Gampang Gini Cara Perawatan Motor 4 Silinder
Cara Perawatan Motor 4 Silinder – Perkembangan teknologi motor seakan memang tak ada habisnya guna memuaskan hasrat pecinta kendaraan roda dua.
Motor bermesin 250 cc dengan konfigurasi 4-silinder ini cukup menggemparkan dunia dan banyak ditunggu para penggemarnya.
Dunia otomotif yang kian melesat jauh ke depan menciptakan banyak produk yang begitu menarik, terutama dalam kategori motor besar,
Karena hampir setiap jalanan yang ada di tanah air, sekarang ini di penuhi akan motor besar, terutama motor 4 silinder terbaru dari berbagai
merek, mulai dari yamaha, suzuki, honda dan kawasaki. Ke empat merek yang kami sebut tadi, bisa di bilang begitu mendominasi pasar moge atau yang sering di sebut sebagai big bike.
Sehingga menjadi salah satu moda transportasi yang dinilai bisa mewakili gaya hidup anda, sekaligus mempermudah perjalanan di kota besar yang padat kendaraan adalah motor sport Saat ini,
Motor jenis tersebut sukses merebut hati para pecinta otomotif di kota-kota besar di indonesia
Saat ini motor-motor 4 silinder yang banyak beredar di Indonesia adalah motor 4 silinder dengan firing order 180 derajat.
Motor-motor suaranya merdu, padat, rapat, dan bulat. Kalau enggak idle pastilah motor bakalan suaranya merdu dan bulat (selama busi masih firing ya).
Tentunya, jika anda memiliki sepeda motor dengan kualitas performa mesin terbaik menjadi impian para pecinta motor.
Cara Perawatan Motor 4 Silinder
Merawat sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin di atas 250 cc memang berbeda dari motor yang lain pada umumnya.
Perawatannya memang ekstra, bukan hanya perhatian, namun dana yang harus disiapkan juga lebih besar.
Bagi anda yang memang terlanjur jatuh cinta, sebaiknya Anda juga tahu cara perawatannya. Perawatan yang benar tak hanya akan, menjadikannya awet good looking,
tapi mesinnya pun tetap dalam kondisi prima agar tetap nyaman saat dikendarai.
-
Hidupkan motor setiap hari
Tips ini berlaku bagi Anda yang jarang menggunakan motor sport-nya atau menggunakannya hanya pada saat weekend.
Setiap hari, sempatkanlah waktu untuk menghidupkan mesin motor Anda paling tidak selama 15 menit.
Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa motor sport Anda tetap berfungsi seperti seharusnya.
Panaskan kendaraan jangan terlalu lama, sekitar satu sampai tiga menit saja. Meski moge memiliki sistem radiator, namun ada baiknya memanaskan
sambil berkendara agar mesin mendapatkan angin sehingga tidak kepanasan. Tidak perlu jalan jauh, cukup mengelilingi komplek atau di sekitar tempat tinggal
2. Cek selang dan pompa bahan bakar secara berkala
Jika motor Anda sudah melaju sejauh 2.000 kilometer, maka disarankan untuk memeriksa selang bahan bakar. Selang yang kotor akan
mempengaruhi kinerja injection memasukkan bahan bakar ke mesin motor. Selain selang bahan bakar, pompa bahan bakar pun harus rutin dicek.
Caranya, hidupkan motor dan dengarkan .
suara dari tangki bahan bakar secara seksama. Jika timbul suara berdesing, maka Anda diminta untuk segera menguras tangki bahan bakar di
bengkel resmi terdekat
3. Cek oli mesin
Oli merupakan bahan vital, karena berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin agar tetap bersih. Jika Anda memakai kendaraan Anda setiap hari,
Maka disarankan untuk mengganti oli setiap sebulan sekali. Namun jika Anda jarang menggunakannya, ganti oli cukup dilakukan dua bulan sekali.
