9 Penyebab Mesin Mobil Bergetar Yang Sering Muncul

Penyebab Mesin Bergetar – Mesin mobil bermasalah biasanya ditandai dengan munculnya getaran pada kabin. Bahkan, terkadang getaran tersebut sampai dirasakan oleh pengemudinya. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui penyebab mesin mobil bergetar misalkan saat dipanaskan adapula tiba2 bergetar kuat ketika ac dinyalakan. Sobat GAET pastinya mengganggu kenyamanan mau digunkanan di perjalanan.

Berikut ini akan kupas lebih dalam mengenai apa saja penyebab munculnya getaran mesin mobil

1. Piston Go

Indikator piston tidak bermasalah adalah tidak bergo-go dan pergerakannya lurus. Letak pison tepat berada di bawah kabin sehingga tidak heran jika getaran terasa sampai di kabin. Piston berfungsi membantu menstabilkan kinerja mesin dalam berbagai kondisi medan  dilalui.

Penyebab piston bergo adalah penggantian oli mobil dilakukan secara tidak teratur. Hal ini mengakibatkan kerja dari mesin menjadi semakin berat. Alhasil. tidak hanya menimbulkan getaran saja melainkan mesin juga menjadi kurang bertenaga.

2. Busi Mengalami Aus

Masalah  satu ini sering ditemukan pada berbagai mobil. Busi bersifat vital karena perannya sangat penting. Di dalamnya ada komponen pemantik api  berperan dalam proses pembakaran di mesin. Saat pemantik aus maka secara otomatis busi tidak berfungsi sehingga mesin mengeluarkan suara dan getaran. Cara mengatasi agar tidak semakin besar adalah dengan mengganti businya.

3. Setelan Mesin Kurang Tepat

Apabila setelah mobil diservis justru muncul getaran saat diam, bagian mesin maka bisa dipastikan setelan mesin tidak sesuai tempatnya.

Penyebab mesin mobil bergetar
Penyebab mesin mobil bergetar

Hal seperti ini dapat terjadi karena tim bengkel  kurang berkompeten dalam memperbaiki mesin atau setting rpm rendah. Oleh karena itu, pastikan bengkel n digunakan untuk servis mobil profesional dan berpengalaman untuk mencegah terjadinya kesalahan seperti ini.

4. Kanvas Kopling Aus

Salah satu indikator bagian kanvas kopling telah aus adalah timbul getaran pada bagian mesin mobil. Apabila tingkat keausan parah maka akan memperbesar suara getaran. Mobil  ditumpangi pun menjadi tidak nyaman terutama saat digunakan melaju di medan  terjal.  Kanvas kopling mobil  aus akan menyebabkan mesin tidak bisa menyalurkan tenaga ke bagian roda secara optimal sehingga memperberat mesin dalam bekerja. Solusinya adalah mengganti kanvas kopling  baru.

5. Setelan Karburator

Karburator  tidak ditutup dengan rapat tidak hanya menjadi penyebab mesin mobil bergetar saja namun juga membahayakan mesin. Oleh karena itu, sebaiknya setiap selesai mengecek mesin atau membuka karburator pastikan sudah ditutup kembali dengan rapat.

6. Gangguan Pada Engine Mounting

Engine mounting berperan sebagai peredam getaran saat mesin mulai dihidupkan. Caranya dengan menyambungkan baut  terletak di sasis mobil. Apabila baut tersebut kendor dan bantalan karet sudah aus atau pecah maka otomatis mobil akan bergetar.

7. Distributor Rusak

Distributor pada mobil memiliki peran sangat penting, yaitu mengarahkan tegangan tinggi  berasal dari koil ke busi. Namun, kinerja distributor akan terganggu apabila terkena air  saat mobil dicuci. Hal inilah  akan menjadi penyebab munculnya getaran akibat terjadi penurunan fungsi distributor.

8. Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

Bahan bakar  tidak dapat mengalir dengan baik ke semua bagian mesin terjadi karena adanya komponen seperti injektor  bermasalah. Injektor berfungsi menyemburkan bahan bakar menuju ke mesin sehingga dapat berfungsi maksimal. Namun, saat injektor tersumbat kotoran maka kinerjanya akan terganggu dan menjadi penyebab adanya getaran di kabin mobil.

9. Sering Mengerem Mendadak

Apabila sering melakukan pengereman secara mendadak terutama saat mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, maka akan menyebabkan getaran pada mesin mobil. Selain itu, juga membuat tingkat kecakramannya menjadi lecet.

Informasi mengenai penyebab mesin mobil bergetar di atas wajib diketahui agar menghindari terjadinya hal-hal  tidak diinginkan. Apabila Sobat GAET ingin melakukan servis mobil maka sebaiknya memilih bengkel  berpengalaman, berkualitas dan terpercaya.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Pada Malam Hari, Mudah Dilakukan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.