Perlu Diperhatikan, Suku Cadang Mobil Ini Harus Rutin Diganti

Suku Cadang Mobil — Setiap pemilik kendaraan tentu saja menginginkan kendaraannya terjaga dengan baik dan selalu terasa nyaman ketika dipakai. Apalagi jika kendaraan tersebut rutin dipakai untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti mobil untuk bekerja.

Hal penting dan harus diperhatikan agar mobil selalu siap sedia untuk digunakan adalah dengan mengganti suku cadang mobil secara rutin.

 Pergantian suku cadang dapat dilakukan dengan mengunjungi bengkel atau toko perkakas mobil terdekat dan meminta layanan dari para profesional. Bahkan para pemilik mobil bisa secara langsung berkonsultasi mengenai perawatan mobil. Kira-kira, para pemilik mobil harus mengganti suku cadang mobil apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Busi

Sebagai bagian terpenting dalam memaksimalkan kinerja mobil, perlu dilakukan pengecekan dan penggantian busi dengan rutin. Walaupun berukuran kecil, fungsi busi berkaitan dengan pembakaran dalam mesin mobil.

Busi memiliki muatan listrik sehingga mampu mengeluarkan percikan ketika bahan bakar mobil dan udara bercampur.

Hal ini merupakan alasan mengapa busi harus terjaga kebersihannya. Pada umumnya, busi mobil hanya bertahan dalam jarak hingga 30.000 mil sehingga jika lebih dari itu, busi dianjurkan untuk segera diganti.

Selain itu, pastikan bahwa busi mobil tetap bersih dan jangan sampai berkarat agar mesin mobil bisa bekerja dengan optimal.

2. Oli dan Filter Oli

Selanjutnya, oli dan filter oli juga harus diganti secara rutin oleh para pemilik mobil. Hal ini dikarenakan masa pakai dari oli dan filter oli itu relatif tidak bertahan lama.

Suku cadang mobil ini memiliki fungsi dalam proses pelumasan bagian mesin mobil setiap kali dipakai untuk menghindari gesekan antar elemen mobil.

Perawatan atau penggantian oli dan filter oli bisa dilakukan sekitar tiga sampai enam bulan sekali. Jika tidak segera dicek dan diganti, dapat menyebabkan kontaminasi kotoran pada oli mobil mencapai pada bagian dalam mesin mobil.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan terjadinya kerusakan mobil.

3. Filter Udara

Baca Juga :  Daihatsu Keluarkan Mobil Baru Daihatsu Altis

Memiliki fungsi serupa dengan udara untuk memastikan tidak ada kotoran masuk ke mesin mobil, filter udara perlu diganti dengan rutin. Jika filter udara tidak dapat bekerja dengan optimal, maka akan menyebabkan kotoran bercampur dengan bahan bakar mobil.

Dampak lebih lanjut adalah pembakaran tidak terjadi dengan baik dan justru menyebabkan ledakan. Jika ingin menghemat konsumsi bahan bakar dari mobil terutama jika setiap hari dipakai, maka ganti filter udara secara rutin.

Filter udara memiliki batas usia tertentu sehingga perlu diganti dalam setiap kali pemakaian sejauh 40.000 kilometer.

4. Karet Wiper

Para pemilik mobil tentunya sudah tidak asing dengan suku cadang untuk mengeringkan air di kaca mobil. Karet wiper sebaiknya diganti setiap enam bulan sekali.

Jika karet wiper atau wiper blades dapat berfungsi dengan tepat, maka keselamatan dari para pengendara mobil juga dapat terjamin terutama dalam cuaca buruk.

Selain itu, untuk menentukan apakah karet wiper memang benar-benar perlu diganti, cek karet wiper setiap setelah dipakai.

Jika terdapat tanda-tanda keausan pada karet wiper, maka karet harus diganti secepatnya.

5. Baterai

Baca Juga :  Ada 5 Calon Mobil Baru yang Akan Dicintai di Kalangan Pecinta Otomotif

Seperti baterai-baterai lainnya, baterai mobil juga memerlukan penggantian secara rutin. Terutama bagi para pemilik mobil dengan jenis sedan sporty atau SUV untuk keluarga dan menggunakan baterai setiap mengendarai mobil. Dalam jenis mobil tersebut, baterai merupakan bagian terpenting.

Jika mobil selalu digunakan, baterai biasanya akan bertahan dalam hitungan tiga hingga lima tahun. Cara untuk mengetahui apakah baterai mobil perlu diganti atau tidak adalah mobil memerlukan waktu lebih lama daripada biasanya ketika dinyalakan.

Hal ini dikarenakan baterai mobil berperan penting dalam proses penyalaan mobil dan sistem listrik dalam mobil.

Merawat mobil kesayangan memang memerlukan perhatian dan waktu ekstra seperti merawat diri sendiri.

Beberapa suku cadang mobil memang perlu untuk diperhatikan, dicek, dan diganti dengan rutin oleh para pemilik mobil. Dengan melakukan penggantian dalam waktu tertentu, selain dapat meningkatkan kenyamanan mobil ketika digunakan, juga dapat mencegah kerusakan parah pada mobil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.