Ridwan Kamil Pamerkan Mobil Listrik Polisi Yang Pertama

Ridwal Kamil, Gubernur Jawa Barat menyampaikan mobil listrik pertama di Indonesia yang dijadikan alat mobilisasi kepolisian. Penggunaan mobil tanpa emisi bakal patroli dapat menekan anggaran operasional sampai 70 persen.

Kang Emil menyampaikan kendaraan ini menjadi mobil Patwal (patroli dan pengawalan) yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat.

“Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jabar,” ucap Emil dalam postingan pada akun Instagram pribadinya, dikutip Minggu (7/2).

Dari foto yang diunggah Emil, mobil listrik yang digunakan sebagai patwal merupakan Hyundai Kona Electric. Mobil ini dirilis di Indonesia pada November 2020 berbarengan dengan peluncuran unit lain Hyundai, yakni Ioniq.

Kedua produk ini merupakan mobil listrik termurah di Indonesia, sebab harganya Rp600 jutaan atau berada jauh di bawah kompetitor yang sudah meluncur lebih dahulu atau di atas Rp1 miliar antaranya BMW i3S dan Tesla.

Kona listrik yang diunggah Emil ini terlihat telah disesuaikan dengan kebutuhan kepolisian seperti pemasangan lampu strobo pada bagian atap, serta striping biru-merah yang lengkap dengan logo kepolisian pada bagian pintu.

Hanya saja penggunaan mobil Hyundai ini berbeda dari kabar sebelumnya. Sebab sempat dikabarkan bila Polri akan menggunakan mobil Tesla sebagai kendaraan patroli.

Menurut Emil selain irit pengeluaran, penggunaan mobil listrik juga baik bagi lingkungan dan tidak menyebabkan kebisingan.

“Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dengan anggaran rutin kendaraan bensin,” ucap Emil.

“Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan,” sambung Emil.

Selain sebagai patwal, mobil listrik Hyundai juga sudah digunakan berbagai pejabat di Jawa Barat hingga pemerintah pusat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.