Jadwal Imsakiyah Puasa Seluruh Provinsi Indonesia 1441 H

Jadwal Imsakiyah Puasa Seluruh Provinsi Indonesia 1441 HTidak terasa hanya tinggal menghitung hari saja kita sebagai umat muslim akan memasuki bulan Suci Ramadhan. Bulan Ramadhan ini memiliki nilai kebaikan lebih besar dibandingkan dari bulan-bulan lainnya.

Mengapa seperti itu? Karena kita sebagai umat muslim melakukan aktivitas amalan yang diwajibkan seperti berpuasa, shalat tarawih dan membaca al-qur’an selama satu bulan. Perlu kalian ketahui jika dalam islam puasa ini bisa disebut juga dengan shaum.

Puasa atau Shaum memiliki arti yakni tindakan sukarela dari lubuk hati untuk menahan diri dari makan, minum, atau zat-zat tertentu yang masuk kedalam tubuh, selain menahan makan dan minum saat puasa ini kalian juga harus menjauhi perbuatan-perbuatan buruk yang akan membatalkan puasa kalian dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

jadwal imsakiyah puasa ramadhan 2020

Shaum sendiri merupakan salah satu contoh ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Puasa sendiri ada 2 jenis yakni puasa wajib dan puasa sunnah. Berikut ini puasa-puasa wajib yang harus dilakukan :

  1. Puasa Ramdhan
  2. Puasa Qodho Ramdhan
  3. Puasa Kafarot, Kifarat
  4. Puasa Nadzar

Dan yang kedua ini puasa sunnah yakni:

  1. Puasa Senin Kamis
  2. Puasa Di Bulan Dzulhijjah
  3. Puasa Arafah
  4. Puasa Syawal
  5. Puasa Ayyamul Bidh
  6. Puasa Tasu’a
  7. Puasa Asyura
  8. Puasa Daud
  9. Puasa Syaban

Dalam waktu dekat ini kita semua sebagai umat muslim akan menjalan kan salah satu puasa wajib yakni Puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan adalah wajib hukumnya, dimana hal tersebut adalah bentuk pertanggungjawaban manusia kepada sang penciptanya secara langsung.

Dimana dengan menjalankan puasa Ramadhan, kita sebagai umat muslim juga memiliki pelajaran untuk diri kita sendiri dan saling menghargai, tolong menolong dan akan timbul rasa kebersamaan antara manusia satu dengan manusia lainnya.

Syarat Wajib Puasa

Jika kalian sudah mengetahui untuk pengertian puasa itu sendiri, sekarang kalian harus tahu juga syarat-syarat wajib puasa Ramadhan yang baik dan benar, yakni:

  1. Beragama Islam
  2. Sudah Baligh atau telah mencapai umur dewasa
  3. Mempunyai Akal Sehat
  4. Badan yang sehat jasmani dan rohani
  5. Tidak sedang melakukan perjalanan jauh
  6. Wanita yang sudah suci dari haid dan nifas
  7. Seseorang yang mampu dan kuat dalam mejalankan puasa
Artikel Terkait :  Polisi Bubarin Hajatan Pernikahan di Kediri - Covid 19

Dilihat dari syarat-syarat diatas untuk poin yang kedua ini kalian juga bisa ajarkan atau memperkenalkan puasa sejak dini dengan anak, ponakan atau sanak saudara kalian. Tidak harus full seperti hal nya orang dewasa, untuk anak-anak ini cukup setengah hari atau sampai waktu dzuhur.

Selain puasa kalian bisa ajarkan juga amalan-amalan lain nya di bulan Ramdhan yakni Sholat Tarawih, dan Mengaji.

Hal-hal yang diperbolehkan tidak berpuasa

Pada bulan Ramadhan ini hukumnya wajib untuk umat islam yang sudah dewasa atau baligh. Ada beberapa hal yang memperbolehkan seseorang untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Karena hukumnya wajib maka yang sedang tidak berpuasa ini wajib membayarkan fidya atau megganti puasa tersebut dihari lain.

Berikut ini hal-hal yang memperboleh seseorang tidak berpuasa, yakni:

  1. Seseorang yang sedang dalam perjalan jauh
  2. Orang tua yang sudah berusia lanjut
  3. Seseorang yang sedang sakit
  4. Wanita Menyusi dan Hamil
  5. Wanita yang sedang haid

Doa Sahur dan Berbuka Puasa

Ketika hendak melaksanakan puasa ini kalian harus membaca niat untuk puasa nya terlebih dahulu, niat ini dibacakan saat malam hari sebelum berpuasa. Jika kalian tidak membacakan niat puasa, maka puasa kalian dianggap tidak sah. Berikut ini niat puasa Ramadhan

“Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.”

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Untuk kalian yang belum terbiasa puasa alangkah lebih baik jika kalian sahur terlebih dahulu sebelum melakukan puasa, sahur ini syaratnya sunnah. Walaupun hanya dengan segelas air putih dan satu butir kurma, ingat yaaa jangan makan yang berlebihan dan makan makanan yang tidak sehat seperti soda dan lain-lain. Berikut ini adalah doa sahur.

Artikel Terkait :  Promo GRATIS PASANG GPS. Yuk cek detailnya...

“Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka.”

Setelah kalian menahan makan minum sejak imsak sampai dengan waktu maghrib. Dan ketika sudah terdengar adzan maghrib maka segerakanlah untuk berbuka puasa. Jangan terburu-buru langsung makan dan minum yaa tapi disegerakan, disegerakan yang dimaksud disini membacakan niat berbuka berpuasa terlebih dahulu lalu minum satu gelas air putih dan tiga butir kurma.

Karena segala sesuatu yang berlebihan saat berbuka puasa ini tidak baik. Berikut ini adalah doa berbuka puasa.

“Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”

Artinya: “Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Jadwal Imsakiyah Seluruh Provinsi Indonesia

Untuk Jadwal Imsak Seluruh Provinsi Indonesia 1441 H bisa kalian download sesuai dengan tempat tinggal kalian saat ini yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami