5 Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Kaca Mobil Yang Tidak Bisa Naik – Setiap kendaraan memiliki masalahnya tersendiri. Contohnya adalah mobil. Pemilik mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai masalah yang ada pada mobil. Salah satu yang paling sering terjadi adalah kaca mobil yang tidak bisa naik. Sebelum membawa mobil ke bengkel, pastikan untuk mencoba terlebih dahulu berbagai cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dengan mudah.

Memiliki mobil berarti pemiliknya harus siap meluangkan waktu ekstra untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraan. Jika pemilik mobil tidak bisa meluangkan waktu untuk cek kondisi kendaraan secara rutin, berbagai masalah bisa terjadi pada mobil yang salah satunya adalah kaca mobil tidak berfungsi.

Untuk mengatasinya, simak berbagai cara yang bisa dilakukan di rumah berikut ini.

1. Membersihkan Debu Pada Karet

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cara  adalah dengan membersihkan debu pada karet jendela dengan kain. Apabila debu pada karet jendela jarang dibersihkan oleh pemilik mobil, maka debu akan menumpuk.

Debu yang menumpuk ini akan menghambat kaca mobil atau power window naik.

Jika kaca berhasil bergerak naik setelah debu dibersihkan dengan kain, itu berarti penyebab kaca mobil yang macet ini akibat pemilik mobil yang jarang membersihkan debu pada karet jendela. Namun, jika kaca masih tidak bisa naik setelah debu dibersihkan, pemilik mobil bisa beralih pada cara kedua.

2. Menyemprotkan Silicon Spray

Jika kaca mobil tetap tidak bisa naik setelah debu dibersihkan dengan kain, itu artinya perlu dilakukan pembersihan yang lebih mendalam. Pembersihan yang lebih mendalam ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan silicon spray pada area run door glass.

Selain dapat mengatasi kaca mobil yang tidak bisa naik, menyemprotkan silicon spray pada karet jendela juga akan membuat karet jendela awet dan tahan lama.

3. Melumuri Dengan Shampoo

Jika penyebab kaca mobil yang tidak bisa naik ada pada reel kaca, maka menggunakan shampoo bisa menjadi salah satu cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dengan mudah. Sebelum melakukan cara satu ini, turunkan kaca mobil hingga maksimal dan ikuti tahap-tahapnya.

Langkah pertama, siapkan shampoo, air mineral dalam botol, dan sikat gigi bekas, dan lap. Kemudian, campurkan dan larutkan shampoo ke dalam air mineral dalam botol. Selanjutnya, sambungkan bagian tutup botolnya dengan selang. Lumuri reel kaca dengan air shampoo tersebut dan sikat menggunakan sikat gigi bekas. Setelah itu, lap hingga kering.

4. Menggunakan Cairan Semir Ban

Selanjutnya, cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik adalah dengan menggunakan cairan semir ban. Sifat licin pada cairan semir ban akan melicinkan bagian kaca mobil sehingga dapat kembali naik. Caranya pun cukup mudah untuk dilakukan di rumah yakni hanya menyemprotkannya ke bagian reel kaca mobil.

5. Menggunakan Minyak Goreng

Bagi yang tidak memiliki silicon spray, cairan semir ban, ataupun shampoo, minyak goreng bisa menjadi solusinya. Minyak goreng adalah bahan yang bisa ditemui dengan mudah di rumah atau di warung terdekat.

Cara mengatasi kaca mobil yang tidak bisa naik dengan minyak goreng adalah dengan menusuk kemasan minyak goreng pada bagian ujung menggunakan jarum. Selanjutnya, lumasi bagian reel dan karet kaca mobil dengan minyak goreng.

Demikian sibat gaet otomotif – 5 cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dengan mudah. Cara-cara tersebut sangat sederhana dan bisa dicoba di rumah. Meski banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah mobil yang satu ini, akan lebih baik apabila pemilik mobil mencegahnya sebelum terjadi. Salah satu caranya adalah dengan selalu memperhatikan kebersihan dan kondisi mobil.

Baca Juga :  9 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Yang Sering Muncul

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.