Cara Mengetahui Jadwal Samsat Keliling di Jawa Barat Terbaru

Jadwal Samsat Keliling Jawa Barat – Setiap tahun, bagi para pemilik kendaraan bermotor diwajibkan membayar pajak  STNK tahunan, namun seringkali hal ini menjadi kendala bagi banyak orang jika langsung datang ke kantor SAMSAT. Kendala tersebut seperti harus mengantri di antrian yang panjang dan lama, sehingga waktu pun terbuang hanya untuk mengantri.

Pembayaran pajak yang seharusnya hanya memerlukan waktu beberapa menit saja, bisa memakan waktu berjam-jam. Belum lagi untuk menuju ke kantor SAMSAT ini tak jarang bagi banyak orang harus melalui perjalanan yang jauh, karena tidak sedikit orang yang lokasi rumahnya jauh puluhan kilometer dengan kantor SAMSAT walaupun berada di kota atau kabupaten yang sama.

Selain itu, untuk memenuhi kewajiban pembayaran pajak, tidak sedikit terutama bagi para pekerja harus mengambil cuti atau menunda pekerjaannya. Bahkan, ada juga yang harus menempuh perjalanan panjang pulang ke kampung halaman dengan lintas kota atau lintas provinsi, sekedar untuk membayar pajak kendaraan bermotor atau memperpanjang STNK.

Pada zaman sekarang ini, tentunya anda tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor SAMSAT apabila ingin membayar pajak tahunan atau memperpanjang STNK, karena saat ini sudah ada SAMSAT Online dan SAMLING atau SAMSAT Keliling.

Artikel Terkait :  Berikut Ciri-ciri Ring Piston Lemah Apakah Berpengaruh pada Tenaga Mobil dan Motor

Secara ekonomi, keberadaan Samsat Online dan Samsat Keliling dapat menyelamatkan potensi kerugian masyarakat yang cukup besar setiap tahunnya. Potensi kerugian tersebut berasal dari ongkos jasa calo, biaya transportasi, dan izin tidak masuk kerja.

Jika dikonversikan dengan uang, tentunya angkanya terbilang besar.  Misalnya saja di Jawa Barat, berdasarkan laman website Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar) menyebutkan bahwa Jumlah kendaraan bermotor sendiri dalam beberapa tahun terakhir tumbuh di atas 10% per tahun.

Angka tersebut juga belum memperhitungkan biaya transportasi masyarakat untuk membayar pajak kendaraan dan memperpanjang STNK serta potensi pendapatan yang hilang akibat izin bekerja. Sehingga potensi kerugian masyarakat yang terselamatkan dengan keberadaan Samsat Online dan Samsat Keliling jauh lebih besar, lebih dari Rp 10 miliar per tahun. Itu baru untuk Jawa Barat Saja.

samsat keliling

Keberadaan Samsat Online dan Samsat Keliling ini memang manfaatnya sangat membantu bagi masyarakat meliputi kemudahan, kepraktisan, kecepatan, efektivitas, efisiensi waktu maupun uang menjadi benefit yang dirasakan masyarakat atas keberadaan layanan tersebut.

Untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai Samsat Online dan Samsat Keliling ini sangan mudah di dapatkan oleh masyarakat yang bisa di akses via oline dimanapun dan kapanpun.

Artikel Terkait :  Ketahui Penyebab Shockbreaker Mudah Bocor Lagi

Seperti di infokan di laman website Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat (Bapenda Jabar), untuk masyarakat yang berdomisili di Jawa Barat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi tentang pajak kendaraan bermotor, informasi mengenai lokasi dan jadwal Samsat Keliling.

Semua informasi tersebut bisa di lihat melalui Aplikasi bernama ‘Sambara’ yang dapat di download secara gratis di Playstore maupun App Store. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lokasi dan jadwal Samsat Keliling terdekat dari tempat tinggal domisili, bisa dengan mudah mendapatlan informasi dari Aplikasi Sambara melalui langkah-langkah di bawah ini:

daftar samsat keliling di jabar

  1. Pertama download dan install aplikasi ‘Sambara’dari Play Store atau App Store, kemudian buka aplikasinya.
  2. Pada halaman depan tampilan aplikasi, perhatikan menu-menu yang tersedia, kemudian pilih dan Sentuh menu ‘JadwalSamling dan Samdong’.
  3. Berikutnya anda bisa pilih menu ‘Jadwal Samling’.
  4. Di halaman selanjutnya, anda bisa scroll perlahan ke bawah. Temukan dan pilih, lalu sentuh area Samsat domisili anda masing-masing.
  5. Setelah anda menyentuh pilihan area Samsat, maka akan terbuka informasi lokasi Samling yang tersedia.
  6. Lihat dan pilihlah lokasi Samsat Keliling yang terdekat dari rumah anda.
(Visited 9 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.