Begini 5 Cara Setting Audio Mobil Standar Secara Autodidak

GAET Otomotif – Audio mobil merupakan salah satu fasilitas yang ada di dalam mobil standar yang paling sering digunakan. Keberadaan audio mobil menjadi penting bagi para pengendara mobil terutama ketika merasa bosan dan mengantuk. Walaupun tidak sedikit jasa setting audio yang tersedia, namun sebenarnya cara setting audio mobil standar dapat dilakukan secara otodidak.

Mengatur audio mobil bertujuan untuk menghasilkan suara yang sesuai dengan keinginan. Pada umumnya, sistem audio mobil standar hanya terdiri dari head unit (HU) dan speaker full range. Lebih lengkapnya, Haii Sobat GAET simak yaa cara setting audio mobil standar secara otodidak:

1. Mengubah Audio ke Posisi 0

pertama adalah dengan mengubah semua pengaturan audio yang tersedia ke posisi 0. Cara ini dilakukan dengan masuk ke menu setting audio pada bagian head unit. Head unit (HU) merupakan bagian terpenting dalam tutorial ini. karena HU dapat diartikan sebagai otak dari perangkat hiburan.

Jika sudah masuk ke dalam head unit, ubah semua pengaturan menjadi posisi yang sama, yaitu angka 0. Semua pengaturan itu dimulai dari Balance, Fader, Bass, Treble, sampai pada Mid. Namun, yang harus diperhatikan dalam melakukan setting ini adalah semua kaca dalam mobil harus dalam keadaan tertutup.

2. Mengatur Volume Sesuai Keinginan

setting audio mobil sendiri

Setelah mengubah posisi semua pengaturan menjadi posisi 0, hal yang harus dilakukan selanjutnya berkaitan dengan volume. Atur besar kecilnya volume sesuai dengan keinginan dan kenyamanan bagi para pengendara terutama dalam mendengarkan musik.

Dalam mobil standar, nantinya suara dari speaker sebelah kanan lebih kuat dan lebih terdengar daripada speaker sebelah kiri.

3. Melakukan Pengaturan Balance

Jika volume sudah diatur sesuai keinginan, maka langkah berikutnya adalah mengatur balance. Tujuan dari pengaturan balance ini adalah mendapatkan keseimbangan suara. Pengaturan balance dilakukan dengan semaksimal mungkin sampai suara yang terdengar memang sama rata. Dalam hal ini, suara yang keluar dari keempat speaker seimbang antara bagian depan dan belakang.

Jika sudah seimbang, maka suara vokal (misalnya suara penyanyi) yang keluar dari speaker akan terdengar dari bagian tengah depan. Sedangkan jika audio mobil sudah menggunakan versi tweeter yang ada di pilar A, maka suara vokal juga akan terdengar dari arah depan para pengendara.

4. Mengatur Fader

Langkah keempat untuk setting audio mobil standar secara otodidak adalah mengatur bagian Fader yang ada di head unit. Pengaturan Fader berkaitan erat dengan jenis speaker yang dipasang dalam mobil. Mengatur Fader berarti mengatur keluaran suara yang berada di antara bagian depan dan bagian belakang.

Speaker yang digunakan berbentuk oval akan menghasilkan suara yang lebih rendah dibandingkan dengan speaker berbentuk bulat. Hal ini dikarenakan jika kondisi Fader adalah posisi 0, maka suara yang terdengar dari arah belakang.

Untuk mendapatkan suara keluaran yang sama, maka kurangi besaran suara dari depan hingga setara dengan suara dari belakang.

5. Melakukan setting Bass dan Treble

Hal terakhir yang harus dilakukan dalam melakukan setting audio mobil adalah mengatur antara suara yang rendah (bass) dan suara yang tinggi (treble). Namun, beberapa head unit juga menyediakan menu pengaturan suara yang sedang (middle). Walaupun dapat diatur sesuai selera, namun lebih baik jika treble terlebih dahulu lalu middle dan bass.

Cara setting audio mobil standar dapat dilakukan secara otodidak dan tanpa perlu bantuan dari para ahli. Lima langkah di atas dapat dipraktekkan sendiri dengan mudah pada mobil kesayangan masing-masing. Jika suara yang keluar sudah seimbang dan sesuai dengan selera, maka perjalanan dapat dijalani secara nyaman dan akan jauh lebih menyenangkan.

 

Baca Juga :  Ternyata Ini Penyebab Kopling Mobil Tidak Berfungsi

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.