Mengganti oli harus sesuai dengan jadwal perawatan, atau paling mentok setiap 2.500 kilometer. Namun di saat kondisi seperti ini pasti banyak
moge yang hanya terparkir di garasi karena jarang digunakan. Jika sudah begini, pemilik kendaraan wajib mengganti oli setiap empat bulan atau
enam bulan sekali, meskipun odometer belum mencapai batas anjuran servis
4. Gunakan bahan bakar berkualitas
Motor sport merupakan salah satu produk spesial dengan kualitas yang spesial pula. Berbeda dengan motor kebanyakan, motor sport terdiri dari
komponen-komponen berkualitas tinggi, sehingga Anda pun disarankan untuk memakai bahan bakar yang setara dengannya. Jenis Pertamax sangat direkomendasikan.
Saat ini, ada pabrikan yang menyediakan motor sport dengan kecanggihan teknologi. Sebaiknya pilih yang telah dilengkapi dengan Variable Valve
Actuation (VVA), karena membuat tenaga mesin motor sport semakin besar tetapi irit bahan bakar.
5. Servis secara berkala
Apabila kendaraan anda telah melakukan perjalanan sejauh 3.000 kilometer, Anda disarankan untuk servis di bengkel resmi terdekat.
Servis berkala bertujuan untuk merawat komponen-komponen motor, sekaligus mengganti komponen yang rusak, jika ada.
Sinkronisasi Karburator Atau Throttle Body
Untuk teman-teman sekalian, banyak sekali yang tidak mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan yang benar khusus
Motor moge, atau motor 4 silinder? Nah, tentunya selain service membersihkan injektor atau kerburator, hal lain yang lumayan penting untuk
dilakukan adalah melakukan sinkronisasi Throttle body atau kerburator.
Throttle Body (TB) merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang bakar. TB yang kotor membuat
tarikan mesin sedikit lebih berat, karena banyak dihinggapi kotoran sehingga mengganggu bacaan sensor dan lainnya.
Salah satu indikasi ketika Throttle Body juga perlu dibersihkan adalah ketika motor injeksi tidak langsam.
Atau throttle body sebagai mengatur jumlah udara yang masuk sewaktu pengandara mengoperasikan Throttle Body selain itu juga memiliki berbagai
posisi unit diletakkannya, terdapat sensor suhu udara, sensor tekanan udara dan sensor bukan gas. Namun, juga tidak semua sensor tersebut
terdapatdi setiap pada kendaraan motor injeksi.
Jika throttle body ini kotor, tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin kendaraaan itu sendiri dan menyebabkan motor tidak langsam.
Yang maksud motor tidak langsam adalah putaran mesin terendah yang diperbolehkan ketika tidak membuka gas.
Kotoran yang menempel pada injektor dan katup kupu-kupu throttle body biasanya berupa tumpukan sisa karbo sisa pembakaran.
Kerak membuat kerja katup kupu-kupu tidak dapat tertutup sempurna, yang masuk keruangan bakar tidak terkontrol makanya tidak langsam.
Nah lalu, bagaimana cara melakukan perawaataan yaang benar agar motor anda tetap prima saat di kendarai ?
Merawatnya dengan cara membuka saluran udara idle pada lubang Air Screw yang masuk ke dalam mesin. Dikarenakan pada lubang tersebut sering
terdapat kotoran. Dan itupun hanya dilakukan sebelum membongkarnya, perhatikan terlebih dulu komponen sensor yang berada di sekitar TB.
Yang dikhawatirkan sensor elektronik akan error atau bermasalah kalau dibongkar semua.
Untuk pembersihan Throttle Body ini biasanya dilakukan setiap interval 24 ribu km. Disarankan setelah dilakukan pembersihan atau setelah
dibongkar, lakukan reset sensor di bengkel resmi untuk menghindari agar sensor mengalami masalah lakukan kalau terjadi stasioner mesin yang
tidak langsam.
Selain itu, anda juga bisa dengan mudah untuk membersihkan TB carnya dengan menggunakan Injector Cleaner atau Carbon Cleaner secara rutin
setiap 3.000 km. Cairan tersebut berfungsi membersihkan tumpukan karbon di mesin dan jalur bahan bakar.
cara pemakaiannya cukup mudah dituang saja ke dalam tangki bensin. Agar Lebih memudahkan anda ketimbang harus bongkar-bongkar.
Sinkronisasi TB atau Karbu itu sangatlah penting dari bersih-bersih TB atau karbu itu sendiri. Tentunya, agar dapat lebih optimal kalau anda juga
ganti atau bersihin filter udara, dan juga ganti busi sehingga kendaraaan anda tetap optimal.