Belajar Dasar Otomotif Sistem Pendingin AC Mobil
Belajar Landasan Otomotif Skema Pendingin Mobil atau biasa disebutkan dengan COOLING SYSTEM adalah ketentuan penting juga
dalam kenal beberapa bagian landasan dari tehnik otomotif sebab mobil masa baru zaman saat ini tentu mempunyai skema pendingin yakni AC.
Oleh karena itu baca bahasan otomotif di bawah ini. Pada intinya konsep dari panas yang dibuat oleh mesin cuman 25% dari keseluruhnya jumlah
panas yang bisa digunakan seperti tercantum di bawah.
Ø 30% diserap oleh mesin tersebut
Ø 45% hilang bersama-sama gas buang
Ø bekasnya hilang sebab ada gesekan pada mesin tersebut
Di saat mesin mulai di start alias mesin kerja lantas pada situasi dingin karena itu mesin itu memerlukan panas supaya bahan bakar kerja serta
berlangsung temperature kerja dengan suhu kerja yakni di antara 80-90°C. Skema pendinginan direncanakan untuk menjaga mesin supaya masih
pada temperature kerja supaya performa mesin optimal serta bahan bakar bisa berharga ekonomis.
Skema Pendingin Ada Dua Jenis Yakni :
- Skema Pendingin Udara
- Skema Pendingin Air
Skema Pendingin Udara : Ialah skema pendingin yang memakai udara untuk mendinginkan mesin. Keuntungan skema ini ialah elemen serta
konstruksi yang simpel serta tidak membutuhkan perawatan yang bertambah. Tetapi di lain sisi pendingin type ini kurang dapat mengendalikan
temperature mesin karena konstruksi yang simpel.
Untuk kendaraan keluaran saat ini tidak memakai type ini. Kembali lagi sebab alasan pemanasan global, karena itu udara yang dipakai untuk
mendinginkan mesin tidak dingin atau sejuk lagi. Udara yang panas digunkan untuk mendinginkan mesin sehingga tidak digunakan pada kendaraan
keluaran saat ini dengan skema pendingin seperti ini. Skema pendinginan ini cuman efisien untuk type kendaraan roda dua saja walau ada juga
kendaraan roda 4 yang memakai skema pendingin ini, tetapi cuman pada beberapa type atau merek spesifik saja.
Skema Pendinginan Air
Elemen Bagian-Bagian Landasan Skema pendingin Mobil :
- Radiator
- Reservor tank
- Tutup radiator
- Kipas radiator
- Pompa air
- Thermostat
A. RADIATOR :
Radiator berperan untuk buang panas atau mendinginkan air yang sudah dipakai dengan mendinginkan mesin lewat sirip – sirip yang ada di
radiator. Lower tank akan memuat air yang sudah didinginkan oleh radiator lewat sirip – sirip yang ada di radiator. Proses pendinginannya
ialah dari upper tank yang berisi air panas yang sudah dipakai untuk mendinginkan mesin. Air akan turun lewat pipa – pipa kecil
ditengah-tengah – tengan sirip – sirip. Pipa itu dibikin kecil supaya proses pendinginan air dapat optimal. Selanjutnya air yang sudah
melalui pipa tertampung di lower tang untuk dialirkan kembali lagi untuk mendinginkan mesin. Persoalan yang seringkali berlangsung pada
radiator ialah terhalangnya pipa pipa yang kecil itu sebab kerak. Kerak itu berlangsung sebab ada muatan zat asam dari air radiator yang bisa
mengakibatkan munculnya kerak hingga bisa membuat pipa pipa kecil radiator terhalang. Untuk menangani hal itu kita dapat bawa kendaraan
kita ke service radiator atau dapat kita membuka sendiri dengan bersihkan kerak yang menutup pipa dengan SST.
B. POMPA AIR (WATER PUMP) :
Alat ini berperan untuk memompa air radiator dari lower tank ke mesin kembali lagi untuk kembali lagi mendinginkan mesin. Pulley alat ini
dikaitkan dengan putaran mesin lewat V-Belt. Hingga alat ini kerja berdasar putaran mesin Masalah serta persoalan yang seringkali berlangsung
pada alat ini ialah ausnyaseal pada rotor karena tidak ada pelumas serta cuman dilumasi oleh air. Serta untuk menangani ini karena itu pompa air
harus ditukar. Waktu seal ini aus karena itu air akan menetes ke bawah serta akan hilang terserang panas dari mesin hingga kerusakan alat ini susah
teridentifikasi.
