5 Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa – Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan. Kesehatan ban bisa mempengaruhi kinerja mobil atau motor. Sekarang ada dua jenis ban yang banyak diketahui, yaitu ban tubeless dan juga ban biasa (Tube type). Penggunaan keduanya masih banyak atau cukup sering digunakan oleh pengguna kendaraan bermotor. Berikut ini akan membahas mengenai perbedaan ban tubeless dengan ban biasa.

Kedua jenis ban ini sudah banyak digunakan oleh pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. Hampir di setiap bengkel ,menyediakan jasa pemasangan atau penggantian dua jenis ban ini. Ban tubeless dan ban biasa juga sangat mudah ditemukan di pasaran. Namun apakah sudah cukup tau dan paham apa saja perbedaan dari kedua ban ini,

berikut lima perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa

1. Harga

Mungkin perbedaan ban tubeless dan ban biasa (Tube Type) yang pertama dan cukup terasa adalah perbedaan harga. Ban kendaraan biasa memiliki harga yang lebih terjangkau dari pada ban tubeless. Harga satu ban biasa bisa berkisar di angka puluhan hingga ratusan ribu,

tapi untuk ban tubeless harga nya bisa lebih dari itu…

2. Bahan Ban

Perbedaan ban tubeless dengan ban biasa selanjut nya adalah bahan ban itu sendiri. Meski kedua ban ini memiliki bahan dasar utama yang sama yaitu karet sintetis. Namun ban tubeless memiliki kelebihan dengan ada nya lapisan fliud sealant yang ada dilapisan dalam ban.

Dengan lapisan ini ban tubless lebih unggul dalam mencegah ban bocor atau kerusakan lain nya.

3. Sifat Dari Ban

Sifat dari ban tubeless dan ban biasa atau tube type memiliki keunggulan pada keadaan-keadaan tertentu. Untuk perjalanan jarak jauh, penggunaan ban tubeless akan lebih baik kerena sifat ban yang kuat dan keras.

Sedangkan ban biasa atau tube type dapat di gunakan untuk keperluan berkendara sehari-hari, karena sifat ban yang berbentuk persegi akan memudahkan perjalanan dengan kecepatan rendah. Atau penggunaan jarak dekat sahri-hari.

4. Kekuatan Atau Daya Tahan Ban

Dalam hal daya tahan, ban tubeless sedikit lebih unggul dari ban biasa (Tube type). Ban tubeless memiliki sistem yang baik untuk mengatasi bagian yang bocor pada ban. Sehingga meski sudah tertusuk paku atau kaca, ban tubeless masih bisa digunakan.

Namun sedikit kelemahan nya adalah daya tahan ban yang cukup singkat. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan yang lebih lunak dari ban biasa.

Kemudian untuk penggunaan di jalan dalam kondisi basah, licin dan rusak, ban tubeless terasa kurang nyaman digunakan. Pada kondisi jalan seperti itu penggunaan ban biasa akan lebih nyaman, karena ban biasa (tube type) memiliki struktur karet pada ban dalam nya yang akan terasa lebih empuk dalam perjalanan,

5. Bentuk Ban

Perbedaan ban tubeless dengan ban biasa selanjut nya adalah pada benrtuk ban. Bentuk ban biasa (tube type) sedikit lebih persegi atau kotak jika di bandingkan dengan ban tubeless. Ban tubeless memiliki bentuk yang lebih bulat.

Bentuk pada ban bisa yang lebih kotak memberikan kemudahan untuk berkendara di kecepatan rendah.

itulah sobat gaet otomotif adalah sejumlah perbedaan-perbedaan ban tubeless dengan ban biasa. Kedanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantuk kondisinya. Kembali lagi sebaik nya pemilihan ban menyesuaikan dengan kondisi kendaraan atau kebutuhan yang dibutuhkan biasanya. Semoga ulasan ini dapat membatu memilih jenis ban yang cocok dengan penggunaan serta kebutuhannya.

Baca Juga :  Begini 5 Cara Setting Audio Mobil Standar Secara Autodidak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.