9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas | GAET.co.id
Peristiwa, industri dan teknologi otomotif terlengkap Indonesia

9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bagi sebagian orang adalah investasi. Ada banyak pertimbangan bagi seseorang untuk memutuskan membeli mobil bekas dibanding membeli mobil baru. Yang paling populer adalah persoalan harga dan kemampuan kantong.

Dalam setahun, setidaknya ada 40 juta mobil bekas berpindah tangan. Itu sebuah angka sangat fantastis. Maka pintar-pintarlah memilih mobil bekas yang paling sesuai untuk anda. Mobil bekas memang murah, tapi banyak lho mobil bekas yang tidak murahan, atau kualitasnya sangat baik.

Kalau tidak teliti, membeli mobil bekas dapat membuat prustasi karena bisa saja biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan akan lebih mahal dari yang kita perkirakan. Maka, telitilah sebelum membeli. Karena yang kita beli itu mobil, bukan masalah!  Ya gak? 😛

Berikut ini SEMBILAN tips untuk membeli mobil bekas agar tidak tertipu dari GAET OTOMOTIF. Mau tau apa saja? Cekidot gan!

  1. Siapkan Duitnya dan Sesuaikan Budget yang Anda punya

Hal paling penting adalah, siapkan dulu uangnya bro! Baik membeli cash maupun kredit, anda harus memperhitungkan kemampuan kantong anda. Jika membeli dengan kredit, sebaiknya angsurannya tidak lebih dari 20% dari pendapatan perbulan anda. Selain itu, persiapkan juga dana perbaikan setidaknya 30% dari harga mobil yang akan anda beli.

Kita tidak benar-benar bisa mempercayai 100% perkataan penjual mobil bekas tentang kelemahan mobil yang dijualnya. Karena itu, apapun keadaannya, setiap baru membeli mobil, segera lakukan penggantian part atau komponen fast moving seperti ganti oli, filter oli, fan belt, dan part lain yang mempunyai umur pakai tidak lebih dari setahun harus ganti.

  1. Tentukan dari Awal Mobil Apa yang Anda Inginkan

Anda harus membuat daftar mobil yang anda inginkan agar lebih mudah dalam berburu mobil bekas sesuai kantong. Apakah anda akan membeli sedan, MPV, SUV atau lainnya. Lalu tentukan model dan mereknya, sehingga tidak melebar kemana-mana nantinya.

Misal, anda ingin mobil sedan, dengan budget 50 juta. Maka anda harus menentukan pabrikan mana, jepang atau eropa, honda, suzuki, chevrolet, atau toyota.

Pilihlah yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

  1. Lakukan Survei Harga

Harga mobil bekas umumnya tidak berbeda jauh antara satu penjual dan lainnya. Dengan kondisi yang sama, harga tentulah tidak terpaut jauh. Karena itu anda patut curiga jika ada mobil bekas dengan harga jauh dibawah pasaran.

Lakukan survey harga di situs-situs penjual mobil, di tempat-tempat pasar mobil bekas dan tanya pada kerabat yang mengerti harga mobil.

Perlu diingat, harga mobil itu akan sesuai dengan kondisinya. Bisa jadi ada mobil bekas dengan harga yang sangat tinggi karena memang kondisinya bagus sekali atau “mint condition”.

Atau mobil tersebut adalah mobil ‘collector item’ . Pokoknya, sesuaikanlah dengan budget anda ya….

  1. Utamakan Mobil bekas yang Berada Dekat Dengan Tempat Tinggal Anda

Karena mobil bekas, tentu saja mobil yang dicari sudah digunakan sang pemilik ke berbagai tempat. Untuk mencari mobil, Anda juga perlu menyaring target mobil dari jarak tempuh yang sudah dilalui, harga, fitur dan jarak apakah mobil itu dekat dengan bengkel atau dealer.

Namun, karena kemudahan teknologi, mencari mobil bekas tentu saja bisa juga dilakukan lewat situs jual beli online agar lebih menghemat waktu.

  1. Teliti Dengan Seksama Riwayat Kenderaan

Riwayat kenderaan meliputi riwayat servis, riwayat kecelakaan, bekas banjir apa tidak, dan pajak. Membeli dari teman dekat atau anggota keluarga akan lebih aman. Tentu saja riwayat kendaraan akan diketahui tanpa ditutup-tutupi.

Bisa saja Anda melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau kepolisian. Sebab, mobil juga bisa dilakukan pengecekan dari NIK (Nomor Identitas kendaraan) atau pelat nomor.

  1. Lakukan Test Drive Terlebih Dahulu

Jika sudah tahu mobil yang diinginkan, coba mintalah untuk melakukan test drive. Hal ini cara paling tepat untuk menilai apakah mobil masih laik dan kondisinya memang benar terbaik.

Anda harus rasakan dengan seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tak enak, apakah ada bunyi mencuit, cek mesin, kondisi AC, dan lainnya.

Cek juga, apakah mobil ini teridentifikasi di bengkel resmi untuk perawatannya.

  1. Hindari Lihat Mobil di Malam Hari

Lakukan pengecekan fisik di siang hari yang terang. Jangan pernah melakukan pengecekan di malam hari atau dalam suasana gelap. Karena body mobil, cat, dan keadaannya akan mudah terlihat dengan jelas pada siang hari atau waktu sangat terang. Cat yang kusam atau bekas tabrakan sehingga cat tidak seragam tidajk akan terlihat pada malam hari.

Saat melakukan pengecekan, ada baiknya membawa rekan atau mekanik ahli mesin. Hal ini kerap banyak dilakukan agar saat membeli mobil, Anda tidak merasa tertipu karena kurangnya pengetahuan akan mesin atau mobil itu sendiri.

  1. Cek Berkas-Berkas

STNK, BPKB, Faktur Pembelian harus benar-benar diperiksa agar tidak ada masalah dikemudian hari. Cek keabsahan surat-surat kenderaan dengan baik.

Demikanlah sembilan tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu persembahan GAET OTOMOTIF untuk anda. Gimana? Sudah siap mencari mobil terbaik sesuai kebutuhan anda? Semoga bermanfaat, dan selamat berburu mobil guys!

Berita Terkait
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.