Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri dengan Mudah | GAET.co.id

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri dengan Mudah

Saat membersihkan mobil pribadi, area mesin sering sekali terlupakan oleh pemilik kendaraan, alhasil mesin mobil tersebut menjadi sangat jarang dibersihkan. Tenang saja ….

Pemilik dapat mencoba dengan mudah cara membersihkan mesin mobil di rumah. Sobat GAET Ada lima langkah mudah yang jelaskan, agar dapat membantu dalam menerapkan kiat-kiat membersihkan mesin mobil.

Berikut langkah-langkah yang dapat dipahami dan dicoba :

1. Periksa Bagian Kelistrikan Mobil

Cara pertama membersihkan mobil, pertama-tama harus memastikan bahwa semua aliran listrik dalam posisi mati, sebelum membersihkan mesin mobil. Akan sangat berbahaya apabila bagian yang terdapat aliran listrik tersebut pada keadaan menyala terkena air. Setelah itu nyalakan mesin mobil agar mempermudah saat melepaskan kerak yang menempel pada bagian mesin mobil.

2. Bungkus dengan Plastik Bagian – Bagian Elektrik

Cara kedua membersihkan mobil, ketika mesin mobil mulai terasa hangat dan sistem kelistrikan sudah dipastikan mati, pengguna perlu membungkus bagian – bagian elektrik yang terdapat pada mesin mobil. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah air masuk ke dan membasahi perangkat elektronik agar pada saat proses mencuci berlangsung. 

3. Bersihkan Debu-Debu atau Kotoran Ringan

Jika mesin mobil sudah dipastikan aman, selanjutnya bisa mulai proses pembersihan mesin. Di tahap ini perlu membersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang melekat pada permukaan mesin mobil.

membersihkan debu dalam kabin

Akan lebih mudah jika menggunakan blower. Tetapi itu bukan masalah, tanpa alat tersebut pun juga tetap bisa melakukan proses pembersihannya. 

4. Melepas Aki Mobil

Salah satu cara membersihkan mesin mobil adalah melepaskan aki mobil. Hal ini sangat diperlukan, karena pada tahap berikutnya perlu menggunakan air.

lepas aki saat membersihkan bagian mesin
lepas aki saat membersihkan bagian mesin

Dengan melepaskan aki mobil berarti aliran listrik yang ada di mobil terputus. Cara  tersebut dilakukan untuk menghindari korsleting, pada saat kita membersihkan mesin mobil menggunakan air. 

5. Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin

Setelah pelepasan aki mobil aman, gunakan bahan cair untuk membersihkan mesin mobil. Agar mempermudah cara membersihkan mobil, dapat melakukan pembersihan pada bagian bawah kap mesin. Dikarenakan  letaknya yang berada di atas, bagian ini mendapat giliran pertama. Apabila bagian ini dibersihkan belakangan, besar kemungkinan kotoran akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu. 

6. Lakukan dengan Sabar dan Menyeluruh

Ingat! Terkadang tak cukup jika hanya menggunakan air sabun untuk mengangkat kotoran. Jika kotoran membandel, bisa menggunakan degreaser. Akan lebih mudah jika membersihkan mesin yang memiliki permukaan lebar lebih dahulu.

membersihkan mobil sendiri

Lalu dilanjut ke bagian-bagian yang kecil sampai ke sela-sela mesin, dan jangan lupa untuk membersihkan rangka mobil bagian dalam.

7. Hati-Hati

Berhati-hati adalah hal yang utama, karena keselamatan mesin mobil dan hasil yang maksimal pastinya adalah yang ingin didapatkan. Untuk itu Sobat GAET menyarankan, pada bagian inti mesin mobil dapat menggunakan cairan engine degreaser pada mesin. Semprotkan saja engine degreaser ke mesin yang terdapat noda membandel. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, diamkan dahulu dan tunggu selama sepuluh menit. 

8. Pembilasan

Pada saat membilas cairan engine degreaser, gunakan spray agar air tidak keluar deras atau terciprat ke mana-mana. Usap mesin mobil dengan sedikit tekanan pada bagian yang terkena noda, sambil tetap menyemprotkan air. Apabila masih terdapat noda, dapat juga menggunakan sikat dan tambahan sabun colek. Sikat bagian mesin yang terdapat noda membandel. 

membilas mobil

Setelah membaca penjelasan cara membersihkan mesin mobil di atas, Sobat Gaet Otomotif bisa membersihkan mesin mobil bukanlah proses yang sulit untuk dilakukan sendiri. Dengan bantuan beberapa alat di rumah bisa melakukannya. Walau prosesnya membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang besar, namun hasilnya cukup bermanfaat, dapat menjaga kondisi mesin mobil tetap prima.

Berita Terkait
Tinggalkan Pesan

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.