5 Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru Tanpa Ribet | GAET.co.id

5 Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru Tanpa Ribet

Cara Membersihkan Jok Mobil Beludru – Jok mobil adalah salah satu bagian pada mobil yang mudah terkena noda. Cairan minuman atau minyak pada makanan seringkali mengotori jok mobil. Membersihkan noda pada jok mobil memang tidaklah mudah, terlebih lagi jika jok berbahan beludru. Tapi ini bukan berarti tidak bisa. Banyak cara membersihkan jok mobil beludru yang bisa dicoba.

Bahan beludru adalah salah satu bahan yang terkenal akan cantik dan elegannya. Maka dari itu, bahan beludru ini sering diaplikasikan pada suatu benda agar tampilannya menjadi lebih elegan. Di antaranya yakni pada jok mobil. Menggunakan bahan kain beludru jok mobil itu artinya pemilik harus tahu bagaimana perawatannya dan cara membersihkannya apabila terkena noda.

1. Menggunakan Penyedot Debu

Noda pada jok mobil bisa bermacam-macam. Jika noda pada jok mobil beludru adalah noda debu, maka membersihkannya cukup mudah. Gunakan penyedot debu untuk menyedot debu kotoran pada jok mobil beludru.

Bulu-bulu halus pada beludru seringkali menyebabkan debu-debu tersangkut yang kemudian menjadi noda. Untuk menghindarinya, pemilik harus rutin membersihkan debu-debu yang menyangkut pada jok mobil beludru ini dengan penyedot debu.

2. Menggunakan Cairan Pembersih

Jika jok mobil masih kotor setelah dibersihkan dengan penyedot debu, itu artinya noda pada jok mobil bukan hanya sekedar noda debu. Noda tersebut mungkin noda cairan minuman yang tumpah pada jok mobil.

Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkannya adalah dengan cairan pembersih. Langkah-langkahnya adalah semprotkan cairan pembersih pada noda di jok mobil beludru. Kemudian, agar cairan pembersih dapat menyerap dengan baik, diamkan selama 1 hingga 2 menit. Setelah itu, bersihkan cairan pembersih dari jok mobil.

3. Sikat Dengan Lembut

Jika menggunakan cairan pembersih saja tidak bisa menghilangkan noda, maka selanjutnya untuk memastikan noda hilang seluruhnya, sikat noda yang telah diberikan cairan pembersih. Akan tetapi, menyikat bahan beludru tidak bisa sembarangan.

Sikat noda pada jok beludru ke arah yang sama, jangan berlawanan arah untuk menghindari kerusakan pada beludru. Setelah itu, sikat dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas ke seluruh bagian noda.

4. Keringkan Dengan Lap

Setelah membersihkan noda dengan cairan pembersih, selanjutnya keringkan jok mobil dengan lap hingga benar-benar kering. Apabila jok mobil beludru tidak segera dikeringkan, nantinya jok mobil akan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Tentunya pemilik mobil tidak menginginkan bau tidak sedap muncul setelah noda pada jok mobil hilang. Maka dari itu, segera keringkan cairan pembersih pada jok mobil setelah noda hilang hingga kering.

5. Menggunakan Cairan Pembersih dan Air Hangat

Apabila noda pada jok mobil beludru cukup besar, menggunakan cara-cara di atas tentunya kurang efektif. Maka dari itu, cara membersihkan jok mobil beludru dengan noda besar yang tepat adalah dengan menggunakan cairan pembersih dan air hangat.

Dikarenakan noda pada jok mobil cukup besar, maka sebaiknya jok mobil dilepas dan diletakkan di luar ruangan agar saat pembersihan tidak membasahi interior mobil. Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih pada noda, gosok dengan kain atau sikat gigi bekas, lalu bilas dengan air hangat.

Setelah itu, jemur jok mobil hingga benar-benar kering agar tidak menimbulkan bau.

Itu dia sobat gaet otomotif – beberapa cara membersihkan jok mobil beludru tanpa ribet. Ternyata banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda pada jok mobil beludru. Bahan dan perlengkapannya pun mudah didapatkan di mana saja. Setelah mengetahuinya, pemilik mobil dengan jok mobil berbahan beludru kini tak perlu risau lagi apabila ada noda pada jok mobilnya.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.