- THERMOSTAT
Elemen Thermostat Katup By Pass :
- valve
- Silinder
- Bypass Valve
- Wax
- Jiggle Valve
Elemen Thermostat Tanpa ada Katup By Pass :
- valve
- Silinder
- Wax
- Jiggle Valve
1. Skema Kerja Thermostat Tanpa ada Katup By Pass :
Air mengalir melalui blok slinder ke pompa dengan aliran bypass saat aliran ke radiator tertutup thermostat. Dan itu akan terjadi ketika dalam
keadaan suhu rendah. Air akan mengalir saat radiator dibuka atau thermostat terbuka, dan itu akan terjadi ketika suhu dalam keadaan suhu panas.
- Rangkaian nya mulai blok silinder – radiator – pompa – blok silinder
- kemudian blok silinder – lewat aliran bypass – pompa – blok silinder
2. Skema Kerja Thermostat Dengan Katup By Pass :
Elemen :
- Thermostat
- Aliran bypass
- Radiator
- Water Pump
Cara Kerja Waktu Suhu Dingin :
salurannya akan mengalir ketika Aliran bypass di thermostat terbuka. Mulai dari Blok mesin ke aliran bypass lalu ke Water Pump kemudian ke Blok mesin.
Cara Kerja Waktu Suhu Panas :
saluran akan mengalir dari Blok mesin – radiator – Water Pump – Blok mesin ketika Aliran bypass di thermostat tertutup dan tidak ada air melalui
aliran bypass. Hal ini menyebabkan pendinginan di saat mesin panas menjadi lebih efisien.
KIPAS RADIATOR (RADIATOR FAN)
Kipas radiator berperan untuk menolong mendinginkan air yang ada di radiator dengan menghisap udara dari depan ke belakang untuk
menyalurkan udara ke sirip-srinp radiator supaya pendinginan air bertambah optimal.
Jenis – Jenis Kipas Radiator :
- kipas radiator yang diputar oleh mesin
- kipas radiator yang diputar oleh motor listrik
Untuk kendaraan keluaran saat ini beberapa memakai kipas radiator type motor listrik yang cuman kerja waktu temperature air
pendingin naik yang akan dibaca oleh sensor yang ada di aliran air pendingin. Tidak sama dengan kipas radiator dengan motor listrik,
kipas radiator yang diputar oleh mesin akan hidup waktu mesin dinyalakan serta keuntungannya tidak mengonsumsi arus listrik.
*) Catatan :
kipas radiator tidak sama dengan kipas lainnya penempatannya tidak meniupkan udara tetapi menghisap udara penempatan yang terbalik
akan membuat skema pendinginan tidak normal serta mengakibatkan temperature mesin jadi naik.
TUTUP RADIATOR (RADIATOR CAP)
Walau keliatannya remeh tutup radiator bukan asal-asalan tutup. Tutup ini penting dalam skema pendinginan. Dalam tutup ini ada dua katup yakni
reflief valve serta vacuum valve, ke-2 katup ini akan mengendalikan penghasilan serta pengembalian air radiator di reservoir tank
Cara Kerja Relief Valve (A)
Katup ini akan kerja berdasar desakan yang ada pada upper tank. Waktu upper tank memuat banyak air yang panas serta bertekanan katup ini akan
tertekan ke atas, sebab desakan pada reservoir bertambah rendah dari upper tank, karena itu air akan mengalir ke reservoir tank lewat katup relief
yang terbuka. Langkah Kerja Vakum Valve (B) Katup ini akan kerja waktu upper tank alami kekosongan (kevakuman). Waktu berlangsung
kevakuman katup ini akan tertarik ke bawah oleh kevakuman, sebab desakan upper tank turun serta reservoir desakannya semakin tinggi hingga air
mengalir dari desakan tinggi ke desakan yang rendah serta melalui katup ini serta air kembali lagi masuk di upper tank radiator.
RESERVOR TANK
Elemen ini berperan memuat air waktu desakan upper tank radiator naik atau saat waktu relief valve terbuka. Serta berperan menyalurkan air
kembali lagi waktu berlangsung kevakuman dalam upper tank radiator saat waktu vakum valve kerja. Ok demikianlah bahasan kembali lagi tentang
bermacam dunia otomotif mengenai skema pendingin pada mobil mudah-mudahan berguna untuk kita akhir kata terima kasih atas kunjunganya.