Tips Menghemat BBM Pada Kendaraan Anda | GAET.co.id

Tips Menghemat BBM Pada Kendaraan Anda

Tips Hemat BBM. Harga minyak dunia semakin hari semakin naik dan berubah-ubah. Hal tersebut tentu adalah factor utama naiknya harga BBM di negara kita ini. Selain harga minyak dunia, BBM naik juga bisa dari factor politik di negri ini yang semakin kacau dan tidak menentu.

Lantas bagaimana cara menghadapi kenaikan harga BBM yang tidak menentu ini? Tentunya hal yang harus kita lakukan adalah menghemat bahan bakar. Tapi bagaimana caranya agar bahan bakar yang kita gunakan menjadi lebih hemat?

Gaet otomotif akan membagikan tips nya untuk anda semua para otomania. Tips ini kami kutip dari panduan irit bbm Safety Defensive Consultant Indonesia mr FX Sony Susmana.

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengirit bahan bakar

PRE-TRIP INSPECTION (PTI):

Control kendaraan anda secara teratur seperti servis mesin atau lebih sederhana nya seperti memanaskan mesin sebelum berkendara.

Hal ini bertujuan agar mesin tetap terawatt dengan baik hingga tidak ada kendala yang lebih serius pada kendaraan kesayangan anda.

Apabila ada hal atau kendala yang terjadi pada kendaraan dan itu terasa tidak normal, maka anda akan merasakan nya lebih dahulu. Jadi kita bisa melakukan servis berlanjut untuk menanganinya.

Baca juga  Cara dan waktu memanaskan mesin kendaraan dengan benar

BAN

Pakailah ban kendaraan yang mempunyai rolling resistance yang rendah.

Hal tersebut akan menyebabkan kendaraan anda menerima beban yang lebih kecil apabila perputaran ban nya lebih ringan.

Tekanan udara pada ban juga dapat mempengaruhi, jadi sesuaikan tekanan ban untuk kendaraan anda agar si kendaraan bisa lebih ringan saat jalan.

Tekanan udara yang tidak tepat dan tidak sesuai tentu akan mempengaruhi kendaraan anda menjadi lebih berat. Tentunya hal ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

BEBAN

Nah, hal satu ini penting diingat. Beberapa barang yang tak perlu jangan disimpan di kendaraan, taruhlah barang sesuai kepentingan serta seminimal kemungkinan.

Rutinitas menyimpan barang serta menumpuknya di bagasi, bisa menjadikan kendaraan akan kerja extra karena beban bertambah berat.

Dan jangan lupa juga untuk tidak membawa penumpang yang terlalu berat atau melebihi kapasitas.

AC

Pergunakanlah AC sehemat kemungkinan sebab pemakaian AC dengan cara full yang terus-terusan akan memberi beban kerja engine kendaraan, posisikan AC (temperaturnya) sesuai dengan kepentingan saja.

Bila perlu, pakailah kaca film yang dapat mengurangi hawa panas dengan lebih optimal.

Selain membuat biris bahan bakar, penggunaan AC yang berlebih juga bisa membuat aki kendaraan anda bisa cepat tekor atau mungkin rusak.

PERILAKU BERKENDARA

Tips menghemat BBM selanjutnya adalah berkendaralah dengan enjoy untuk hindari sikap yang agresif, hingga pengendara bisa mengatur kendaraan dengan cara benar dalam mengemudi.

Mengatur waktu keberangkatan perjalanan, mengambil pilihan jalan yang paling baik yang minim kendala (macet, rusak serta lain-lain).

Gunakan gas atau akselerator dengan cara yang benar dan lembut. Lakukan stiap peralihan gear pada 2500 rpm.

Mengatur kecepatan kendaraan dengan memprioritaskan keselamatan dan hindari melakukan manuver-manuver yang berlebihan.

MODIFIKASI

Memodifikasi kendaraan juga ternyata bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Khususnya apabila anda memodifikasi dalam hal elektroniknya. Semakin tinggi konsumsi daya, maka semakin boros juga konsumsi bahan bakarnya.

Jadi saran nya adalah lebih bijak dalam memodifikasi. Kalaupun mau melakukan modifikasi tersebut, lakukanlah secara bijak dan sesuai kebutuhan saja.

Demikian sedikit panduan ataupun tips untuk menghemat dan mengirit bbm. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembacanya.

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam berkendara. Pergunakanlah kendaraan Anda seperlunyanya. Apabila sangat memungkinkan, pakai  saja alat angkutan umum agar lebih hemat.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.