Begini Tips Memilih Jaket Motor untuk Penggunaan Harian

Tips Memilih Jaket Motor – Bagi para pengendara kendaraan khususnya pengendara motor, banyak perlengkapan berkendara yang harus kita kenakan demi keamanan dan keselamatan dalam perjalanan. Salah satu perangkat yang harus dikenakan saat berkendara adalah jaket. Jaket adalah salah satu perangkat keamanan yang wajib digunakan oleh para pengendara motor.

Nah, dibandingkan dengan helm dalam hal ini perlengkapan berkendara seperti jaket sering diabaikan karena berbagai alasan seperti ribet. Padahal jaket memiliki fungsi yang sangat penting diantaranya untuk melindungi tubuh dari paparan terik matahari, paparan angin, serta memperkecil resiko luka pada badan jika terjadi kecelakaan.

tips memilih jaket motor

Manfaat menggunakan jaket motor harian saat berkendara tidak hanya terbatas pada pembahasan di atas. Melainkan ada hal-hal lain, dari segi kesehatan seperti paparan angin bukan hanya menyebabkan permasalahan sederhana, tetapi dapat mengalami penyakit pernapasan seperti paru-paru basah, TBC, bronchitis dan ISPA.

Penyakit paling mengerikan apabila berkendara tanpa menggunakan jaket ialah kanker paru-paru. Hal tersebut disebabkan udara kotor di jalan mengandung senyawa SO2, NO2 dan CO2 yang akan mengganggu kesehatan. Gejala awal jika terjangkit ialah seperti batuk berdarah, pembengkakan pada daerah wajah serta dada dan sesak atau nyeri dada.

Sementara dari segi fashion, memakai jaket saat berkendara akan menampilan kesan gagah atau meskulin, dan apalagi ditunjang dengan model keren. Selain itu juga dapat melengkapi penampilan busana. Meski dimaksudkan untuk bergaya, pilihlah yang nyaman digunakan seperti tidak tersemat terlalu banyak aksesoris sehingga akan mengganggu akselerasi.

Lalu seperti apa kriteria jaket yang cocok untuk berkendara sehari-hari? Tentunya bukan ditentukan oleh seberapa tebal atau seberapa mahal jaket tersebut, tetapi ada syarat-syarat tertentu yang wajib dimiliki supaya jaket tersebut nyaman digunakan.

Dijelaskan menurut General Manager DeRide, distributor helm Nolan di Indonesia, Avant Tjen menyatakan bahwa untuk berkendara harian karena Indonesia merupakan negara tropis, lebih baik pilih jaket yang bahannya tidak terlalu tebal.

Selain itu juga untuk mendukung kenyamanan, pilihlah jaket yang banyak ventilasi udaranya. Kalau buat berkendara harian karena Indonesia merupakan negara tropis carinya yang mesh, mesh itu bahan tekstil yang lebih ringan banyak ventilasi, agar sirkulasi udara lebih banyak, sehingga terasa lebih enak.

Berbagai Macam Pilihan Jaket Motor

tips memilih jaket motor keren

jaket motor keren

  1. Pertama, memilih jaket motor dengan material (bahan) yang ringan, biasanya bahan toesland. Bisa dari merk Provoke, Suave atau pun yang lainnya.
  2. Kedua, pilih jaket yang lapisan dalamnya nyaman, yang umum dari bahan polyster mesh.
  3. Ketiga, pilih jaket yang sifatnya water resistant dan wind proof. Dengan begitu maka badan anda akan tetap kering saat hujan ringan dan terlindungi dari terpaan angin selama berkendara.
  4. Keempat, pilih jaket khusus motor, yaitu jaket yang memiliki armor protector di bagian pundak, siku dan punggung. Hal ini disarankan untuk anda yang berkendara sehari-hari dengan jarak jauh.
  5. Kelima, pilih jaket yang bobotnya ringan, punya ventilasi bagus, namun tetap baik secara keamanan.
  6. Keenam, untuk visibilitas yang baik, maka pilih jaket berwarna terang atau warna yang dapat memantulkan cahaya dengan jelas saat tersorot lampu dari kendaraan lain. Misalnya warna merah, oranye atau hijau. Jangan pilih warna hitam atau warna gelap lainnya.
(Visited 33 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.