lampu LED terbilang lebih mudah dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. jika dirawat dengan baik dan pada saat service ini diperhatiakan umur lampu led akan lebih lama.

Sebenarnya perawatan lampu led tidak memiliki cara yang khusus hanya perlu diperhatikan saja untuk lensa dan kacanya jangan sampai tergores atau retak.

Artikel Terkait :  Daftar Harga Cdi Racing Rextor Terbaru 2020

Apabila lampu rusak atau pecah maka harus diganti keseluruhan yang tentunya harganya tidak murah.

Harga Terbilang Mahal 

Jika anda tertarik dengan lampu LED ini, ada harus siap-siap merogoh kocek yang cukup dalam karena harga lampu LED terbilang lebih mahal,

dibandingkan lampu bohlam biasa. Apalagi jika lampu ini mengalami pecah atau kerusakan maka harus diganti secara keseluruhan dan tidak bisabongkar pasang.

Meskipun mahal diawal Saat pertama pemasangan, kedepannya akan menghemat biaya pemakaian dan perawatan motor.

pemasangan lampu LED juga perlu diperhatikan karena teknisi tidak boleh asal bongkar pasang karena akan megakibatkan rusaknya lampu.

Apabila ingin mengganti lampu LED disarankan ketempat bengkel yang terpercaya dapat menangani atau mengerti kelistrikan yang baik.

Tidak Dapat Tembus Kabut dan Hujan

Kekurangan dari lampu LED ini adalah pancaran sinarnya tidak dapat menembus kabut. Mengapa demikian, karena walupun jarak pancaranya,

terbilang jauh lampu ini mengeluarkan pancaran sinar yang warnanya sama seperti kabut, yaitu warna putih. Selain itu lampu ini juga akan,

terganggu pancaran sinarnya saat grimis maupun hujan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami