Pekan Imlek, Yuk Cari Tahu Kenapa Warna Merah Kastanya Spesial Dalam Dunia Otomotif

GAET OTOMOTIF | Berita Otomotif Terlengkap – Momen Tahun Baru Cina atau Imlek yang kali ini jatuh pada Jumat (12/2) memang akrab dengan warna merah.

Dilansir dari berbagai pakar, arti merah dalam Imlek adalah sebagai lambang kebahagiaan, lambang kebaikan dan ketulusan hati, hingga lambang semangat dan keberuntungan.

Dalam dunia otomotif khususnya bidang pengecatan kendaraan sendiri, warna merah punya posisi spesial dibanding warna lain termasuk emas yang nampak glamor dan mahal.

Menurut Sarjono, Owner bengkel spesialis Mobil Nissan dan body repair, Jasmin Motor di Bekasi, warna cat kendaraan yang paling mahal adalah merah.

“Warna cat yang tergolong super dan paling mahal catnya itu warna merah, baik itu merah candy, merah maroon, cherry red sampai merah Ferrari dan apapun yang mengandung warna merah, itu mahal,” ucapnya beberapa waktu lalu.

Pria yang dahulu bekerja di bagian body repair bengkel resmi Nissan ini, coba mengungkapkan alasan superioritas warna primer tersebut.

“Alasan cat warna merah mahal itu karena memang harga bahan dasar catnya mahal dari sananya. Itu perbandingan untuk warna cat jenis standar saja. Untuk pengecatan bergaya candy, pearl, xyralic dan bunglon itu harganya lebih tinggi lagi sebab, gaya cat tersebut prosesnya lebih sulit,” jelas Sarjono.

Ia menambahkan, perbandingan harga cat merah dengan warna standar lainnya punya selisih puluhan persen lebih tinggi.

“Sebagai perbandingan, harga cat warna basic atau standar seperti hitam, putih, silver sampai emas itu Rp 600 ribuan per liternya. Sedangkan merah itu bisa Rp 800 ribuan per liternya. Selain merah, warna cat oranye harganya juga tinggi,” tutup Sarjono.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.