Tanpa Bantuan Bengkel, Begini Cara Membersihkan AC Mobil Avanza

Bagi pengguna mobil avanza, kini tak perlu khawatir lagi untuk membersihkan AC karena dapat dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel. Tak jauh berbeda dengan mobil lainnya, cara membersihkan AC mobil avanza sebetulnya tidak rumit jika dipelajari terlebih dahulu.

Seperti diketahui, pergi ke bengkel hanya bersihin AC hal yang menjengkelkan karena memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan membersihkannya sendiri. Terlebih, jika harus antri dengan pengguna mobil avanza lainnya. Maka Sobat GAET, simak penjelasan berikut mengenai caranya :

1. Pastikan Mobil Diparkir di Tempat Aman

Sebelum memulai membersihkan AC, pastikan mobil telah diparkir di tempat aman. Supaya proses pembersihan dapat berjalan efektif, maka sebaiknya mobil diparkir tidak berdebu dan bersih. Meski terkesan sepele, tetapi sebenarnya membersihkan AC mobil tempat kotor akan menimbulkan masalah baru.

carilah tempat parkir untuk bersihkan ac mobil
carilah tempat parkir untuk bersihkan ac mobil

 

Serta menyebabkan kondisi sirkulasi udara mobil menjadi semakin buruk. Oleh karena itu, pastikan lokasi di sekitar mobil telah steril dan tidak memungkinkan debu masuk ke dalam kabin atau ke saluran AC. Setelah mobil avanza benar – benar berada dalam tempat yang bersih, siapkan peralatan pembersih seperti sikat, tisu, lap kering, cairan pembersih, dan peralatan lainnya yang dibutuhkan.

2. Temukan Posisi Blower

Cara membersihkan AC mobil avanza yang berikutnya adalah menemukan posisi blower. Pada umumnya, komponen ini berada di bagian laci yang terletak di sisi dasbor atau juga biasa disebut dengan istilah glove box. Setelah ditemukan, buka glove box menggunakan obeng lalu akan terlihat filter AC dengan bentuk persegi panjang. Copot filter tersebut dan perhatikan dimana posisi blower berada. Jika tidak terlihat, cobalah raba bagian dalam filter lalu pastikan apakah blower berada di bagian bawah atau bagian atas.

3. Bersihkan Filter AC

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa kondisi filter apakah masih dalam kondisi bersih atau sudah kotor. Untuk membersihkannya, gunakanlah sikat kecil dengan gagang panjang atau bisa juga menggunakan sikat gigi. Gosokan filter AC mobil avanza menggunakan sikat gigi sampai bersih. Namun, jika filter AC sudah sangat kotor sebaiknya diganti saja karena debu – debu dan kotoran yang sudah menempel lama akan sangat sulit dibersihkan.

Filter AC menjadi bagian paling penting dalam menyaring udara sehingga menjadi lebih segar dan dingin. Jika filter AC terus dibiarkan kotor maka akan membuat kualitas udara yang dihembuskan oleh AC menjadi tidak higienis bahkan bau. Paling tidak, upayakan untuk membersihkan AC mobil avanza satu kali dalam sebulan.

4. Masukan Cairan Pembersih Pada Sisi Blower

Setelah membersihkan filter AC, kini saatnya untuk menuangkan cairan pembersih di bagian sisi blower. Sebaiknya gunakan cairan pembersih berjenis busa yang dikemas dalam botol semprot. Letakan botol yang berisi cairan pembersih itu ke sisi blower dengan posisi penyemprot yang diarahkan ke blower. Dengan begitu, cairan pembersih yang disemprotkan akan tepat sasaran.

5. Bersihkan Saluran Ventilasi AC

Saluran ventilasi AC adalah jalur pembuangan kotoran dari setiap udara yang telah disaring. Agar udara yang dihembuskan AC tidak bau dan tidak terkontaminasi dengan bakteri, maka saluran ventilasi harus selalu bersih dan tidak tersumbat kotoran. Adapun, cara membersihkan saluran ventilasi yaitu dengan memasukan lidi tumpul. Gosokan lidi tumpul secara berulang hingga tidak ada kotoran yang tersumbat.

6. Pasang Filter AC dan Dasbor ke Posisi Awal

Karena langkah sebelumnya filter AC dilepas, maka setelah proses pembersihan selesai filter AC beserta dasbor harus kembali dipasang seperti pada posisi awal. Sebelum memasangnya pastikan kembali filter AC sudah benar – benar bersih. Jika sudah dipastikan bersih, pasang kembali filter AC secara hati – hati. Kemudian, pasang kembali glove box ke posisi semula.

Seperti itulah Sobat GAET OTOMOTIF lakukan sendiri tanpa harus ke bengkel. Karena kebersihan AC sangat mempengaruhi kualitas udara dalam mobil, pastikan untuk selalu merawat kebersihan AC mobil avanza.

Baca Juga :  Hati-Hati! Inilah Penyebab Mobil Terbakar Perlu diwaspadai

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.