Cara Yang Benar Ketika Memanaskan Kendaraan Sebelum Aktifitas

Bagaimanakah Cara Yang Benar Saat Manasin Mobil Ketika Ingin Dikendaraai

Bagi pemilik dan pengguna kendaraan memanaskan kendaraannya sebelum memulai aktifitas merupakan hal yang mutlak di lakukan, sebenarnya untuk memanaskan kendaraan ini tidak perlu waktu yang lama hanya butuh kurang lebih 2-5 menit. 

Tanpa kita sadari hal ini sama saja kita membantu mempercepat oli mesin naik ke atas untuk proses pelumasan pada piston kendaraan. Meskipin terlihat sepele, memanaskan mesin kendaraan ini butuh tips atau cara yang benar untuk di lakukan agar tidak mempengaruhi mesin kendaraanya terutama sangat berpengaruh dimana tarikan kendaraan menjadi lebih enak.

Sebaliknya sembarangan memanaskan mesin, akan mengakibatkan tarikan kendaraan baik kendaraan mobil ataupun sepeda motor justru akan berakibat kasar. Untuk memanaskan kendaraan yang benar berikut ini tips yang berhasil dihimpun oleh Liputan6com:

Sebenarnya Mobil Perlu Dipanasi Setiap Hari Atau Tidak? - Fastnlow.net

Sewaktu Menghidupkan Mesin

Bagi para pengendara sepeda motor, untuk menghidupkan mesin butuh sedikit perlakuan berbeda dibandingkan dengan mobil. Sebelum memutar kunci kontak ke posisi on, anda sebaiknya menyela dulu 2-3 kali dengan menggunakan kick starter saat kontak dalam posisi off.

Artikel Terkait :  Cara Bikin Rem Tromol Pakem Dengan Mudah

Hal ini bertujuan untuk memompa oli ke bagian silinder head yang berguna melumasi komponen tersebut setelah kendaraan tak digunakan selama semalaman.

Dalam kurun waktu tersebut, oli turun ke bak penampungan dan hanya tersisa sangat sedikit di beberapa komponen, sehingga harus dipompa secara manual terlebih dahulu sebelum sepeda motor dinyalakan.

Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja tanpa beban untuk sementara waktu sebelum kendaraan dijalankan.

Jangan Menggeber-geber Mesin

Tips lainnya, selama proses pemanasan, pelumas akan mengalir ke seluruh bagian mesin. Jika mesin digeber-geber sebelum suhunya panas, hal tersebut akan membebani kinerja mesin.

Artikel Terkait :  8 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengemudi di Jalan Tol

Pasalnya, pelumas belum menyebar ke seluruh bagian, dan beberapa komponen yang saling bergesekan akan mengalami keausan. Apabila anda kerap menggeber-geber mesin sebelum suhunya panas, akan berdampak pada usia pakai mesin yang menjadi lebih pendek dan mudah rusak.

Jalankan Mesin Secara Perlahan

Agar komponen dalam mesin tetap awet, tips berikutnya adalah jalankan kendaraan secara perlahan-lahan untuk beberapa saat dan jangan langsung melakukan akselerasi secara spontan.

Apabila anda langsung memacu kendaraan dengan putaran tinggi sesaat setelah dipanaskan sebenarnya tidak memberi efek buruk pada mesin. Namun akibatnya, tarikan mesin menjadi sedikit lambat saat ingin dipacu dalam kecepatan tinggi.

itulah Tips Cara Yang BENAR ketika Anda ingin memanaskan kendaraan yang mau dipakai ataupun hanya sekedar untuk manasin mesin saja… jika tahapa itu tidak dilakukan, tinggal tunggu waktunya saja anda dibikin repot sendiri oleh mesin kendaraan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami