Apa Saja Part yang Rusak, Akibat Mobil Terendam Banjir

Setidaknya ada empat sektor pada kendaraan yang berpotensi mengalami gangguan, bahkan hingga mengalami kerusakan parah akibat banjir. Berikut lebih lengkapnya.

Kelistrikan
Ini menjadi cukup vital dan terbilang rentan dengan air. Potensi korsleting listrik akan sangat besar.
Karena itu, selalu rekomendasinya untuk sesegera mungkin mencabut sisi negatif aki saat mobil mulai terendam banjir, tujuannya agar tidak ada lagi arus listrik yang mengalir.

“Komponen kelistrikan yang akan berdampak seperti ECU atau relay-relay, dan berpotensi arus pendek,” ujar Indra Setiawan, Public Relation Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada kumparan.
Tentu saja bila sektor kelistrikan tidak segera dikeringkan dan diperbaiki bila rusak, akan membuat mobil tidak bisa menyala karena tidak ada arus listrik yang mengalir.

Artikel Terkait :  Cara Bore Up Mio Soul 150 CC Untuk Road Race FFA

Mesin
Kerusakan parah juga bisa mengancam bagian ini, apalagi bila mobil langsung dinyalakan saat kondisi habis terendam banjir. 
Khawatirnya ada air di dalam lubang saluran udara, sehingga membuat air tersebut masuk terisap ke mesin. Air yang masuk tersebut, akan bercampur dengan oli dan membuat pembakaran kompresi tidak bisa dilakukan.

Potensi kerusakan komponennya sendiri, yaitu blok mesin, packing head, dan beberapa lain-lain. “Efeknya bisa menjadikan mobil tidak hidup atau mesin hesitation,” jelas Indra.

Interior
Selanjutnya sektor interior. Komponen yang pasti mengalami kerusakan mulai dari karpet dasar, jok, door trim, dashboard, bahkan plafon akan menjadi basah dan lembab, bila air merendam penuh kabin.
Kondisi itu akan menimbulkan bau tidak sedap serta berjamur. Bila tak memperbaiki atau membersihkan dengan benar, bisa membuat penghuninya tak nyaman.

Artikel Terkait :  Motor Ngerem Mendadak, Gunakan Rem Depan atau Belakang?

Eksterior
Kerusakannya sendiri biasanya terjadi hanya sebatas baret, atau penyok kecil pada panel bodi saja. Meski begitu bukan tidak mungkin kerusakan pada sektor eksterior ini akan semakin parah, apabila ketinggian banjirnya terus meningkat dan arusnya semakin deras.
Bagi konsumen yang ingin mengetahui kerusakan apa saja yang dialami pasca terendam banjir, Indra pun menyarankan untuk segera mendiagnosa mobil terlebih dahulu di bengkel resmi. [source: kumparan.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami