Akhirnya Ada Angin Segar Untuk Pasar Otomotif di Awal Tahun 2021
GAET OTOMOTIF | Berita Otomotif Terlengkap – Adanya pertumbuhan pada pasar otomotif sejak era kenormalan baru terus berlangsung sejak semester di tahun 2020, dan berlangsung awal tahun 2021. Sejumlah merek otomotif memberikan laporan dimana penjualan mereka cukup baik saat membuka tahun 2021.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan catatan positif penjualan retail kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan di Indonesia untuk bulan Januari 2021 dengan total 6.694 unit, dan mengalami peningkatan pangsa pasar menjadi 13,6 persen. Bahkan torehan ini merupakan pangsa pasar terbaik pada tahun fiskal 2020 (April 2020–Januari 2021) dan dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PPKM) pandemik COVID-19.
Pada segmen kendaraan penumpang mencatat penjualan 4.108 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan mencatat penjualan 2.586 unit. Model Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan dengan 46,7 persen, sekaligus angka penjualan tertinggi model Xpander pada tahun fiskal 2020. Kemudian kendaraan ringan L300 berkontribusi 30,8 persen dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 14,4 persen.
“Tren penjualan positif industri otomotif terus berlanjut dari kuartal akhir 2020 hingga awal tahun 2021. Kami percaya pasar perlahan akan kembali pulih, begitupun dengan penjualan Mitsubishi. Dengan prediksi pasar yang akan terus tumbuh namun belum sepenuhnya pulih, dan dalam kondisi yang belum stabil seperti sekarang ini kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, agar dapat menemani keseharian, memberikan manfaat, serta pengalaman terbaik kepada penggunanya,” ungkap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura, melalui keterangan resminya.
Angin segar juga dirasakan oleh Daihatsu ketika membuka buku penjualan di tahun 2021. Mereka mengumumkan penjualan di Januari 2021 ini mencapai 9.528 unit, atau naik 4 persen daripada Desember 2020, dengan pencapaian market share sebesar 17,6 persen.
Pada Januari 2021, Penjualan ritel didominasi oleh 3 model utama, yaitu Gran Max Pick-Up sebanyak 3.046 unit (bernilai 32,0 persen), disusul Sigra 2.218 (setara 23,3 persen), dan Terios 1.377 unit (sebesar 14,5 persen).
“Daihatsu bersyukur dapat mengawali tahun 2021 dengan pencapaian yang lebih baik dibandingkan bulan lalu dengan market share 17,6 persen. Kami yakin, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, melalui keterangan resminya.
Secara keseluruhan untuk pasar otomotif Indonesia, berdasarkan data yang diumumkan oleh Daihatsu, penjualan retail pada Januari 2021 berada di angka 53 ribu unit kendaraan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) belum memamerkan data retail untuk Januari 2021, namun untuk data wholesales-nya sudah diumumkan berada di angka 52.910 unit kendaraan.