Fantastis! Berikut 5 Cara Jual Mobil Bekas Untung Besar

Ingin menjual mobil bekas? Jangan bingung, pasalnya kini banyak cara jual mobil bekas. Apalagi jika upaya menjual mobil bekas untuk mendapat uang sebanyak mungkin. Mendapatkan harga jual terbaik dapat membantu melunasi pinjaman lama dan membayar besarnya uang muka untuk mobil baru. Pilihannya berkisar dari sekadar menukarkan mobil bekas ke dealer mobil hingga menjualnya sendiri kepada pembeli pihak swasta. 

Penjual berpotensi mendapatkan uang paling banyak dari menjualnya sendiri, tetapi itu membutuhkan lebih banyak persiapan dan ketekunan daripada menukarnya. Namun mengambil pilihan manapun, penjual harus tahu bagaimana bernegosiasi, menghindari intimidasi, dan bersedia untuk meninggalkan tawaran buruk.

Berikut adalah 5 cara terbaik dalam menjual mobil bekas. Ikuti selangkah demi selangkah untuk mendapatkan hasil maksimal. 

Bersiap untuk Menjual Mobil

Saat menjual ke pihak swasta, kendaraan dengan layanan terdokumentasi dengan baik dan riwayat perbaikan memiliki harga lebih tinggi daripada kendaraan tanpa dokumen. Kumpulkan sebanyak mungkin dokumen layanan. Jika mobil pernah mengalami perbaikan pasca kecelakaan, berikan bukti bahwa itu telah diperbaiki oleh toko dengan reputasi baik.

Jika penjual merupakan pemilik pertama mobil tersebut, menunjukkan dokumen pembelian awal dapat memberi peningkatan terhadap harga jual. Mobil satu pemilik biasanya lebih berharga daripada sering berpindah tangan berkali-kali. 

Siapkan Mobil untuk Dijual

Usaha untuk menyiapkan mobil bekas saat akan dijual tergantung pada bagaimana kondisi mobil tersebut. Jika misalnya, mobil bekas berusia 15 tahun dengan jarak 200.000 mil pada odometer, tidak ada pencucian atau waxing bisa membantu untuk mendapatkan harga tinggi.

Di sisi lain, jika menjual sedan mewah berusia tiga tahun, meluangkan waktu dan uang untuk rekondisi dapat terbayar pada waktu negosiasi.

Dengan jenis penjualan apa pun, tidak akan pernah ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama menjadi menarik. Setidaknya lakukan pencucian dan waxing secara menyeluruh, lalu sedot debu-debu pada bagian dalamnya.

Bersihkan kaca interior dan buka jendela untuk mengeluarkan udara dari mobil. Jika mobil pernah digunakan untuk merokok, maka akan ada tantangan ekstra saat menjualnya.

Tetapkan Harga Terbaik

Memutuskan harga adalah bagian dari cara jual mobil bekas terpenting dan perlu sedikit ilmu serta sedikit seni. Harganya harus cukup tinggi untuk memungkinkan negosiasi, tetapi cukup rendah sehingga menarik bagi pembeli.

Jika penjual menawarkan harga di bawah mobil sejenis di pasaran, maka akan mendapat lebih banyak perhatian dan memiliki potensi penjualan lebih cepat. 

Iklankan Mobil Bekas

Sekarang penjual dapat mengiklankan mobil bekas pada pihak pribadi di situs online gratis dan berbiaya rendah, seperti Craigslist. Dengan mengiklankan di situs online, penjual dapat menarik iklan segera setelah kendaraan terjual. 

Saat mendesain iklan, penjual harus menyertakan deskripsi mendetail tentang mobilnya, termasuk jarak tempuh, level trim, opsi, dan add-on apa pun untuk dapat menambah nilai. Sertakan foto jelas, tajam, dan terekspos sebanyak mungkin.

Berhati-hatilah agar Anda tidak mengaburkan plat nomor mobil di foto. Beri tahu pembeli bentuk pembayarannya dan kapan mobil siap ditunjukkan. 

5. Siapkan Test Drive

Secara umum, penjual dapat menemani calon pembeli saat melakukan test drive pada mobil bekas. Jangan ijinkan seseorang mengemudikan mobil saat orang itu terganggu oleh alkohol atau obat-obatan. Demikian pula, jika pembeli tidak memiliki pengalaman sama sekali di belakang kemudi.

Saat itulah penjual harus menghentikan test drive.  

Siapkan alokasi waktu sebelumnya untuk berkendara. Jangan biarkan pembeli pergi terlalu jauh atau berkendara ke area asing. Test drive adalah kesempatan bagi pembeli untuk merasakan berkendara dan kondisi mobil, bukan kesempatan gratis melakukan apapun seenaknya.

Sekitar 30 menit adalah waktu cukup bagi pembeli untuk melakukannya. 

Demikianlah Sobat GAET OTOMOTIF tentang 5 cara jual mobil bekas agar dapat mendapat harga jual tinggi. Setidaknya cara-cara di atas dapat melindungi mobil bekas dari penipuan pembelian. Hal terpenting dari menjual mobil bekas sebenarnya adalah harga. Jadi pastikan untuk menjual mobil bekas dengan harga paling sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga :  Yuk Intip Strategi Baru dari Penjual Mobil Bekas di Tengah Diskon Pajak Mobil

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.