Cara Mudah Hilangkan Bau Kulit Jok Baru

Kondisi yang tidak mengenakan saat ganti kulit jok baru adalah baunya yang menyengat. Tak jarang akibat aroma yang ditimbulkan dari kulit jok, membuat mual siapapun penumpang dan pengemudi mobil.

Cara Mudah Hilangkan Bau Kulit Jok Baru

Namun menurut Brand Manager MBTech Dana Iswanto, bau yang tercium tersebut tidak semuanya berasal dari lapisan kulit jok. Aroma yang memusingkan justru muncul juga dari lem saat pemasangan.

“Sebenarnya bau itu juga berasal dari bahan kulit, tapi tidak seberapa. Karena ada juga lem dan segala macamnya saat pemasangan yang bikin kurang nyaman,” ungkap Dana saat ditemui kumparan usai penganugerahan Driving with Style Award MBTech di Jakarta, Kamis (23/1).
Bau yang timbul akibat pemasangan kulit jok baru, umumnya berasal dari bahan perekat. Ketika mengalami perubahan suhu, semisal mobil berjalan di bawah terik matahari, bahan-bahan kimi tadi akan menguap dan mengeluarkan senyawa organik beraroma.

Artikel Terkait :  5 Tips Cara Mudah Merawat Aki Kendaraan

Bau semakin pekat saat sirkulasi udara mobil diatur khusus tanpa memasukkan udara luar. Sehingga secara terakumulasi, bau semakin kuat, meskipun apabila didiamkan, aroma akan hilang dengan sendirinya.

Meski demikian, terang Dana, ada cara mudah menghilangkan bau menyengat tersebut, dengan mengangin-anginkan kulit jok setelah terpasang. Atau bila kondisinya memungkinkan, parkirkan mobil di tempat teduh.
“Semisal di garasi, turunkan semua kaca atau buka pintunya dulu supaya terurai semua bau tersebut. Paling tiga sampai empat hari sudah aman, berkurang baunya,” timpal Dana.

Artikel Terkait :  Jurus Agar Motor Matik Kamu Irit Bensin

Jangan disemprot pewangi
Menurut Dana, hindari perilaku menyemprotkan pewangi ke permukaan jok. Yang ada justru membuat aromanya tercampur dan makin tidak sedap.
Belum lagi kandungan pada pewangi yang berpotensi merusak permukaan kulit jok mobil. “Tetap enggak akan tertolong, saran saya tetap dianginkan, karena kulit harus anti bahan kimia berkonsentrat tinggi,” katanya. 

Credit : Kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

#TENTANG GAET

Gaet.co.id adalah portal media otomotif. Yang menyajikan berbagai macam berita, tips, dan info-info menarik lainnya seputar dunia otomotif.

#LAST TWEET

Hai Everyone, Apa aja sih yang kira-kira sebuah aplikasi bisa lakukan untukmu?

Kamu merantau? Punya kendaraan motor? Bisa Banget! Bayar Pajak Motor dimana Saja

All Right And Reserved 2020 . GAET.CO.ID | GAET OTOMOTIF | Global Automotive Ensure Technology | Tentang Kami