120 Item Yang Diperiksa Oleh Jasa Inspeksi Mobil Bekas | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

120 Item Yang Diperiksa Oleh Jasa Inspeksi Mobil Bekas

GAET.co.id – Jasa Inspeksi Mobil Bekas – Tren mobil baru murah dan kemudahan kredit menggoda banyak orang Indonesia untuk melepas mobil bekas mereka ke pasar. Akibatnya dalam beberapa tahun terakhir ini, pasar mobil bekas sangat bergairah. Setidaknya ada 40 juta unit mobil bekas telah berpindah tangan dalam 4 tahun ini.

Efek pandemi dan kemajuan teknologi digital, ada pergeseran pola konsumen mencari mobil bekas idaman mereka. Yang dulunya datang ke dealer, kini cukup mencari di marketplace atau situs-situs jual mobil. Karena sifatnya yang tidak bertemu langsung, maka konsumen kini lebih sulit untuk memeriksa kondisi mobil secara utuh dan teliti karena hanya melihat foto, dan mengandalkan keterangan yang diberikan oleh penjual. Maka diperlukan inspeksi khusus agar pembeli dapat benar-benar mengetahui keadaan sebenarnya mobil yang akan dibeli itu.

Demi Kepercayaan Konsumen

Inspeksi yang lengkap dan jujur kini benar-benar menjadi kunci kepuasan konsumen dalam membeli mobil bekas. Selain itu, tentunya konsumenpun sangat membutuhkan orang-orang yang mau membantu mereka mendapatkan data inspeksi mobil bekas yang akan mereka beli, yang lengkap, akurat dan jelas. Karena tidak semua pembeli mobil bekas juga mengerti tentang mobil secara detail.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen soal inspeksi mobil bekas yang independen dan jujur, beberapa diler penjual mobil bekas melakukan kerja sama dengan bengkel yang menyediakan jasa inspeksi mobil bekas. Tidak hanya untuk konsumen, data inspeksi mobil bekas ini juga digunakan oleh diler untuk mendapatkan mobil dagangan yang berkualitas.

Poin-poin Inspeksi

Dari sebuah mobil, setidaknya ada 120 titik yang harus di inspeksi dengan teliti. Tergantung jenis dan model atau merek mobilnya. Karena tiap model dan merek mobil mempunyai karasteristik yang berbeda-beda. Tentunya inspeksi mobil dengan teknologi karburator akan berbeda dengan mobil yang sudah menggunakan teknologi injeksi, misalnya. Atau inspeksi mobil mertek jepang akan sangat berbeda dibandingkan dengan mobil korea, cina atau eropa.

Dari seratus lebih item yang harus dicek benar-benar itu, meliputi interior, eksterior, kondisi mesin underhood, hingga kaki-kaki dan bagian rodanya. Bagi diler penjual mobil bekas, data yang didapat dari jasa inspeksi mobil bekas itu dirangkum dan diberikan kepada calon konsumen agar ‘tiada dusta diantara kita”. Tentulah dengan data inspeksi yang lengkap, konsumen akan mudah untuk memutuskan mau membeli atau tidak.

Data berikut adalah contoh list yang dicek untuk mobil Toyota RUSH 2016, dilakukan test jalan untuk memperoleh 16 data berikut ini

  1. Mesin mudah menyala dan kunci kontak dalam keadaan baik
  2. Dicoba saat mesin idle, harus sesuai dengan kondisi pabrik, RPM dan getarannya
  3. Memerikasa apakah Remote Start System Operation masih berfungsi dengan baik
  4. Pengecekan akselerasi mesin ketika ditest jalan
  5. Suara mesin saat High dan Low juga diperiksa
  6. Pengecekan Suara Transmisi baik Manual Transmision atau Auto
  7. Cek Shift Interlock dari posisi P ke posisi N normal atau tidak
  8. Cek proses Perpindahan Gigi Normal atau tidak
  9. Cek apakah kopling berfungsi normal
  10. Cek posisi Steer
  11. Suara Suspensi benar-benar diperiksa
  12. Cek keadaan Shock Absorber
  13. cek Rem / ABS saat test jalan
  14. Cek apakah Cruise Control Berfungsi
  15. Cek semua indikator di Dashboard Berfungsi
  16. Cek Suara Angin Dari Luar

Jasa Inspeksi Mobil Bekas Harus Benar-benar Detail

Semua hasil inspeksi dibuat secara detail dalam bentuk dokumen dan foto sampai ke hal terkecil seperti baret-baret body mobil, dokumen lengkap atau tidak. Bahkan hingga cek adanya kebocoran pada mika-mika lampu depan dan belakang yang bisa menyebabkan air hujan masuk kedalam mika lampu.

Selain pemeriksaan detail yang dijabarkan diatas, pengecekan yang dilakukan juga sampai pada apakah mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau tidak atau mobil itu pernah kena banjir atau tidak. Semua pemeriksaan ini akan tertera secara aktual dan detail pada rincian laporan yang diberikan pada konsumen.

Harga Jasa Inspeksi Mobil Bekas Berdasarkan Jenis Mobilnya

Sretiap jenis dan model mobil pasti berbeda hal-hal atau point-poin yang menjadi titik inspeksinya. Juga tingkat kesulitannya berbeda-beda. Karena itu harganyapun juga berbeda-beda. Mengutip dari daftar harga yang diberikan sebuah Jasa Inspeksi Mobil Bekas di Surabaya tahun 2020 kemaren, makan harga itu seperti berikut:

  • Mobil Standar 400rb. Kelas mobil Standar ini seperti Honda Jazz, Suzuki Ertiga, Avanza, Xenia, Honda Mobilio
  • Mobil Premium 500rb. Kelas mobil premium ini seperti sedan, medium SUV, Honda Civic
  • Mobil Premium 600rb. Kelas mobil premium ini adalah mobil Luxury seperti BMW, Lexus, Mercedez Benz

Demikian info tentang Jasa Inspeksi Mobil Bekas, semoga berguna, ya.

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.