5 Penyebab Kopling Mobil Keras yang Sering Ditemui | GAET.co.id

5 Penyebab Kopling Mobil Keras yang Sering Ditemui

Kopling adalah hal terpenting pada sebuah kendaraan, termasuk pada mobil. Kopling mobil terletak antara mesin dan sistem transmisi fungsinya untuk menghubungkan dan memutus daya dari rotasi mesin menuju transmisi.

Namun, ada kalanya kopling pada mobil akan menjadi keras dengan berbagai penyebab didalamnya. Berikut Sobat GAET beberapa penyebab kopling mobil keras wajib diketahui :

1. Kabel Pada Kopling Kering

pertama terjadi pada pada komponen kabel kopling sendiri. Kabel kering dapat membuat pedal akan sulit diinjak. Hal ini terjadi pada mobil dengan transmisi manual.

Biasanya pada mobil otomatis, kopling akan digerakkan melalui tenaga hidrolik, sehingga cenderung lebih terjaga pelumasannya.

Untuk mengatasinya, lakukan melumasi kabel secara rutin dengan memakai oli atau serbuk pelumas khusus.

Sambil melumasi, bisa juga menyetel ulang pada kabel dengan mencari posisi pas dengan kaki. Sehingga, kabel pun akan terasa fleksibel dan tidak akan bergesekan dengan pembungkusnya.

2. Kampas Kopling Makin Menipis

Lalu kedua penyebab kopling mobil keras adalah disebabkan pada kampas kopling. Kampas semakin menipis akan membuat pedal menjadi keras saat diinjak. Kampas ini adalah penyebab paling sering ditemukan pada kerasnya kopling.

cek bagian kampas kopling makin menipis
cek bagian kampas kopling makin menipis

Jika dibiarkan, pasti akan ada masalah lebih serius dan bisa jadi kemungkinan meluas pada komponen mesin lainnya.

Untuk pencegahan, bisa dengan mengganti kampas kopling tipis tersebut dengan baru. Sebelum mengganti kampas, pastikan juga menggunakan kampas sesuai dengan tipe mobil.

Kalo gak sesuai pastinya ada timbul masalah lain tidak diinginkan.

3. Komponen Cover Clutch Kadaluarsa

Kemudian ketiga, penyebab kopling mobil keras adalah pada bagian cover clutch. Cover clutch atau disebut dengan matahari kopling ini membuat pedal kopling keras jika sudah kadaluarsa.

Pasalnya cover clutch kadaluarsa dapat menurunkan daya tekannya. Dengan daya tekan semakin melemah membuat komponen pada pressure plate tidak bekerja dengan maksimal.

transmisi akan lebih sulit dilakukan.

Solusinya adalah dengan mengganti cover clutch sudah kadaluarsa dengan baru. Agar pemasangannya tepat, sebaiknya bawa mobil ke bengkel agar bisa ditangani oleh mekanik berpengalaman.

4. Kerusakan Release Bearing

Selain dari mengganti cover clutch, penyebab kopling mobil keras keempat adalah terletak pada Release bearing.

Release bearing berfungsi untuk mendorong pegas diafragma ada pada bagian cover clutch. Kerusakan release bearing membuat pedal kopling mobil keras atau bisa jadi bergetar saat diinjak.

Jika rusak, release bearing tidak akan bisa diperbaiki lagi artinya, harus mengganti spare part baru donk

5. Kebiasaan pada Mengemudi Buruk

terakhir disebabkan oleh kebiasaan pengemudi, dimana kebiasaan saat mengemudi tanpa disadari ternyata dapat merusak komponen kopling pada mobil.

Contoh menginjak dan melepas kopling dengan cepat. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan perpindahan transmisi tidak sempurna.

Menginjak dan melepas pedal kopling harus dilakukan secara perlahan. Karena, pedal kopling mobil keras saat diinjak akan membuat kegiatan mengemudi terganggu.

Sobat GAET OTOMOTIF Selalu perhatikan keadaan kendaraan sebelum memakainya. Karena, dengan adanya sedikit kendala mengganggu kenyamanan dalam berkendara. hal hal tidak enak saat dipakai berkendara cepatlah periksa dan bisa ditangani segera.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.