6 Cara Efektif Cek Mesin Mobil Bekas

Melakukan pembelian mobil bekas pakai perlu dilakukan secara cermat. Berbagai aspek pada mobil penting diteliti demi menghindari penyesalan setelah bertransaksi. Perhatian utama tentu saja diberikan pada komponen terpenting yakni mesin. Meskipun bekas pakai, pastikan bahwa kondisi mesin masih menunjukkan performa terbaik.

Berikut 6 cara efektif melakukan cek mesin mobil bekas.

1. Lihat Ruang Mesin

Pertama perlu dibuka kap mobil untuk memastikan kondisi ruang mesin. Penilaian secara visual dilakukan dengan menemukan apakah ada bekas cat baru di sana. Jika terdapat bekas cat baru bisa diketahui bahwa mobil pernah mengalami turun mesin. Kondisi penyebab turun mesin sangat beragam, contohnya lupa ganti oli terlalu lama hingga mobil pernah terendam banjir.

Mesin dengan status pernah diturunkan lebih baik ditelusuri apa penyebabnya. Cari tahu juga apakah ada komponen lain dengan kekurangan juga. Dari sini, bisa didapatkan kesimpulan apakah kendaraan mobil memiliki riwayat pemakaian berstatus baik atau buruk oleh pemilik sebelumnya.

2. Cek Mesin

Langsung saja lebih teliti melihat penampilan fisik mesin. Jika fisik mesin dalam kondisi atau performa optimal, maka tidak akan ditemukan adanya kebocoran berupa bekas rembesan. Sebaliknya apabila didapati kebocoran berarti kondisi mesin harus dipertanyakan. Perhatikan juga setiap komponen mesin secara seksama. Lihat mur dan baut di sana, apakah ditemukan mur baut masih baru atau ada bagian rusak.

3. Nyalakan Mesin

Jika kondisi fisik ruang dan komponen mesin lolos diperiksa, lanjut ke penilaian mesin saat dinyalakan. Langsung saja lakukan starter mesin dan rasakan seperti apa kehalusan mesin saat menyala. Seharusnya mesin dengan performa masih bagus tidak akan menunjukkan hentakan dan suara kasar. Pengguna bisa merasakan mesin menyala secara lancar dan mulus.

Pemeriksaan mesin saat menyala perlu dilakukan tanpa menyalakan AC juga audio di dalam mobil. Ini dilakukan supaya lebih mudah untuk merasakan seperti apa kehalusan mesin saat bekerja. Jika dirasakan munculnya hentakan, bisa diprediksi kalau kendaraan tidak menjalani servis rutin. Bisa juga menjadi indikasi ada masalah di bagian aki.

4. Dengarkan Deru Suara Mesin

Deru suara mesin juga harus didengarkan baik-baik. Waktu cek mesin mobil bekas, penting untuk mendengarkan apakah suara mesin cukup halus atau tidak. Apabila ada ketukan atau gesekan terdengar dari kinerja mesin maka patut dicurigai. Tanyakan saja pada pemilik mobil riwayat pemakaian hingga menyebabkan munculnya suara aneh saat mesin bekerja.

5. Lihat Asap dari Knalpot

Selanjutnya lihat asap mengepul dari knalpot. Perhatikan warna asap keluar, warna hitam mengindikasikan proses pembakaran BBM terganggu. Sementara itu asap berwarna putih mengindikasikan adanya campuran oli pada ruang mesin. Amati juga apakah ada tetesan air di knalpot. Hal ini sebenarnya pertanda wajar dan bisa dijadikan indikasi mesin kendaraan masih bekerja dengan lancar.

6. Lakukan Percobaan Mengemudi

Penilaian performa mesin akan selesai jika dilakukan percobaan berkendara. Saat mencoba berkendara, dapat dirasakan langsung ada masalah performa mesin atau tidak. Ini adalah cara efektif menilai apakah kendaraan bekas masih layak jalan atau tidak.

Itulah 6 cara mudah dan efektif cek mesin mobil bekas. Lakukan secara hati-hati dan periksa dengan teliti agar menemukan kelebihan serta kekurangan mobil. Jika performa mesin dan komponen lainnya dalam kondisi bagus, tak ada salahnya untuk lanjut negosiasi harga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.