Bagaimana Cara Mengatassi Motor Matik Yang Terendam Banjir? | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

Bagaimana Cara Mengatassi Motor Matik Yang Terendam Banjir?

https://gaet.co.id/– Banyak sekali saat ini motor yang teredam banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi. Bagaimana cara kita mengatasi agar motor tidak rusaka karena teredam banjir?

Mekanik senior sekaligus pengusaha bengkel di Jatibening, Tigor, menyarankan kepada pemilik, khususnya sepeda motor matik, untuk tidak menyalakan sepeda motor yang terendam banjir. Alasannya, ada kemungkinan air masuk ke dalam mesin. “Sebaiknya segera dibawa ke bengkel terdekat untuk memeriksa apakah air masuk ke dalam blok mesin atau tidak,” kata Tigor beberapa waktu lalu.

Jika air ternyata masuk ke dalam mesin, lanjut dia, dampaknya bisa membuat komponen di dalam mesin rusak. Mesin akan macet karena pelumas tercampur air banjir. Dampak paling buruk adalah kerusakan yang terjadi pada piston atau silinder. “Kalau komponen itu rusak, lumayan juga untuk biaya perbaikannya,” ujar dia.

Dia mencontohkan biaya perbaikan untuk Honda BeAT atau Yamaha Mio mencapai sekitar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta, tergantung kondisi kerusakannya.

Biaya mahal itu bisa dihindari jika pemilik segera membawa sepeda motor yang terendam banjir ke bengkel terdekat. Langkah pertama yang dilakukan adalah menguras pelumas atau oli mesin dan menggantinya dengan yang baru. Biaya mengganti pelumas tentu lebih murah dibanding harus membongkar mesin dan mengganti piston, bukan?

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.